Desember 9, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Saat Fox dan News Corp mempertimbangkan merger tersebut, aktivis tersebut memiliki visinya sendiri

Saat Fox dan News Corp mempertimbangkan merger tersebut, aktivis tersebut memiliki visinya sendiri

Seorang investor aktivis mendorong suara dalam usulan merger News Corp dan Fox, kesepakatan yang diajukan oleh Rupert Murdoch, presiden kedua perusahaan.

Investor, Irenic Capital Management, ingin News Corp mengeksplorasi pemisahan unit daftar real estat online dari bisnis lainnya, yang meliputi The Wall Street Journal, HarperCollins, dan The New York Post. Adam Katz, salah satu pendiri IRINIK, mengatakan perusahaan telah meminta pertemuan dengan komite khusus yang dibentuk oleh perusahaan untuk mengevaluasi proposal Mr Murdoch.

Katz mengatakan dana tersebut adalah salah satu dari sepuluh pemilik terbesar saham Kelas B News Corp, yang memberikan hak suara lebih kuat daripada saham Kelas A yang jumlahnya lebih banyak. News Corp. memiliki kapitalisasi pasar sekitar $9 miliar.

“Irenec berharap dapat bermitra dengan komite khusus perusahaan untuk memastikan ia mengeksplorasi semua jalur untuk memaksimalkan nilai, termasuk memisahkan media digital profil tinggi dan aset real estat digital,” kata Mr. Katz.

Bisnis listing real estate News Corp mencakup 61,4% saham di REA Group, senilai sekitar $5,7 miliar. Perusahaan, yang diperdagangkan secara publik di Australia, mempekerjakan lebih dari 3.000 orang. Kelola situs web real estat perumahan realestate.com.auSitus web real estat komersial realcommercial.com.au dan situs kepemilikan bersama flatmates.com.au.

Bisnis real estat digital News Corp menghasilkan pendapatan sekitar $1,7 miliar tahun lalu, atau sekitar 16% dari pendapatan News Corp sekitar $10 miliar.

News Corp menolak berkomentar.

Irenic, yang didirikan oleh Mr. Katz dan Andy Dodge, percaya bahwa media dan bisnis real estat akan lebih baik jika dipisahkan menjadi perusahaan yang terpisah. Ia menyatakan bahwa News Corp telah tumbuh menjadi perusahaan yang terdiversifikasi, dengan pijakan dalam layanan informasi dan langganan digital, yang belum dinilai dengan baik oleh investor. Saham News Corp telah jatuh sekitar 33% selama setahun terakhir.

Dorong Irinich mengikuti Tuan Murdoch Proposal untuk menggabungkan perusahaan Hampir satu dekade setelah mereka berpisah. Mr Murdoch melihat cara baru untuk mengintegrasikan properti media perusahaan, yang meliputi Fox News, The Wall Street Journal dan Fox Broadcasting Network, serta peluang penghematan biaya.

Kedua perusahaan mengkonfirmasi minggu lalu bahwa mereka telah menerima tawaran Mr Murdoch, dan keduanya mengatakan mereka telah menunjuk sebuah komite khusus untuk meninjau setiap kesepakatan potensial. Robert Thompson, CEO News Corp., mengatakan kepada karyawan bahwa “tidak ada kepastian” tentang kesepakatan apa pun.

Saham News Corp naik sekitar 6 persen dalam perdagangan aftermarket pada hari Jumat. Saham Fox turun setengah persen, memberinya kapitalisasi pasar sekitar $17 miliar.

Tanpa dukungan keluarga Murdoch, Ireneich bisa menghadapi perjuangan berat. Putra Rupert Murdoch, Lachlan, adalah co-chairman News Corp, bersama dengan ayahnya, serta CEO dan CEO Fox. Murdoch Family Trust, yang dikendalikan oleh Rupert Murdoch dengan dua anak tertuanya, memiliki 39,5 persen saham perusahaan. Kontrol keluarga sebagian besar berasal dari kepemilikannya atas saham Kelas B.

Bapak Katz dari Irenic adalah mantan analis senior di hedge fund Elliott Management, salah satu investor aktif paling terkemuka. Dana aktivis lainnya, ValueAct, telah mengungkapkan posisinya di The New York Times tahun ini Dan melobi perusahaan untuk menjual paket langganannya lebih agresif.

News Corp akan tetap menjadi raksasa media tanpa bisnis real estatnya. Unit perusahaan lainnya termasuk Dow Jones, yang menghasilkan hampir $2 miliar pendapatan tahun lalu dari real estat termasuk The Wall Street Journal, dan unit Layanan Informasinya, yang mencakup firma intelijen Factiva. Dow Jones menghasilkan sekitar $ 433 juta pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi tahun lalu.

READ  Pembaruan Covid-19 langsung: Pengujian, otorisasi topeng, dan berita Omicron

Bisnis media yang tersisa akan mencakup New York Post, The Times of London dan HarperCollins Publishing, yang menghasilkan pendapatan sekitar $2,2 miliar tahun lalu.

Benjamin Mullen Berkontribusi dalam penyusunan laporan.