November 29, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rusia akan mengevakuasi penduduk Kherson saat Ukraina maju

Rusia akan mengevakuasi penduduk Kherson saat Ukraina maju

Kyiv, Ukraina (Associated Press) – Sebagai tanda bahwa keuntungan militer Ukraina yang berkelanjutan dan berkelanjutan di sepanjang front selatan mengkhawatirkan Kremlin, Rusia menjanjikan akomodasi gratis bagi penduduk wilayah Kherson yang sebagian diduduki yang ingin mengungsi ke Rusia.

Wakil Perdana Menteri Rusia Marat Khosnolin membuat pengumuman tak lama setelah pemimpin Kherson yang didukung Rusia, salah satu dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi secara ilegal oleh Moskow bulan lalu, meminta Kremlin untuk mengatur evakuasi dari empat kota di wilayah tersebut.

“Kota-kota di wilayah Kherson – Kherson, Nova Kakhovka, Hula Pristan dan Chornobayvka – berada di bawah serangan rudal setiap hari,” kata Vladimir Saldo dalam sebuah video yang diposting online pada hari Kamis. “Serangan rudal ini menimbulkan kerusakan parah, pertama-tama pada penduduk. Di antara target yang terkena rudal adalah hotel, gedung apartemen, pasar – (tempat) di mana ada banyak warga sipil.”

Saldo mengatakan keputusan telah dibuat untuk mengevakuasi penduduk Kherson ke wilayah Rostov, Krasnodar dan Stavropol Rusia, serta ke Krimea yang dicaplok.

“Saya ingin meminta Anda untuk membantu mengatur proses ini. Kami, penduduk wilayah Kherson, tentu tahu bahwa Rusia tidak meninggalkan negaranya, dan Rusia selalu memberikan bantuan.”

Seruannya datang ketika pasukan Ukraina mendorong serangan balik mereka lebih dalam ke wilayah Kherson selatan, meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat.

Langkah itu dilakukan ketika militer Ukraina terus membuat keuntungan di selatan. Kementerian Reintegrasi Wilayah Pendudukan Sementara mengatakan Kamis malam bahwa angkatan bersenjata Ukraina melaporkan perolehan teritorial yang stabil di sepanjang front selatan, termasuk pemulihan 75 pemukiman di wilayah Kherson bulan lalu.

Di timur, angkatan bersenjata Ukraina merebut kembali 502 pemukiman di wilayah Kharkiv, 43 di wilayah Donetsk dan tujuh di wilayah Luhansk, kata kementerian itu.

READ  Dari medali hingga rambu jalan, orang Rusia mencoba menempelkan cap mereka di Mariupol

Wakil Saldo, Kirill Strimosov, dalam pernyataannya mencoba mengecilkan pengumuman tersebut, dengan mengatakan: “Tidak ada yang menahan … Tidak ada yang berencana meninggalkan Wilayah Kherson.”

Sebelumnya pada hari Kamis, militer Inggris mengatakan di Twitter bahwa “otoritas pendudukan Rusia mungkin telah memerintahkan persiapan untuk evakuasi beberapa warga sipil dari Kherson”.

“Kemungkinan mereka mengharapkan pertempuran meluas ke Kherson sendiri,” kata Kementerian Pertahanan Inggris.

Jumat pagi, Rusia melanjutkan serangan yang ditargetkan pada infrastruktur penting di seluruh Ukraina, sebuah strategi yang dimulai pada hari Senin, ketika serangan besar-besaran dan terkoordinasi di hampir setiap wilayah negara itu dikatakan telah dilakukan sebagai tanggapan atas ledakan di Moskow- jembatan yang dibiayai. Ini menghubungkan Krimea ke daratan Rusia.

Beberapa serangan rudal Rusia mengguncang ibu kota wilayah Zavorizhia semalam saat kota itu terus menjadi titik fokus sementara Ukraina mengintensifkan serangan baliknya di front selatan.

Gubernur wilayah Zaporizhzhya, Oleksandr Starukh, mengatakan bahwa beberapa ledakan dilaporkan terjadi di kota pada malam hari di fasilitas infrastruktur, yang menyebabkan kebakaran. Tidak ada korban dalam laporan awal, dan tidak ada rincian lebih lanjut tentang kerusakan spesifik yang tersedia. Pasukan Rusia telah mengebom ibukota regional dan daerah sekitarnya terus menerus dalam beberapa hari dan minggu terakhir, meningkatkan kekhawatiran tentang keselamatan pembangkit listrik tenaga nuklir di dekatnya.

Sekitar 100 mil dari pembangkit tersebut adalah ibukota regional, yang merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Dua hari sebelumnya, reaktor itu harus beralih kembali ke tenaga generator diesel untuk memelihara sistem pendingin reaktor setelah serangan terhadap jalur komunikasi gardu induk terputus selama pertempuran di daerah tersebut.

Serangan rudal, pesawat tak berawak dan rudal di Ukraina telah membuat negara itu tetap waspada dengan sirene serangan udara yang sering terjadi, menciptakan rasa urgensi yang meningkat setelah 19 orang tewas dan lebih dari 100 terluka, termasuk banyak di ibu kota, Kyiv.

READ  Pertempuran jalanan, pengeboman terus-menerus saat Rusia berusaha menguasai Donbass Ukraina