Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perdana Menteri Slovakia mundur dari dukungannya terhadap Ukraina selama kunjungan tersebut

Perdana Menteri Slovakia mundur dari dukungannya terhadap Ukraina selama kunjungan tersebut

Tetap terinformasi dengan pembaruan gratis

Perdana Menteri Slowakia yang bersahabat dengan Rusia telah mengambil tindakan yang tidak terduga terhadap Ukraina, dengan menjanjikan dukungan pada kunjungan pertamanya ke negara yang dilanda perang tersebut hanya beberapa hari setelah kedaulatan negara tersebut dipertanyakan.

Robert Fico, yang mulai menjabat pada bulan Oktober setelah berkampanye untuk memotong bantuan militer negaranya ke Kiev dan menentang sanksi lebih lanjut terhadap Rusia, bertemu pada hari Rabu dengan mitranya dari Ukraina Denis Shmyhal di kota Uzhgorod dekat perbatasan Slovakia.

Fico mengklaim hanya ada perbedaan politik “kecil” dengan Kiev, yang merupakan bagian dari “kehidupan politik”, dan menambahkan: “Kami benar-benar ingin membantu Anda, kami benar-benar ingin membantu Anda.”

Shmyhal menjawab bahwa dia bersedia mengembangkan “hubungan yang sangat praktis dan dapat diandalkan” antara kedua negara.

Shmyhal kemudian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Fico berjanji untuk tidak mencegah perusahaan Slovakia memasok senjata ke Ukraina dan membantu membangun pertahanannya. Perdana Menteri Ukraina mengatakan bahwa Bratislava juga akan mendukung dan membiayai upaya Kiev untuk bergabung dengan Uni Eropa.

FICO secara terpisah berkomitmen pada tiga proyek baru untuk meningkatkan koneksi jaringan transportasi dan listrik antara kedua negara.

Janji-janji Fico di Ukraina sangat kontras dengan komentar provokatif yang dibuatnya dalam beberapa hari terakhir, sehingga mendorong pihak berwenang di Kiev untuk meminta sanggahan dan mendorong para analis mempertanyakan kelanjutan pertemuan tersebut.

Selama akhir pekan, Fico mempertanyakan kedaulatan Ukraina, mengklaim bahwa Ukraina berada di bawah “pengaruh mutlak Amerika Serikat.” Dia meminta Kiev untuk menyerahkan wilayahnya kepada Rusia untuk mengakhiri perang, dan mengatakan bahwa Slovakia akan menentang Ukraina bergabung dengan NATO, karena langkah seperti itu dapat menyebabkan Perang Dunia III.

READ  China, Indonesia memuji kerja sama 'win-win' setelah KTT Beijing yang langka

Kedutaan Besar AS di Bratislava mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka “dengan tegas menolak tuduhan” bahwa Ukraina berada di bawah pengaruhnya. Dia menambahkan, “Pernyataan seperti itu tidak sesuai dengan sekutu NATO.”

Pada hari Selasa, Fico melangkah lebih jauh, ketika dia menyatakan tidak ada perang sama sekali di Kiev. Ketika ditanya mengapa dia hanya bepergian ke Uzhhorod dan bukan ke ibu kota, dia berkata: “Apakah Anda benar-benar berpikir ada perang di Kiev? Saya harap Anda tidak serius… Kehidupan di sana sepenuhnya normal.”

Klaim Fico yang tidak berdasar ini bertepatan dengan gelombang serangan rudal Rusia di Kiev dan kota-kota lain, yang menurut pihak berwenang Ukraina menewaskan 18 orang dan menargetkan bangunan sipil.

“Ada kontradiksi besar antara retorika Fico di dalam dan di luar negeri,” kata Pavol Demis, mantan menteri luar negeri Slovakia. Dia menambahkan: “Saya pikir Ukraina telah bekerja dengan sangat terampil untuk tidak meningkatkan ketegangan seperti ini, namun sejumlah pernyataan jahat yang dibuat Fico baru-baru ini telah membingungkan banyak dari kita yang bekerja di bidang kebijakan luar negeri karena dia telah menghancurkan citranya. negara kita.” “Sebelum kunjungan penting.”

Fico yang populis kembali menjabat perdana menteri Slovakia pada bulan Oktober sebagai pemimpin koalisi tiga partai yang telah mengobarkan sentimen anti-Ukraina. Dia sebelumnya menjabat perdana menteri sebanyak tiga kali, terakhir hingga tahun 2018 ketika dia mengundurkan diri di tengah protes anti-pemerintah.

Pihak oposisi telah lama menuduhnya mengeksploitasi bantuan Rusia dalam pemilihannya kembali. Jaroslav Ney, mantan menteri pertahanan Slovakia, mengatakan komentar anti-Ukrainanya menunjukkan bahwa dia “hanya membalas dukungan Rusia menjelang pemilu Slovakia.” Fico membantah adanya campur tangan Rusia dalam kemenangan pemilunya.

READ  Rusia mengonfirmasi kematian Presiden Wagner Prigozhin setelah tes genetik | Berita tentang perang Rusia-Ukraina

Fico juga membuat khawatir Brussel dengan bekerja sama dengan Viktor Orban, perdana menteri Hongaria yang pro-Rusia. Kemitraan mereka dapat mempersulit upaya UE untuk mempertahankan dukungan terpadu terhadap Ukraina. “Ukraina tidak memiliki solusi militer dan strategi yang ada saat ini tidak berhasil,” kata Fico di Budapest pekan lalu.

Namun seperti halnya dukungan keseluruhan terhadap Ukraina, Fico juga telah mengubah pendekatannya terhadap ekspor militer. Tahun lalu, ia mengecam pemerintah sebelumnya yang memasok jet tempur MiG-29 ke Kiev, dan berjanji akan memberlakukan larangan ekspor senjata setelah ia menjabat. Namun pada bulan November, pemerintah mengatakan larangan tersebut hanya berlaku untuk perusahaan manufaktur milik negara, bukan perusahaan swasta. Parlemen Slovakia melonggarkan peraturan tersebut lebih lanjut pada bulan ini, sementara Kementerian Pertahanan memberikan 100 juta euro sebagai dukungan kepada produsen senjata.