Februari 9, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rencana untuk membatasi harga minyak Rusia sebenarnya bisa berhasil

Rencana untuk membatasi harga minyak Rusia sebenarnya bisa berhasil

Penasihat energi senior Biden mengatakan Amerika Serikat masih jauh dari kesepakatan internasional untuk mengenakan batasan harga pada ekspor minyak Rusia, dengan antusiasme yang terbatas dari pembeli energi terbesar dunia, India dan China, sejauh ini.

Tetapi Amos Hochstein, koordinator khusus Presiden Biden untuk urusan energi internasional, mengatakan dia tetap optimis bahwa Rusia pada akhirnya akan terus berproduksi meskipun ada batasan harga, sebagian besar karena “ekonomi mereka tidak memiliki hal lain.”

Kami sudah melihat bukti di pasar bahwa Rusia menjual minyaknya dengan diskon besar. Jadi kami ingin memakainya,” kata Hochstein kepada Yahoo Finance. “Jadi kami tahu mereka bersedia menjualnya dengan harga diskon agar mereka bisa menjualnya, karena terus terang mereka punya uang tunai di bank, itu benar, tapi mereka tidak melakukannya. ‘tidak punya apa-apa lagi.”

Komentar Hochstein muncul setelah Gubernur Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina mengatakan Jumat bahwa Moskow tidak memiliki rencana untuk memasok minyak mentah ke negara-negara yang memilih untuk mengenakan batasan harga pada ekspor mereka. Berbicara kepada wartawan, Nabiullina menambahkan bahwa setiap minyak Rusia akan diarahkan ke negara-negara yang bersedia “bekerja sama” dengan negara tersebut.

Presiden AS Joe Biden berbicara tentang harga gas selama pidato di Ruang Sidang Selatan Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di Gedung Putih di Washington, AS, 22 Juni 2022. REUTERS/Kevin Lamarck

Pemerintahan Biden telah mengusulkan pembatasan harga pada ekspor minyak Rusia untuk membatasi pendapatan minyak Presiden Vladimir Putin, yang menurut Hochstein digunakan secara langsung untuk mendanai perang negara itu melawan Ukraina. Batas tersebut dimaksudkan untuk menjaga harga minyak Rusia tetap rendah, tanpa sepenuhnya memotong pasokan, yang menyebabkan kenaikan harga minyak dunia yang menghancurkan.

READ  Amazon menutup atap surya tahun lalu setelah kebakaran dan ledakan

Tetapi beberapa negara Uni Eropa yang sangat bergantung pada minyak Rusia enggan mengadopsi langkah seperti itu. Hal ini sebagian karena kekhawatiran bahwa Putin akan menolak untuk menjual dengan harga dan memotong pasokan Moskow sama sekali.

“Mencoba Menguasai Mekanisme”

Bulan lalu, negara-negara G7 pada prinsipnya sepakat untuk mengeksplorasi cara-cara untuk melarang “semua layanan yang memungkinkan pengangkutan minyak mentah dan produk minyak Rusia melalui laut secara global, kecuali jika minyak dibeli dengan atau di bawah harga yang disepakati dalam konsultasi dengan mitra internasional.” Hochstein mengatakan AS belum menetapkan rincian kerangka kerja untuk plafon harga global.

“Kami mencoba untuk meningkatkan mekanisme bagaimana itu akan benar-benar terlihat dan bagaimana cara kerjanya. Kami tidak pada tahap di mana kami telah mencapai kesepakatan. Kami pada prinsipnya memiliki kesepakatan dengan ekonomi utama, tetapi bukan kesepakatan yang sebenarnya.”

Minyak mentah Brent, patokan global, telah jatuh secara dramatis sejak melonjak mendekati $140 per barel sejak Rusia melancarkan perangnya terhadap Ukraina awal tahun ini. Minyak berjangka menetap di dekat $103 per barel pada hari Jumat, meskipun itu masih menunjukkan peningkatan lebih dari 30 persen tahun ini.

Harga gas ditampilkan di sebuah pompa bensin di Monterey Park, California, pada 19 Juli 2022. Harga gas AS telah turun dari harga tertinggi dalam sejarah di awal musim panas, penurunan yang disoroti oleh Gedung Putih yang diperangi secara politik sebagai tanda inflasi moderat.  Presiden Joe Biden turun ke Twitter untuk menunjukkan bahwa harga di pompa telah turun selama lebih dari sebulan, menghemat rata-rata pengemudi sekitar $25 per bulan.  Harga bensin sekarang rata-rata nasional $4.495 per galon, turun 10 persen dari bulan lalu tetapi naik 42 persen dari tingkat tahun lalu, menurut American Automobile Association.  (Foto oleh Frederic J. Brown/AFP) (Foto oleh FREDERIC J. BROWN/AFP via Getty Images)

Harga gas ditampilkan di sebuah pompa bensin di Monterey Park, California pada 19 Juli 2022 (Foto oleh Frederic J. Brown/AFP) (Foto oleh FREDERIC J. BROWN/AFP via Getty Images)

Harga minyak mentah AS turun di bawah $95 per barel untuk pertama kalinya sejak April. Mengikuti keputusan negara-negara anggota Uni Eropa Untuk mengubah sanksi untuk memungkinkan perusahaan milik negara Rusia mengirim ke negara ketiga.

Namun, kritik terhadap kebijakan yang diusulkan pemerintah tetap skeptis terhadap kemanjurannya, sebagian karena Washington belum menerima komitmen apa pun dari pembeli terbesar dunia, India dan China, yang tetap waspada untuk mengganggu hubungan lama mereka dengan Moskow.

READ  Tesla memperluas bel lampu lalu lintas hijau - mengurangi kemarahan di jalan

Rencana akan menang

Sejak awal perang, China telah hampir menggandakan impornya dari Rusia menjadi 1 juta barel per hari, sementara impor minyak mentah Rusia dari India telah meningkat 24 kali lipat menjadi 600.000 barel per hari, menurut Grup Eurasia.

Jorge Montepeque, yang dikreditkan dengan memperbaiki rekor harga minyak, ReutersOtorisasi penetapan harga telah dicoba sebelumnya dan gagal.

Amerika Serikat berusaha untuk memperbaiki harga minyak pada tahun 1970-an, Inggris berusaha untuk menstabilkan nilai tukar mata uang asing pada tahun 1980-an, dan Meksiko berusaha untuk menstabilkan harga tortilla. Dan kemudian – booming! Pasar sedang stabil. “Ini buang-buang waktu,” kata Montepeque.

Hochstein yakin bahwa rencana ekonomi akan menang, dengan alasan bahwa “setiap negara ingin membayar harga serendah mungkin”. Dia menambahkan, bahwa pilihan Rusia sangat terbatas, dan kemungkinan akan memaksa Putin untuk datang ke meja perundingan.

“Ekonomi mereka tidak ada yang lain. Mereka memproduksi senjata, mereka memproduksi dan mereka mengeksplorasi minyak dan gas.

Akiko Fujita adalah penyiar dan reporter di Yahoo Finance. Ikuti dia di Twitter penyematan tweet

Klik di sini untuk berita bisnis teknologi terbaru, ulasan, dan artikel bermanfaat tentang teknologi dan gadget

Baca berita keuangan dan bisnis terbaru dari Yahoo Finance

Unduh aplikasi Yahoo Finance untuk apel atau Android

Ikuti Yahoo Finance di TwitterDan FacebookDan InstagramDan Papan flipDan LinkedInDan Youtube