Juni 15, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rouen, Prancis: Polisi menembak dan membunuh seorang penyerang bersenjata yang membakar sebuah sinagoga

Rouen, Prancis: Polisi menembak dan membunuh seorang penyerang bersenjata yang membakar sebuah sinagoga

Olya Solodenko/iStockPhoto/Getty Images

Sinagoga di Rouen, Prancis, tempat seorang penyerang bersenjata ditembak mati.


Paris
CNN

Polisi menembak mati seorang penyerang bersenjata yang mencoba membakar sebuah sinagoga di kota Rouen, Prancis utara, menurut pihak berwenang.

Walikota setempat mengatakan seorang pria mencurigakan memasuki gedung pada Jumat pagi dan melemparkan bom molotov.

Walikota Rouen, Nicolas Meyer-Rosignol, mengatakan kepada wartawan di tempat kejadian bahwa pria tersebut memanjat tempat sampah dan mencapai lantai dua sinagoga, lalu melemparkan proyektil ke gedung tersebut, sehingga menyebabkan kebakaran.

“Dia tadi [quickly] Pasukan keamanan menembak jatuhnya sebelum mencoba menghadapinya. Lalu dia mencoba menyerang aparat keamanan dengan pisau, pisau panjang,” ujarnya seraya menambahkan, kejadian tersebut terjadi saat aparat keamanan melepaskan tembakan dan menewaskan tersangka.

Tidak ada yang terluka dalam upaya serangan itu, menurut Meyer Rossignol. Dia mengatakan polisi tiba dengan sangat cepat, sebagian karena mereka melihat tersangka melalui kamera pengintai.

Meyer Rossignol mengatakan kantor kejaksaan setempat telah membuka dua penyelidikan, satu mengenai pembakaran dan satu lagi mengenai penembakan senjata oleh polisi.

“Sayangnya, kami sudah memperkirakan hal ini,” Shmuel Lubecki, rabi sinagoga tersebut, mengatakan kepada afiliasi CNN, BFMTV, pada Jumat pagi.

“Kita semua mempunyai kecemasan dalam diri kita, namun ketika hal itu benar-benar terjadi, hal itu masih mengejutkan,” tambahnya.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin men-tweet dukungannya terhadap polisi yang melakukan intervensi.

“Pagi ini, petugas polisi di Rouen membunuh orang bersenjata yang jelas-jelas bermaksud membakar sinagoga di kota itu. Saya mengucapkan selamat kepada mereka atas respons dan keberanian mereka,” kata Darmanin.

Pihak berwenang Rouen meningkatkan kehadiran polisi di sinagoga kota tersebut setelah serangan 7 Oktober di Israel.

READ  Bagaimana Estonia ingin menjauh dari propaganda Rusia

Keamanan telah diperketat di lembaga-lembaga Yahudi di seluruh Perancis sebagai tanggapan terhadap ketegangan seputar perang yang sedang berlangsung antara Israel dan Gaza. Bulan lalu, Darmanin mengumumkan langkah-langkah keamanan tambahan di sinagoga dan sekolah Yahudi.

“Menjelang Paskah dan mengingat situasi internasional saat ini, saya telah meminta pejabat lokal untuk secara signifikan memperkuat keamanan di tempat-tempat yang dikunjungi oleh rekan-rekan Yahudi kami, terutama yang berkaitan dengan sinagoga dan sekolah Yahudi,” tulis menteri tersebut di situs X.