Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Regulator Swiss mengatakan Credit Suisse dapat menghadapi tindakan disipliner

Regulator Swiss mengatakan Credit Suisse dapat menghadapi tindakan disipliner

ZURICH (Reuters) – Pengawas keuangan Swiss FINMA mengatakan sedang mempertimbangkan tindakan disipliner terhadap direktur Credit Suisse (CSGN.S) setelah UBS (UBSG.S) menyelamatkan bank terbesar kedua di Swiss minggu lalu.

Presiden FINMA Marlene Amstad mengatakan kepada surat kabar Swiss NZZ am Sonntag bahwa “masih terbuka” apakah langkah-langkah baru akan dimulai, tetapi fokus utama regulator adalah pada “transisi menuju integrasi” dan “menjaga stabilitas keuangan”.

UBS setuju untuk membeli Credit Suisse seharga 3 miliar franc Swiss ($3,26 miliar) saham seminggu yang lalu dan menanggung kerugian hingga 5 miliar franc dalam merger yang direkayasa oleh otoritas Swiss selama masa gejolak pasar di perbankan global.

Pada hari Minggu, Credit Suisse menolak mengomentari komentar ketua Finma ketika dimintai tanggapan oleh Reuters.

Ditanya apakah FINMA sedang mempertimbangkan untuk meminta pertanggungjawaban direktur Credit Suisse saat ini atas runtuhnya bank terbesar kedua di Swiss, Amstad mengatakan itu “mempelajari opsi”.

“CS memiliki masalah budaya yang diterjemahkan menjadi kurangnya tanggung jawab,” Amistad dikutip oleh NZZ mengatakan, menambahkan, “Banyak kesalahan yang dibuat selama beberapa tahun.”

Amstad mengatakan FINMA telah melakukan enam “tindakan penegakan” publik terhadap Credit Suisse dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami turun tangan dan menggunakan alat kami yang paling kuat,” katanya tentang langkah-langkahnya di masa lalu.

Amstad juga membela keputusan Swiss untuk menghapus CHF16 miliar utang Tier 1 (AT1) tambahan Credit Suisse, menjadi nol sebagai bagian dari merger penyelamatan paksa.

“Sukuk AT1 secara kontrak menyatakan bahwa itu akan dihapuskan secara keseluruhan jika ada acara peluncuran, khususnya pemberian dukungan pemerintah yang luar biasa,” kata Amstad.

“Bond dibuat khusus untuk kasus seperti itu.”

Dalam wawancara terpisah dengan surat kabar Swiss SonntagsZeitung, CEO FINMA Urban Angehrn membela perannya dalam berbisnis dengan Credit Suisse sebelum pengambilalihan.

READ  Ghosn menuntut Nissan sebesar $1 miliar atas keuangan dan reputasi

“Kami terus-menerus melakukan intervensi dalam kasus ini, menggunakan alat kami, dan itu berpengaruh,” katanya. “Kami tidak menjalankan bank, tanggung jawab itu ada di direksi dan manajemen bank,” tambahnya.

Ungern juga mengatakan ada diskusi terbuka tentang perluasan kompetensi FINMA, seperti kemampuannya mengeluarkan denda, yang saat ini tidak dimilikinya meski memiliki “alat tajam”.

“Kami tidak memiliki ‘sistem manajer senior’, yang dapat membantu masalah tanggung jawab manajer, dan FINMA terbatas dalam pelaporan kasus.”

($1 = 0,9199 franc Swiss)

(Laporan oleh Noel Ellen) Disunting oleh Alexander Smith

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.