April 20, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia Menjatuhkan Tuduhan Terhadap Prigozhin Atas Pemberontakan Wagner: Udpates Langsung Perang Ukraina

Rusia Menjatuhkan Tuduhan Terhadap Prigozhin Atas Pemberontakan Wagner: Udpates Langsung Perang Ukraina

Amerika Serikat dan sekutunya “tidak ada hubungannya dengan” pemberontakan kelompok tentara bayaran Wagner melawan Presiden Rusia Vladimir Putin dan kepemimpinan militernya, kata Presiden Biden pada hari Senin, dalam komentar publik pertamanya tentang pemberontakan berumur pendek yang memicu pemberontakan. akhir pekan yang luar biasa dari krisis di Rusia.

“Ini adalah bagian dari perjuangan dalam sistem Rusia,” kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih sebelum mengumumkan Prakarsa Infrastruktur Internet.

Tuan Biden mengatakan dia telah menginstruksikan tim keamanan nasionalnya untuk memberi pengarahan kepadanya “jam demi jam” dan “mempersiapkan berbagai skenario.” Dia juga mengatakan dia mengadakan panggilan konferensi untuk berkoordinasi dengan beberapa sekutu utama Amerika Serikat sebagai pemberontakan yang dipimpin oleh pendiri Wagner, Yevgeny V. Prigozhin di akhir pekan.

Biden mengatakan sekutu menyetujui seruan untuk tidak memberi Putin “alasan apa pun untuk menyalahkan Barat atau NATO.” Dia menambahkan, “Kami memperjelas bahwa kami tidak terlibat. Kami tidak ada hubungannya dengan itu.”

Biden mengatakan dia dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang dia ajak bicara pada Minggu, akan tetap berhubungan. Tuan Biden mengatakan Amerika Serikat akan terus menilai implikasi dari krisis di Rusia dan menyelaraskan tanggapan dengan sekutunya. Namun, dia memperingatkan bahwa “masih terlalu dini untuk sampai pada kesimpulan pasti tentang ke mana arahnya.”

Mr Prigozhin terakhir terlihat di depan umum Sabtu malam setelah revolusi singkat Wagner dibatalkan. Dia setuju untuk membatalkan pawai pasukannya di Moskow berdasarkan perjanjian yang akan menghentikan penyelidikan kriminal atas aktivitasnya dan mengizinkannya pergi ke Belarusia. Pada hari Senin, Prigozhin memecah kesunyiannya dengan mengklaim kemajuannya di Moskow tidak pernah dimaksudkan sebagai upaya untuk merebut kekuasaan.

READ  Danau terbesar di Pakistan bisa meletus di tepiannya setelah upaya pengeringan gagal | pakistan

Dalam jumpa pers terpisah, juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan kepada wartawan hari Senin bahwa dia tidak tahu apakah Prigozhin berada di Belarusia dan bahwa dia “tidak memiliki penilaian” tentang lokasi Prigozhin sama sekali. Dia menambahkan bahwa Amerika Serikat tidak tahu apa yang akan terjadi pada para pejuang Wagner di Ukraina atau Afrika, menggambarkan situasinya sebagai “dinamis”.

Meski begitu, kata Miller, pentingnya permainan kuat Prigozhin sudah jelas.

“Sungguh sesuatu yang baru untuk melihat kepemimpinan Presiden Putin ditantang secara langsung,” katanya, mencatat bahwa Prigozhin telah secara terbuka mempertanyakan alasan invasi Rusia ke Ukraina, sesuatu yang “tentu saja tidak terlihat dari pejabat Rusia sebelumnya.”

Miller menambahkan bahwa Amerika Serikat “belum mengambil posisi dalam kepemimpinan Federasi Rusia. Kami tidak mengambil posisi dalam kepemimpinan Kementerian Pertahanan Rusia.”

“Kebijakan kami selalu terkait dengan tindakan yang diambil Rusia,” katanya.

Sementara Tuan Miller mungkin telah mengungkapkan kebijakan resmi AS, Presiden Biden sebelumnya telah mengungkapkan pandangan pribadi yang berbeda.

“Demi Tuhan, orang ini tidak bisa tetap berkuasa,” kata Biden tentang Putin saat berkunjung ke Polandia pada Maret 2022.

Mr Miller juga mengatakan bahwa Duta Besar AS untuk Rusia, Lynn M. Tracy, saya menelepon pemerintah Rusia pada hari Sabtu, mengingatkan pejabat Rusia tentang kewajiban mereka untuk melindungi Kedutaan Besar AS dan personel diplomatik di Moskow.

Nyonya Miller mengatakan Nyonya Tracy mengulangi pernyataannya bahwa pemerintahan Biden memandang pemberontakan sebagai urusan internal Rusia, “sesuatu yang tidak dan tidak akan diikuti oleh Amerika Serikat.”