Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Suku bunga KPR hari ini 9 Desember 2023

Suku bunga KPR hari ini 9 Desember 2023

Pakar kami menjawab pertanyaan pembaca tentang pembelian rumah dan menulis ulasan produk yang tidak memihak (begini cara evaluasi hipotek). Dalam beberapa kasus, kami menerima komisi dari mitra kami; Namun, pendapat kami adalah milik kami sendiri.

Suku bunga hipotek terus menurun, dan semakin menurun pada minggu ini. Sejauh ini pada bulan Desember, suku bunga hipotek 30 tahun tetap stabil di bawah 7%.

Biro Statistik Tenaga Kerja pada hari Jumat merilis laporan pekerjaan bulan November, yang menunjukkan pasar tenaga kerja kuat namun terus kembali normal.

Ini adalah kabar baik bagi suku bunga hipotek, karena ini berarti The Fed kemungkinan akan mempertahankan suku bunga dana federal tetap stabil pada pertemuannya minggu depan. Pasar bahkan berpikir kita mungkin akan melihat beberapa penurunan suku bunga The Fed tahun depan, yang kemungkinan akan menyebabkan penurunan suku bunga hipotek pada tahun 2024.

Namun, dampak kenaikan suku bunga The Fed selama dua tahun terakhir masih terasa, dan inflasi masih sedikit meningkat. Selama inflasi dan pasar tenaga kerja terus melambat, suku bunga hipotek juga akan mengalami hal yang sama. Namun pejabat Fed mengatakan mereka bersedia menaikkan suku bunga lebih lanjut jika diperlukan, yang dapat mendorong suku bunga hipotek kembali lebih tinggi.

“Penurunan suku bunga yang cepat baru-baru ini – khususnya, suku bunga hipotek telah turun hampir 80 basis poin sejak akhir Oktober – ditambah dengan pertumbuhan lapangan kerja yang berkelanjutan akan bermanfaat bagi pembeli rumah; namun, jika pasar tenaga kerja tetap sekuat ini, kami percaya “ Penurunan suku bunga hipotek sepertinya tidak akan bertahan dalam waktu dekat atau mungkin akan berbalik arah,” kata Mark Ballem, wakil kepala ekonom di Fannie Mae, melalui email.

Suku bunga hipotek hari ini

Jenis hipotek Tarif rata-rata hari ini
Informasi ini disediakan oleh Zillow. Lihat selengkapnya
Suku bunga hipotek Di Zillow

Tarif Pembiayaan Kembali Hipotek Saat Ini

Kalkulator hipotek

Gunakan kalkulator hipotek gratis kami untuk melihat bagaimana suku bunga hipotek saat ini akan memengaruhi pembayaran bulanan dan jangka panjang Anda.

Kalkulator hipotek

$1.161
Perkiraan pembayaran bulanan

  • Paya 25% Uang muka yang lebih tinggi akan menghemat uang Anda $8.916,08 atas biaya bunga
  • Kurangi tingkat bunga sebesar 1% Itu akan menyelamatkanmu $51.562,03
  • Bayar jumlah tambahan 500 dolar Setiap bulan akan mengurangi jangka waktu pinjaman sejumlah tertentu 146 Bulan

Dengan memasukkan periode waktu dan suku bunga yang berbeda, Anda akan melihat bagaimana pembayaran bulanan Anda dapat berubah.

Perkiraan tingkat hipotek untuk tahun 2023

Suku bunga hipotek mulai meningkat dari posisi terendah dalam sejarah pada paruh kedua tahun 2021 dan meningkat lebih dari tiga poin persentase pada tahun 2022.

Suku bunga terus meningkat tahun ini, meskipun mungkin akan segera turun karena inflasi terus melambat. Dalam 12 bulan terakhir, CPI telah meningkat sebesar 3,2%, penurunan yang signifikan dibandingkan puncaknya tahun lalu sebesar 9,1% pada bulan Juni.

Bagi pemilik rumah yang ingin memanfaatkan nilai rumah mereka untuk menutupi pembelian dalam jumlah besar — ​​​​seperti renovasi rumah — jalur kredit ekuitas rumah (HELOC) mungkin merupakan pilihan yang baik sementara kita menunggu suku bunga hipotek menurun. Lihatlah beberapa pemberi pinjaman HELOC terbaik untuk mulai mencari pinjaman yang tepat untuk Anda.

HELOC adalah jalur kredit yang memungkinkan Anda meminjam terhadap ekuitas di rumah Anda. Cara kerjanya mirip dengan kartu kredit di mana Anda dapat meminjam apa yang Anda butuhkan daripada mendapatkan seluruh jumlah yang Anda pinjam sekaligus. Hal ini juga memungkinkan Anda memanfaatkan uang yang Anda miliki di rumah tanpa mengganti seluruh hipotek Anda, seperti yang Anda lakukan dengan pembiayaan kembali tunai.

