Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Stock Split Watch: Dua saham Artificial Intelligence (AI) tampaknya akan dipecah

Stock Split Watch: Dua saham Artificial Intelligence (AI) tampaknya akan dipecah

Pemecahan saham kemudian kembali menjadi sorotan Nvidia Langkah ini diambil baru-baru ini. Investor harus ingat bahwa ini hanyalah langkah kosmetik yang tidak mengubah nilai perusahaan dan fundamentalnya. Yang dilakukan stock split adalah menambah jumlah saham yang beredar sekaligus menurunkan harga setiap saham. Oleh karena itu, total nilai pasar perusahaan tetap sama.

Namun, terdapat keyakinan bahwa pemecahan saham dapat meningkatkan permintaan atas saham perusahaan karena lebih banyak investor yang dapat membelinya, dan setiap saham kini tersedia dengan harga lebih rendah.

Ini mungkin salah satu alasan mengapa Amsal Komputer super mikro (SMCI 2,50%) Dan Kepemilikan ASML (ASML -1,13%) Mereka dapat mempertimbangkan untuk membagi saham mereka. Mari kita lihat mengapa kedua perusahaan ini, yang memainkan peran penting dalam revolusi kecerdasan buatan (AI), tampaknya siap melakukan pemecahan saham (stock split).

1. Komputer super mikro

Nilai saham Super Micro Computer (juga dikenal sebagai Supermicro) meningkat tiga kali lipat selama setahun terakhir dan sekarang bernilai lebih dari $760 per saham. Namun, masih turun 34% dari level tertinggi 52 minggu yang dicapai pada bulan Maret, itulah sebabnya manajemen mungkin mempertimbangkan pemecahan saham untuk menarik minat investor.

Supermicro belum pernah melakukan stock split. Manajemen mungkin tidak merasa perlu melakukan hal ini karena sahamnya diperdagangkan pada harga sekitar $80 pada akhir tahun 2022. Namun, meningkatnya permintaan akan solusi server AI telah menyebabkan harga sahamnya meningkat sebesar 858% sejak awal tahun 2023. Ini berarti bahwa … Supermicro telah melonjak lebih dari 9 dalam waktu kurang dari 18 bulan.

Itu sebabnya sepertinya sudah waktunya untuk melakukan pemecahan saham Supermicro. Namun, karena perpecahan tersebut tidak lebih dari sekadar langkah kosmetik, sekarang mungkin saat yang tepat untuk membeli sahamnya terlepas dari perpecahan tersebut untuk memanfaatkan penurunan harga saham baru-baru ini.

READ  Pasar Asia secara signifikan lebih rendah dengan Jepang melayang di dekat level tertinggi 33 tahun

Lagi pula, permintaan terhadap server AI Supermicro begitu kuat sehingga pendapatannya meningkat tiga kali lipat pada kuartal ketiga tahun fiskal 2024 (yang berakhir pada 31 Maret) menjadi $3,85 miliar, dan laba bersih yang disesuaikan meningkat empat kali lipat dari tahun ke tahun menjadi $6,65 per saham.

Manajemen menargetkan pendapatan fiskal kuartal keempat sebesar $5,3 miliar dan memperkirakan laba yang disesuaikan akan mencapai $8,02 per saham pada titik tengah kisaran panduan. Perusahaan melaporkan pendapatan sebesar $2,18 miliar pada kuartal yang sama tahun lalu bersama dengan laba yang disesuaikan sebesar $3,51 per saham. Jika memenuhi ekspektasi, pendapatan atas dan bawah diperkirakan akan meningkat dua kali lipat lagi pada kuartal ini.

Supermicro dapat mempertahankan pertumbuhan yang sehat dalam jangka panjang karena pasar server AI yang disediakannya diperkirakan akan tumbuh 26% setiap tahun selama lima tahun ke depan. Penjualan server AI diperkirakan akan meningkat dari $12 miliar pada tahun 2023 menjadi lebih dari $50 miliar pada tahun 2029.

