April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Revolusi 4G Telkomsel untuk konektivitas maritim – OpenGov Asia

Revolusi 4G Telkomsel untuk konektivitas maritim – OpenGov Asia

Mudik merupakan tradisi mudik ke kampung halaman yang banyak diikuti oleh masyarakat Indonesia, terutama menjelang perayaan Idul Fitri. Tradisi ini melibatkan perpindahan penduduk dalam jumlah besar dari kota besar ke tempat lahir atau kampung halamannya untuk merayakan hari raya bersama keluarga dan kerabat.

Dan acara rambut menunjukkan Pentingnya nilai kekeluargaan dan persatuan dalam budaya Indonesia. Menjadi momen untuk menyambung kembali ikatan sosial dan budaya antar anggota keluarga yang mungkin terpisah oleh jarak karena berbagai alasan seperti pekerjaan atau pendidikan.

Pemerintah Indonesia mengambil langkah-langkah khusus untuk mengakomodasi peningkatan perjalanan pada musim rambut, seperti peningkatan kapasitas angkutan umum, penyediaan layanan kesehatan darurat di jalur rambut, serta pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur jalan.

Tahun ini, sebagai perusahaan pelat merah, operator seluler Telkomsel akan menyediakan jaringan 4G di 14 kapal pesiar. Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia (Belni).

Selama bertahun-tahun, wisatawan India yang ingin melakukan perjalanan melalui laut menghadapi hambatan besar terkait akses internet. Kondisi ini membuat mereka terputus dari dunia luar. Sementara itu, di tengah laut, tidak mungkin mengakses informasi terkini, berkomunikasi dengan keluarga, dan menikmati hiburan.

“Dengan perkembangan terkini ini, kami dapat memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan kami, memastikan mereka tetap terhubung meski di tengah perjalanan laut,” kata Saki Bramono, Deputy Director Corporate Communication and Social Responsibility, Telkomcel.

Selain itu, layanan 4G Telkomsel telah berhasil menjangkau lebih dari 1.100 rute pelayaran di seluruh Indonesia dengan 14 kapal dan 83 pelabuhan. Inovasi tersebut merupakan hasil kolaborasi strategis dengan Telkomsat, anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang layanan internet satelit. Melalui kerja sama ini, Telkomsel dan Telkomsat akan menghadirkan sinyal 4G LTE yang kuat dan stabil di kapal sehingga penumpang dapat tetap terhubung dengan internet selama berlayar.

READ  Inflasi Indonesia naik ke target c.bank di bulan Mei

Telkomsat menggunakan hak pendaratan non-geostationary orbit (NGSO) untuk menjamin jangkauan internet satelit yang luas dan andal. Sakhi mengatakan, inisiatif penyediaan layanan internet 4G di kapal pilihan masyarakat untuk Moody merupakan kali pertama Telkomsel mengimplementasikan teknologi internet satelit. Langkah ini tidak hanya mentransformasikan pengalaman berlayar para pelancong laut, namun juga menandai babak baru dalam upaya Telkomsel mengatasi tantangan konektivitas di Indonesia, khususnya di lokasi sulit seperti tengah laut. .

Untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan pada masa kritis Mudik Lebaran, Telkomsel fokus pada peningkatan dan peningkatan jaringan telekomunikasi serta secara proaktif memperluas dan memperkuat infrastruktur jaringannya. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Telkomsel secara strategis meningkatkan kapasitas jaringan 4G di 70 Base Transceiver Station (BTS) yang ada dan mengambil langkah signifikan dengan membangun 325 BTS 4G baru.

Langkah-langkah ini memastikan bahwa pelanggan memiliki konektivitas yang lancar dan komunikasi berkualitas tinggi di wilayah perkotaan dan di wilayah yang memiliki akses telekomunikasi terbatas.

Telkomcel diperkirakan 15,22% petugas Trafik internet pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2024 dibandingkan hari biasa. Dari total peningkatan trafik internet, operator seluler memperkirakan terjadi peningkatan sebesar 26,25% dari destinasi rambut populer di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Kenaikan tertinggi kedua diperkirakan sebesar 16,99% terjadi di Pulau Sumatera. Peningkatan trafik internet juga diperkirakan terjadi di Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan sebesar 13,11%. Sementara itu, peningkatan trafik internet di wilayah Jakarta, Pokor, Debok, Tangerang, Bekasi, dan Jawa Barat diperkirakan mencapai 4,28%.

Telkomsel telah menyiapkan tim layanan pelanggan yang bekerja tanpa kenal lelah dan siap melayani pelanggan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan ini melalui berbagai saluran, antara lain media sosial, panggilan layanan pelanggan, aplikasi seluler MyTelkomsel, dan Veronica, asisten virtual. Pelanggan juga dapat mengunjungi gerai GraPARI yang tersebar di berbagai lokasi untuk layanan tatap muka.

READ  EAM S Jaisankar, rekan Indonesia fokus di tim G-20

Langkah-langkah ekstensif ini menegaskan komitmen Telkomcel dalam menyediakan layanan telekomunikasi berkualitas tinggi dan andal, terutama di saat-saat kritis seperti Mudik Lebaran, di mana komunikasi yang lancar dan cepat merupakan hal yang sangat penting.

Dengan pengembangan infrastruktur jaringan dan dukungan layanan pelanggan yang kuat, Telkomsel memastikan setiap pelanggan terhubung secara lancar dengan keluarga dan orang-orang tercinta, menjadikan perjalanan rambut mereka aman dan menyenangkan.