Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sebuah pesawat Scandinavian Airlines mendarat di sebuah pulau di Malaysia, tempat raja Norwegia dirawat di rumah sakit

Sebuah pesawat Scandinavian Airlines mendarat di sebuah pulau di Malaysia, tempat raja Norwegia dirawat di rumah sakit

LANGKAWI, Malaysia – Pesawat evakuasi medis Scandinavian Airlines tiba pada Jumat di pulau resor Langkawi di Malaysia utara, tempat raja Norwegia berada di rumah sakit dan dirawat karena infeksi.

Raja Harald V adalah raja Eropa tertua dengan usia 87 tahun Dia dirawat di rumah sakit setelah jatuh sakit saat berliburIstana Kerajaan di Oslo mengumumkan pada hari Selasa. Tidak ada rincian yang diberikan tentang penyakitnya. Putranya, Putra Mahkota Haakon, mengatakan kondisi ayahnya membaik dan dia perlu istirahat sebelum dibawa kembali.

Sebuah pesawat Skandinavia dengan nomor ekor LN-RPJ lepas landas dari Bandara Oslo pada hari Kamis, dan Boeing 737-700 milik maskapai tersebut, yang sebelumnya digunakan sebagai ambulans terbang, mendarat di Langkawi pada hari Jumat, kata stasiun penyiaran Norwegia TV2.

Pada hari Jumat, Istana Kerajaan mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa kondisi raja membaik tetapi dia akan tetap “di rumah sakit selama beberapa hari lagi untuk menerima perawatan dan istirahat sebelum kembali ke rumah.”

Angkatan Bersenjata Norwegia mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka tidak berbagi informasi tentang misi operasional yang sedang berlangsung, Angkatan Bersenjata mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah. “Sangat penting bagi kami untuk mempertahankan praktik ini, demi keselamatan dan kesehatan Yang Mulia Raja.”

TV2 Norwegia mengatakan bahwa pesawat yang sama digunakan musim panas lalu dalam evakuasi medis pasien dari Ukraina.

Kantor berita nasional Malaysia Bernama melaporkan Harald sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Sultana Mleiha di Langkawi. Laporan tersebut mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa dia tinggal di bagian kerajaan rumah sakit. Pihak rumah sakit menolak berkomentar ketika dihubungi oleh The Associated Press.

READ  Pesawat militer Rusia menabrak gedung Siberia, pilot tewas

“Jelas usianya berarti hal ini baik untuk ditangani dengan baik. Mereka sangat baik di rumah sakit. Kami tidak tahu kapan dia akan pulang,” kata Putra Mahkota Haakon pada Rabu. Kami harus memutuskannya nanti.” Istana mengatakan bahwa “belum ada keputusan yang dibuat mengenai kepulangannya.”

Sebelumnya, Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Sture mengatakan: “Kami prihatin ketika raja kami jatuh sakit dan dirawat di rumah sakit, baik di Norwegia maupun di luar negeri.”

“Kita harus melakukan apa yang kita bisa untuk berkontribusi membawa pulang raja secepat dan sesehat mungkin,” katanya kepada radio Norwegia NRK.

Dua hari sebelum ulang tahunnya pekan lalu, kantor berita Norwegia NTB melaporkan bahwa raja melakukan perjalanan pribadi ke luar negeri bersama istrinya, Ratu Sonja, tanpa menyebutkan tujuan atau tanggalnya.

Media di Norwegia menyebutkan Harald melakukan perjalanan ke Malaysia untuk merayakan ulang tahunnya yang kedelapan puluh tujuh.

Di masa lalu, Raja Norwegia melakukan perjalanan pribadi pada hari ulang tahunnya. Media di Norwegia melaporkan bahwa ketika dia berusia delapan puluh tahun, dia dan keluarganya melakukan perjalanan ke Afrika Selatan dan berada di pulau Mauritius di Samudera Hindia untuk merayakan ulang tahunnya yang kedelapan puluh lima.

Raja, yang terlihat menggunakan tongkat dalam beberapa tahun terakhir, berulang kali jatuh sakit dalam beberapa bulan terakhir, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai kesehatan kepala negara. Pada bulan Januari, pihak istana mengatakan dia cuti sakit hingga 2 Februari karena infeksi saluran pernapasan.

Pada bulan Desember, dia dirawat di rumah sakit karena infeksi dan diobati dengan antibiotik intravena. Dia juga sempat dilarikan ke rumah sakit pada Agustus lalu karena demam.

READ  Dengan bergabungnya Swedia, lihat seluruh 32 negara anggota aliansi

___

Ng melaporkan dari Kuala Lumpur, Malaysia. Penulis Associated Press Jan M. Olsen di Kopenhagen, Denmark, berkontribusi pada laporan ini.