September 26, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sumber mengatakan AS mengatakan Lula bermaksud untuk segera mengakui pemenang pemilihan Brasil

Sumber mengatakan AS mengatakan Lula bermaksud untuk segera mengakui pemenang pemilihan Brasil

Seorang pria menjalankan spanduk yang memuat gambar calon presiden, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Ciro Gomez dan mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, di Rio de Janeiro, Brasil pada 1 September 2022. REUTERS/PILAR OLIVARES/FILE PHOTO

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

BRASILIA/RIO DE JANEIRO (Reuters) – Calon presiden terkemuka Brasil dan mantan presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva akan segera mengakui pemenang dalam pemilihan bulan depan, diplomat AS meyakinkan Reuters. Setiap upaya untuk menentang hasil yang sah atau menabur kekacauan setelah pemungutan suara.

Dengan hanya beberapa hari tersisa sampai putaran pertama pemungutan suara pada 2 Oktober, Lula memimpin dalam jajak pendapat melawan Presiden Jair Bolsonaro, seorang populis sayap kanan yang telah berusaha untuk mendiskreditkan sistem pemilihan elektronik Brasil. Kritikus khawatir Bolsonaro akan mengikuti jejak mantan Presiden AS Donald Trump dan menolak untuk menerima kekalahan elektoral.

Salah satu sumber, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya untuk membahas pembicaraan rahasia, mengatakan bahwa dalam pertemuan hari Rabu, Lula meminta Douglas Conniff, diplomat tinggi AS di Brasil, untuk mendapatkan pengakuan AS cepat jika dia menang, baik di babak pertama. bulat. Pemungutan suara atau pada putaran kedua pada 30 Oktober.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Sumber itu menambahkan bahwa Lula diberitahu bahwa Washington berencana untuk segera mengakui hasilnya, terlepas dari pemenangnya, dan memberi contoh bagi negara lain untuk mengikuti dan mengurangi kemungkinan hasil yang disengketakan.

Sumber lain mengatakan penasihat kebijakan luar negeri Lula Celso Amorim mendengar jaminan serupa pada hari Kamis ketika dia bertemu dengan sekelompok diplomat dari Amerika Latin dan Karibia. Sumber ketiga mengatakan bahwa banyak negara Eropa juga berencana untuk segera mengakui hasil pemilu Brasil.

READ  Lawan sayap kanan Prancis memprotes saat kampanye pemilihan memasuki minggu terakhir

Menanggapi permintaan komentar, juru bicara Departemen Luar Negeri AS tidak merujuk pada pertemuan Lula, tetapi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pertemuan dengan kandidat presiden “tidak menyiratkan dukungan untuk individu, partai, atau program tertentu.” Juru bicara itu menambahkan bahwa Departemen Luar Negeri “memiliki keyakinan pada kekuatan lembaga-lembaga demokrasi Brasil”.

Masih belum pulih dari serangan 6 Januari 2021 di US Capitol oleh para pendukung Trump, pemerintahan Presiden Joe Biden, semakin khawatir tentang tuduhan tidak berdasar Bolsonaro tentang kecurangan pemilu, mengirim delegasi tingkat tinggi ke Brasilia untuk mendesaknya agar mematuhinya. standar demokrasi.

Reuters melaporkan pada bulan Mei bahwa direktur Badan Intelijen Pusat AS mengatakan kepada pejabat tinggi Brasil tahun lalu bahwa Bolsonaro harus berhenti mempertanyakan sistem pemungutan suara.

Salah satu sumber mengatakan bahwa Lula berterima kasih kepada Amerika Serikat dalam pertemuan dengan Konev karena menunjukkan kepercayaan pada sistem pemungutan suara Brasil.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Lisandra Paraguaso dan Gabriel Stargardter Pelaporan tambahan oleh Anthony Boudl Penyuntingan oleh Brad Haines, Alistair Bell dan Leslie Adler

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.