READ  X bisa kehilangan pendapatan hingga $75 juta jika semakin banyak pengiklan yang mengundurkan diri

Suku bunga HELOC saat ini relatif rendah dibandingkan dengan opsi pinjaman lainnya, termasuk kartu kredit dan pinjaman pribadi.

Kapan harga rumah akan turun?

Harga rumah turun sedikit dari bulan ke bulan pada akhir tahun lalu, namun kemungkinan besar kita tidak akan melihat penurunan yang signifikan dalam waktu dekat karena pasokan yang sangat terbatas.

Peneliti Fannie Mae Diperkirakan harga akan naik sebesar 6,7% pada tahun 2023 dan 2,8% pada tahun 2024, sementara Asosiasi Bankir Hipotek Diperkirakan akan terjadi peningkatan sebesar 5,7% pada tahun 2023 dan peningkatan sebesar 4,1% pada tahun 2024.

Suku bunga hipotek yang tinggi telah mendorong banyak pembeli keluar dari pasar, memperlambat permintaan pembelian rumah dan memberikan tekanan pada harga rumah. Namun suku bunga mungkin akan mulai turun pada tahun depan, yang akan menghilangkan beberapa tekanan tersebut. Pasokan rumah saat ini juga demikian Secara historis rendahHal ini akan mencegah harga jatuh.

Pro dan kontra hipotek suku bunga tetap vs. suku bunga yang dapat disesuaikan

Hipotek dengan suku bunga tetap mengunci suku bunga Anda selama masa pinjaman Anda. Hipotek dengan suku bunga yang dapat disesuaikan mengunci suku bunga Anda selama beberapa tahun pertama, kemudian suku bunga Anda naik atau turun secara berkala.

Jadi bagaimana Anda memilih antara hipotek dengan suku bunga tetap versus hipotek dengan suku bunga yang dapat disesuaikan?

ARM biasanya dimulai dengan suku bunga yang lebih rendah daripada hipotek suku bunga tetap, namun suku bunga ARM dapat naik setelah periode perkenalan awal berakhir. Jika Anda berencana untuk pindah atau melakukan pembiayaan kembali sebelum suku bunga disesuaikan, ARM mungkin merupakan pilihan yang bagus. Namun perlu diingat bahwa perubahan keadaan apa pun dapat menghalangi Anda melakukan hal-hal ini, jadi sebaiknya pertimbangkan apakah anggaran Anda dapat menangani pembayaran bulanan yang lebih tinggi.

READ  McDonald's meluncurkan 'burger terbaik' sebelum laporan pendapatan

Hipotek dengan suku bunga tetap adalah pilihan yang baik bagi peminjam yang menginginkan stabilitas, karena pembayaran pokok dan bunga bulanan Anda tidak akan berubah sepanjang masa pinjaman (walaupun pembayaran hipotek Anda dapat meningkat jika pajak atau asuransi naik).

Namun sebagai imbalan atas stabilitas ini, Anda akan mendapatkan harga yang lebih tinggi. Ini mungkin tampak seperti kesepakatan yang buruk saat ini, namun jika suku bunga terus meningkat dalam beberapa tahun, Anda mungkin akan dengan senang hati mengunci suku bunga Anda. Jika tren suku bunga lebih rendah, Anda mungkin dapat melakukan pembiayaan kembali untuk mendapatkan suku bunga yang lebih rendah.

Bagaimana cara kerja hipotek dengan suku bunga yang dapat disesuaikan?

Hipotek dengan suku bunga yang dapat disesuaikan dimulai dengan periode perkenalan di mana suku bunga Anda tetap untuk jangka waktu tertentu. Setelah periode ini habis, maka akan mulai diubah secara berkala – biasanya setahun sekali atau enam bulan sekali.

Seberapa besar perubahan tarif Anda bergantung pada indeks yang digunakan ARM dan margin yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman Anda. Pemberi pinjaman memilih indeks mana yang digunakan alat manajemen aset mereka, dan tingkat ini dapat naik atau turun tergantung pada kondisi pasar saat ini.

Margin adalah jumlah bunga yang dibebankan oleh pemberi pinjaman di atas indeks. Anda harus berkeliling dengan beberapa pemberi pinjaman untuk melihat mana yang menawarkan margin terendah.

ARM juga memiliki batasan seberapa banyak Anda dapat berubah dan seberapa tinggi Anda dapat mencapainya. Misalnya, ARM mungkin dibatasi kenaikan atau penurunannya sebesar 2% setiap kali disesuaikan, hingga maksimum 8%.