Juni 16, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Biden mengatakan AS dan NATO tidak terlibat dalam pemberontakan di Rusia oleh pasukan tentara bayaran

Biden mengatakan AS dan NATO tidak terlibat dalam pemberontakan di Rusia oleh pasukan tentara bayaran

Washington (AP) – Presiden Joe Biden, Senin, mengatakan bahwa Amerika Serikat dan NATO tidak memiliki peran dalam peristiwa yang berumur pendek ini. Pemberontakan di Rusia oleh pasukan tentara bayaran Grup Wagner. Dia mengatakan “terlalu dini” untuk menilai dampak perang di Ukraina.

Biden mengatakan dia melakukan panggilan video dengan sekutu selama akhir pekan dan bahwa mereka semua bekerja secara sinkron untuk memastikan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin “tidak diberi alasan untuk menyalahkan Barat” atau NATO.

Kami menjelaskan bahwa kami tidak terlibat. Kami tidak ada hubungannya dengan itu,” kata Biden. “Ini adalah bagian dari perjuangan dalam sistem Rusia.

Biden juga berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky selama akhir pekan tentang situasi tersebut dan mengatakan dia berencana untuk berbicara dengannya lagi pada Senin atau Selasa pagi.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa apa pun yang terjadi di Rusia, saya katakan lagi, apa pun yang terjadi di Rusia, kami di Amerika Serikat akan terus mendukung pertahanan, kedaulatan, dan integritas wilayah Ukraina.”

perseteruan antara Grup Wagner Pemimpinnya, Yevgeny Prigozhin, dan perwira militer Rusia yang mengamuk sepanjang perang meletus menjadi pemberontakan yang membuat tentara bayaran meninggalkan Ukraina untuk mengambil alih markas militer di kota Rusia selatan. Mereka meluncur sejauh ratusan kilometer menuju Moskow, sebelum berputar kurang dari 24 jam kemudian pada hari Sabtu.

Sebelumnya pada hari Senin, Prigozhin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu membuat pernyataan Komentar Publik Untuk mengurangi ukuran krisis.

Dalam pernyataan audio 11 menit, Prigozhin mengatakan dia bertindak “untuk mencegah penghancuran PMC Wagner” dan bertindak sebagai tanggapan atas serangan di Camp Wagner yang menewaskan sekitar 30 pejuangnya.

READ  Empat tewas dalam longsoran salju di Pegunungan Alpen Prancis

Banyak yang masih berubah, kata Biden, setelah tantangan terbesar terhadap otoritas Putin selama masa jabatannya yang panjang.

“Kami akan terus menilai implikasi dari peristiwa akhir pekan ini dan implikasinya terhadap Rusia dan Ukraina,” kata Biden. “Tapi masih terlalu dini untuk sampai pada kesimpulan pasti tentang ke mana arahnya.”