November 30, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia memberi tahu Lithuania: Warga Anda akan merasakan sakit di Kaliningrad

Rusia memberi tahu Lithuania: Warga Anda akan merasakan sakit di Kaliningrad

  • Rusia Peringatkan Lituania tentang Kaliningrad
  • Rusia panggil duta besar Uni Eropa
  • Uni Eropa memberi tahu Rusia: Menahan diri dari ‘langkah-langkah eskalasi’
  • Lithuania: Sungguh ironis mendengar Rusia mengeluh tentang hukum

LONDON (Reuters) – Sekutu senior Presiden Vladimir Putin mengatakan kepada Lithuania pada Selasa bahwa Moskow akan menanggapi larangan transit yang diberlakukan Uni Eropa di wilayah Kaliningrad Rusia dengan cara yang membuat warga negara Baltik lebih nyaman. Dia akan merasakan sakit.

Dengan hubungan antara Moskow dan Barat pada tingkat terendah dalam setengah abad karena invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, Lituania telah melarang transit barang-barang yang dikenakan UE melalui wilayahnya ke dan dari daerah terpencil, mengutip aturan sanksi UE.

Nikolai Patrushev, mantan mata-mata KGB dan sekarang sekretaris Dewan Keamanan Rusia, mengatakan tindakan “bermusuhan” Lithuania menunjukkan Rusia tidak dapat mempercayai Barat, yang menurutnya telah melanggar perjanjian tertulis di Kaliningrad.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Rusia pasti akan menanggapi permusuhan seperti itu,” kata Patrushev seperti dikutip kantor berita RIA.

“Langkah-langkah yang tepat sedang disusun dalam format antardepartemen dan akan diambil dalam waktu dekat,” katanya seperti dikutip. “Konsekuensinya akan memiliki dampak negatif yang serius pada penduduk Lituania.”

Lithuania, anggota NATO dan Uni Eropa, mengatakan pihaknya hanya menerapkan sanksi Uni Eropa yang disepakati terhadap Rusia, menambahkan bahwa “paradoks” mendengar keluhan Moskow tentang perangnya di Ukraina.

“Tidak Ada Pengepungan”

“Sungguh ironis mendengar tentang dugaan pelanggaran perjanjian internasional dari negara yang mungkin telah melanggar setiap perjanjian internasional,” kata Perdana Menteri Lithuania Ingrida Simonet kepada wartawan.

“Tidak ada pengepungan di Kaliningrad,” kata Simonet. Lithuania menerapkan sanksi UE.”

Kaliningrad, sebelumnya pelabuhan Koenigsberg, ibu kota Prusia Timur, direbut oleh Tentara Merah dari Nazi Jerman pada April 1945 dan diserahkan ke Uni Soviet setelah Perang Dunia II. Itu terjepit di antara anggota NATO Polandia dan Lithuania.

Setelah Putin memerintahkan invasi ke Ukraina, Amerika Serikat dan sekutunya memberlakukan beberapa sanksi terberat dalam sejarah modern, sebuah langkah yang digambarkan Kremlin mirip dengan menyatakan perang ekonomi.

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil duta besar Uni Eropa untuk Moskow, Markus Eder, untuk mengajukan pengaduan resmi. Baca lebih banyak

“Kami menuntut pemulihan segera perlintasan normal Kaliningrad. Jika tidak, tindakan pembalasan akan menyusul,” tambahnya.

Seorang juru bicara Uni Eropa mengatakan Eder mendesak Rusia untuk menahan diri dari “langkah-langkah eskalasi dan retorika” tentang situasi tersebut.

“Dia menyampaikan posisi kami tentang agresi Rusia terhadap Ukraina dan memperjelas bahwa Lithuania menerapkan sanksi UE dan tidak ada blokade, dan menuntut agar mereka menahan diri dari langkah-langkah eskalasi dan retorika eskalasi,” kata juru bicara Peter Stano di Brussels.

Moskow menggambarkan tindakannya di Ukraina sebagai “operasi khusus” untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari fasis. Kyiv dan pendukung Baratnya mengatakan ini adalah alasan yang salah untuk melancarkan perang agresi yang tidak dapat dibenarkan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Ditulis oleh Guy Faulconbridge. Diedit oleh Nick McPhee dan Gareth Jones

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.