Juli 19, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sherpa mendaki Gunung Everest untuk rekor ke-30 kalinya, pendakian keduanya hanya dalam 10 hari

Sherpa mendaki Gunung Everest untuk rekor ke-30 kalinya, pendakian keduanya hanya dalam 10 hari

KATHMANDU: Terkenal Minum Mengukur pemandu gunung Kami Rita Gunung Everest Untuk mendapatkan nomor rekor Ketiga puluh kalinya Pada hari Rabu, dia akan menyelesaikan yang kedua lintas alam Bulan ini ke puncak dunia. Rita, 55, mencapai puncak setinggi 8.849 meter pada pukul 7.49 pagi, menurut Khem Lal Gautam, seorang pejabat pemerintah di base camp. Pendakian pertamanya musim ini adalah pada 12 Mei untuk memandu agen asing.
Rita, yang dikenal sebagai “Manusia Everest”, sebelumnya mengatakan dia “hanya bekerja” dan tidak berencana untuk mencetak rekor. “Saya senang dengan rekor tersebut, namun pada akhirnya rekor tersebut dipecahkan,” katanya kepada AFP setelah pendakiannya yang ke-29. “Saya sangat senang bahwa pendakian saya dapat membantu memperkenalkan Nepal kepada dunia.” Namun perayaan tersebut dibayangi oleh konfirmasi kematian seorang warga Rumania, dan seorang pendaki asal Inggris serta seorang pemandu Nepal dilaporkan hilang – korban terbaru yang menyoroti bahayanya olahraga ini.
“Dia sehat dan bahagia bisa mencapai rekor ini,” kata Mingma Sherpa dari Seven Summits Treks, yang mengatur perjalanan tersebut. Mingma mengatakan mereka dapat berbicara dengannya sebentar ketika dia berada di puncak dan dia dalam keadaan sehat.
Mingma memastikan Rita tidak akan mendaki lagi pada musim ini dan kemungkinan besar akan kembali ke negara asalnya dalam beberapa hari ke depan.
Rita juga mendaki Gunung Everest dua kali tahun lalu, mencetak rekor daftar Bagi sebagian besar pendakian gunung tertinggi di dunia pada awalnya dan lanjutannya setelah kurang dari seminggu. Saingan terdekatnya dalam sebagian besar pendakian Everest adalah rekan pemandu Pasang Dawa, yang telah berhasil melakukan 27 pendakian gunung.
Rita pertama kali mendaki Gunung Everest pada tahun 1994, dan sejak itu ia terus melakukan pendakian hampir setiap tahun. Dia adalah salah satu dari banyak pemandu Sherpa yang pengalaman dan keterampilannya sangat penting bagi keselamatan pendaki asing yang ingin mencapai puncak gunung setiap tahunnya. Ayahnya adalah salah satu pemandu Sherpa pertama. Selain pendakian Gunung Everest, Rita telah mendaki beberapa puncak lain yang termasuk tertinggi di dunia, antara lain K2, Cho Oyu, Manaslu, dan Lotus.
Para pejabat mengatakan lebih dari 450 pendaki telah mendaki Gunung Everest dari sisi Nepal selama musim pendakian ini, yang akan berakhir dalam beberapa hari.