Januari 28, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rupiah mengungguli mata uang Asia karena data inflasi AS menarik perhatian

BENGALURU (Jan 12): Rupiah Indonesia mencapai level tertinggi tiga bulan pada Kamis (12 Jan), sementara mata uang negara berkembang Asia lainnya beragam, menjelang data inflasi AS yang dapat menentukan jalur pengetatan moneter Federal Reserve AS.

Rupee menguat sebanyak 1,2%, sehari setelah pemerintah negara itu mengatakan akan meninjau peraturan tentang pendapatan ekspor.

Bank Indonesia akan memperkenalkan alat operasi mata uang baru bagi bank komersial lokal untuk memperoleh tabungan mata uang asing eksportir, sehingga lebih menarik bagi deposan untuk menyimpan mata uang asing di dalam negeri.

“Selain meningkatkan ketersediaan valuta asing domestik, arus masuk ini akan mengurangi mata uang dan biaya pinjaman terkait,” tulis Radhika Rao, ekonom senior di TBS Bank, dalam sebuah catatan.

Baht Thailand berbalik arah dan terakhir turun 0,1% karena kepercayaan konsumen naik selama tujuh bulan berturut-turut di bulan Desember, didorong oleh peningkatan aktivitas ekonomi dan lebih banyak kedatangan turis asing.

Peso Filipina melemah 0,6%, sementara saham di Manila naik 1,3%.

Gubernur bank sentral Filipina mengatakan dia yakin suku bunga acuan dapat dipotong pada 2024 dan menandai kemungkinan menurunkan persyaratan cadangan untuk bank pada paruh pertama tahun ini.

Dolar AS stabil menjelang data inflasi yang diawasi ketat di kemudian hari, yang akan menjelaskan seberapa moderat inflasi di ekonomi terbesar dunia dan seberapa besar kenaikan suku bunga bank sentral berada di jalurnya.

“Ekspektasi menunjukkan bahwa sumbu inflasi AS mungkin datang lebih rendah dan inflasi mungkin memuncak, yang dapat mengurangi kenaikan suku bunga bank sentral dan memberikan beberapa dorongan untuk kekuatan mata uang Asia,” kata Chang Wei Liang. Transfer dan Credit Strategist di Bank DBS.

READ  Inverter hijab Indonesia memperdagangkan kehidupan desa untuk kemuliaan logam

Tingkat inflasi konsumen tahunan China meningkat pada bulan Desember, didorong oleh harga pangan yang lebih tinggi, sedangkan tingkat tahunan indeks harga produsen (PPI) turun pada bulan Desember.

“Inflasi indeks harga konsumen utama (berdasarkan tahun-ke-tahun) akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang karena ekonomi pulih setelah ‘gelombang keluar.’

Yuan naik 0,1%, mendekati level tertinggi lima bulan.

Saham di wilayah tersebut beragam. Saham naik sebanyak 1,2% di Jakarta, setelah turun tajam di dua sesi sebelumnya.

Saham di Thailand, Singapura dan India turun antara 0,1% dan 0,5%.

Highlight

  • Bank of Korea akan menaikkan suku bunga seperempat persentase poin lagi pada hari Jumat Reuters pemilihan
  • Data inflasi India dirilis terlambat
  • Yen menguat 0,6% setelah laporan bahwa Bank of Japan akan meninjau efek samping dari pelonggaran moneter pada pertemuan kebijakan minggu depan.