Januari 27, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Taiwan menawarkan pembayaran tunai kepada warga dalam ‘berkah Tahun Baru’

TAIPEI (Reuters) – Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang mengumumkan Rabu bahwa Taiwan berencana untuk menawarkan pembayaran tunai hampir $200 kepada setiap warga negara tahun ini, mengatakan pertumbuhan ekonomi pulau itu akan dibagi oleh semua.

Ekonomi yang digerakkan oleh ekspor, pembangkit tenaga teknologi global untuk produk termasuk chip semikonduktor, tumbuh 6,45% pada tahun 2021, laju tercepat sejak ekspansi 10,25% pada tahun 2010.

Sementara pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan melambat pada tahun 2022 dan 2023, pemerintah telah menyusun rencana untuk menambah pendapatan pajak sebesar NT$380 miliar (US$12,4 miliar) dari tahun lalu ke dalam perekonomian untuk membantu melindungi pulau tersebut dari guncangan ekonomi global, termasuk itu subsidi. Untuk biaya asuransi listrik, tenaga kerja dan kesehatan.

Su mengatakan total NT$140 miliar, bagian dari pendapatan pajak, akan digunakan sebagai pembayaran tunai dan setiap warga negara akan menerima NT$6.000 (US$195,61).

“Hasil dari pencapaian ekonomi akan dinikmati oleh semua warga negara, dari muda hingga tua,” kata Su kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa potensi dorongan memerlukan persetujuan parlemen, di mana Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa memiliki mayoritas.

“Kami ingin memberikan restu Tahun Baru kepada semua warga setelah dimulainya Tahun Baru Imlek,” kata Su kepada wartawan, merujuk pada liburan selama seminggu yang dimulai pada 20 Januari.

Dia tidak memberikan perincian tentang bagaimana pemerintah akan memberikan pembayaran.

Taiwan adalah produsen utama semikonduktor yang digunakan dalam segala hal mulai dari mobil dan smartphone hingga jet tempur. Perekonomiannya terus tumbuh dengan mantap selama pandemi COVID-19 dalam beberapa tahun terakhir, dibantu oleh permintaan yang kuat untuk chip pada barang elektronik konsumen karena semakin banyak orang bekerja dari rumah.

READ  Duta Besar China memperingatkan AS tentang konsekuensi Taiwan dalam briefing yang jarang terjadi

Bank sentral Taiwan pada bulan Desember menurunkan estimasi pertumbuhan PDB 2022 menjadi 2,91% dari perkiraan sebelumnya sebesar 3,51% pada bulan September.

Untuk tahun 2023, saya memperkirakan PDB tumbuh sebesar 2,53%. Ekonomi tumbuh 4,01% pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya.

$1 = 30,6740 dolar Taiwan)

(Laporan oleh Yimou Lee dan Jeanny Kao) Disunting oleh Jacqueline Wong

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.