Desember 5, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Fiona mendarat dan menghantam pantai Atlantik Kanada dengan angin kencang dan hujan

Fiona mendarat dan menghantam pantai Atlantik Kanada dengan angin kencang dan hujan



CNN

Badai Fionasekarang disebut sebagai topan pasca-tropis, mendarat di Nova Scotia, berpacu melintasi pantai Atlantik Kanada Sabtu pagi dalam apa yang bisa menjadi peristiwa cuaca “bersejarah” bagi negara itu.

Tekanan atmosfer tidak resmi sebesar 931,6 megabita tercatat di Pulau Hart, yang akan menjadikan Fiona sebagai badai pendaratan terendah yang pernah tercatat di Kanada, menurut Pusat Badai Kanada. Pengamatan angin tercatat di Pulau Beaver di Nova Scotia timur dengan kecepatan 94 mph (152 km/jam).

Beberapa bagian dari Nova Scotia dan Pulau Prince Edward mulai merasakan kedatangan badai pada Sabtu pagi saat angin dan hujan memanjang dari pusat badai menghancurkan fasilitas. Lebih dari 376.000 pelanggan di Nova Scotia telah kehilangan daya mereka sejauh ini, untuk saya Pusat pemadaman listrik di daerah tersebut.

Penduduk New Brunswick, Quebec selatan, dan Newfoundland dan Labrador juga mengalami cuaca buruk saat Fiona melaju ke utara dengan kecepatan lebih dari 40 mph (65 km/jam) setelah mendarat di antara Canso dan Guysboro di Nova Scotia timur. Fiona diperkirakan akan melewati Pulau Cape Breton pada Sabtu pagi dan mencapai Laut Labrador tenggara pada malam hari.

“Badai itu menghasilkan angin yang sangat kencang dan hujan yang sangat lebat” Pusat Badai Kanada Katanya sebelum mendarat. Sejauh ini, badai meluas dengan kecepatan 80-110 km/jam (50-68 mph) telah dilaporkan di Nova Scotia, Pulau Prince Edward dan Isle de la Madeleine, dengan puncak hingga 144 km/jam (90 mph) di atas Pulau Beaver , Nova Scotia.”

Fiona sedikit melemah pada hari Jumat menjadi badai Kategori 2 tetapi masih diperkirakan akan membawa badai yang menghancurkan, hujan lebat dan angin kencang. Fiona adalah badai Kategori 4 Rabu pagi di atas Atlantik setelah melewati Kepulauan Turks dan Caicos dan tetap demikian sampai Jumat sore.

Para pejabat di sepanjang pantai Atlantik mendesak mereka yang berada di Fiona Way untuk waspada dan bersiap menghadapi dampak badai, yang telah menewaskan sedikitnya lima orang dan memutus jutaan orang tanpa listrik. Hit banyak pulau Karibia minggu ini. Rumah dan infrastruktur air di Puerto Rico, Republik Dominika, dan Turks dan Caicos telah rusak parah dan banyak penduduk masih berusaha untuk pulih.

Ahli meteorologi di Kanada mengatakan Jumat bahwa Fiona berada di jalur untuk menjadi “peristiwa cuaca ekstrem” di Kanada timur, di mana hujan mengancam selama hampir dua bulan.

“Ini bisa menjadi peristiwa bersejarah bagi Kanada dalam hal intensitas siklon tropis,” kata Chris Fogarty, direktur Pusat Badai Kanada, dan itu bisa menjadi Superstorm Sandy versi Kanada. Sandy pada tahun 2012 mempengaruhi 24 negara bagian dan semua Pantai Timur, menyebabkan kerusakan sekitar $78,7 miliar.

Fiona menjadi pasca-tropis sebelum mendarat, tiba pada saat yang sama dengan cekungan bertekanan rendah dan udara dingin di utara – seperti yang dilakukan Sandy, menurut Bob Rubishod dari Pusat Badai Kanada.

“Apa yang dilakukan hal-hal ini, mereka cenderung tumbuh dalam ukuran yang luar biasa, yang sekali lagi juga dilakukan Fiona,” katanya pada hari Jumat. “Sandy lebih tua dari yang diharapkan Fiona. Tapi prosesnya pada dasarnya sama – Anda memiliki dua sifat yang saling memberi makan untuk menciptakan satu badai kuat seperti yang akan kita lihat semalam dan besok.”

Angin badai dapat meluas hingga 185 mil dari pusat Fiona dan angin badai tropis hingga 345 mil, menurut ahli meteorologi CNN Derek Van Dam.

Karung pasir ada di sekitar pintu Nova Scotia Power Building di Halifax sebelum kedatangan Fiona yang diharapkan.

Pada hari-hari menjelang kedatangan Fiona yang diharapkan, para pejabat meningkatkan layanan untuk membantu mereka yang membutuhkan dan mengimbau warga untuk waspada.

“Ini berpotensi sangat berbahaya,” kata John Loehr, menteri yang bertanggung jawab atas Kantor Manajemen Darurat Nova Scotia, Kamis. “Efeknya diperkirakan akan dirasakan di seluruh wilayah.”

Loehr mengatakan warga harus bersiap menghadapi angin yang merusak, gelombang tinggi, badai pesisir dan hujan lebat, yang dapat menyebabkan pemadaman listrik berkepanjangan. Pejabat darurat mendorong orang untuk mengamankan bahan luar, memangkas pohon, mengisi daya ponsel, dan menyiapkan peralatan darurat 72 jam.

penampungan bagi warga telah ditetapkan Di seluruh Nova Scotia, termasuk beberapa di Halifax County, menurut para pejabat.

Daerah tersebut belum pernah mengalami badai dengan intensitas ini dalam hampir 50 tahun, menurut Fogarty.

“Tolong ditanggapi dengan serius karena kami melihat angka meteorologi di peta cuaca kami yang jarang terlihat di sini,” kata Fogarty.

Seorang pejalan kaki melindungi diri dengan payung saat berjalan di sepanjang tepi pantai Halifax dengan hujan sebelum Badai Fiona mendarat di Halifax, Jumat, 23 September 2022.

Pejabat Prince Edward Island juga mendesak penduduk untuk bersiap menghadapi yang terburuk saat badai mendekat.

Tania Mullally, yang menjabat sebagai kepala manajemen darurat county, mengatakan salah satu kekhawatiran yang paling mendesak dengan Fiona adalah badai bersejarah yang diperkirakan akan melepaskannya.

“Gelombang badai pasti signifikan. Banjir belum kita lihat dan tidak bisa diukur,” kata Mulally, Kamis. selama pembaruan.

Pemodelan oleh Pusat Badai Kanada menunjukkan bahwa ketinggian “tergantung pada wilayahnya, bisa berkisar antara 1,8 hingga 2,4 meter (6-8 kaki)”, kata Rubishod.

Molly mengatakan bagian utara pulau akan menanggung beban badai akibat arah angin, yang berpotensi menyebabkan kerusakan properti dan banjir pantai.

Kantor Manajemen Darurat Nova Scotia mengatakan semua perkemahan regional, pantai, dan taman penggunaan sehari-hari serta Taman Margasatwa Shubenacadie tutup pada hari Jumat.

READ  Rusia melepaskan langkah selanjutnya dalam tindakan keras terhadap Ukraina