Ada juga beberapa perkiraan yang lebih ambisius, dengan kontrak produsen elektronik Foxconn memperkirakan bahwa penjualan server AI akan mencapai $150 miliar pada tahun 2027.

Hasil Supermicro baru-baru ini menunjukkan bahwa ia tumbuh lebih cepat daripada pasar server AI, sebuah tanda bahwa ia mulai berkembang di bidang ini. Secara keseluruhan, peluang menguntungkan terkait AI dan pertumbuhan pesatnya menjadi alasan kuat untuk membeli saham tersebut sekarang. Selain itu, Supermicro memperdagangkan pendapatan ke depan hanya 21 kali lipat, yang merupakan diskon Nasdaq-100Kelipatan pendapatan ke depan sebesar 28 (menggunakan indeks sebagai proksi untuk saham teknologi).

Oleh karena itu, investor mempunyai peluang bagus untuk membeli saham AI ini, dan mereka harus mempertimbangkan untuk memanfaatkannya, mengingat prospeknya yang sehat tidak akan terpengaruh oleh pemecahan saham.

READ  Pedagang yang mengakuisisi saham Berkshire Hathaway milik Warren Buffett dengan diskon besar-besaran sebesar $620.000 selama kesalahan tersebut akan dibatalkan perdagangannya oleh Bursa Efek New York.

2. Kepemilikan ASML

ASML Holding adalah perusahaan lain yang dapat mempertimbangkan pemecahan saham, dengan setiap saham sekarang diperdagangkan dengan harga lebih dari $1,040. Pemasok peralatan manufaktur semikonduktor asal Belanda ini terakhir kali melakukan perpecahan pada bulan Oktober 2007, dan sahamnya telah meningkat 2,250% sejak saat itu.

Keuntungan yang mengesankan ini adalah hasil dari peran sentralnya dalam industri semikonduktor, bukan karena perpecahannya hampir 17 tahun yang lalu.

Mesin litografi ultraviolet ekstrim (EUV) ASML memungkinkan pengecoran membuat chip untuk berbagai aplikasi. AI adalah katalis yang membuat pelanggan mengantri untuk membeli mesin UV guna memproduksi chip canggih menggunakan node proses 7nm, 5nm, 3nm, atau lebih kecil. Semakin kecil node proses, semakin kuat dan efisien chip tersebut.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan chip AI, ASML melihat permintaan yang kuat untuk perangkat UV-nya, dan perusahaan tersebut memiliki simpanan pesanan senilai €38 miliar ($40,9 miliar) pada akhir kuartal pertama tahun 2024. Angka tersebut lebih tinggi dari ekspektasi perusahaan. . Perkiraan pendapatan tahunannya pada tahun 2024 adalah $29,6 miliar, sejalan dengan pendapatannya pada tahun 2023.

Manajemen memperkirakan pertumbuhan pendapatan akan meningkat pada paruh kedua tahun 2024 berkat pemulihan pasar semikonduktor. Selain itu, perusahaan ini akan mulai mengirimkan perangkat keras barunya, dengan harga $380 juta, kepada pemasok semikonduktor tahun ini untuk membantu mereka memproduksi chip AI yang canggih.

Pasar chip ini diperkirakan akan mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 38% hingga tahun 2032, sehingga ASML akan terus melihat permintaan yang sehat untuk perangkat UV-nya. Karena perusahaan ini adalah satu-satunya produsen mesin-mesin tersebut, tidak mengherankan jika melihat percepatan pertumbuhan pendapatan yang signifikan pada tahun depan.

READ  Blackstone default pada $562 juta pada CMBS yang didukung properti Utara - Bloomberg News

Perkiraan ASML EPS untuk tahun fiskal berjalan; Data oleh Grafik Y. EPS = laba per saham.

Jadi, meskipun perusahaan tidak membagi sahamnya untuk mengurangi nilai masing-masing saham, prospeknya menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dibangun untuk keuntungan jangka panjang. Investor yang mencari saham semikonduktor yang memiliki peran penting dalam revolusi AI dapat mempertimbangkan untuk membeli ASML Holding sebelum pertumbuhannya meningkat.