Juni 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Elon Musk meluncurkan di Twitter dengan penawaran tunai $ 41 miliar

Elon Musk meluncurkan di Twitter dengan penawaran tunai $ 41 miliar

Elon Musk berbicara di World Auto News Conference di Renaissance Center di Detroit, Michigan, 13 Januari 2015. REUTERS/Rebecca Cook/File Photo

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

14 April (Reuters) – Elon Musk telah menawarkan untuk membeli Twitter (TWTR.N) dengan uang tunai sekitar $41 miliar, mengatakan bahwa perusahaan media sosial yang sering dikritiknya harus menjadi pribadi untuk melihat perubahan yang efektif.

Harga $54,20 per saham Musk, diungkapkan dalam pengajuan peraturan pada hari Kamis, mewakili 38% premium untuk penutupan Twitter 1 April, hari perdagangan terakhir sebelum Tesla (TSLA.O) Saham CEO lebih dari 9% di perusahaan telah diumumkan.

Miliarder itu menolak tawaran untuk bergabung dengan dewan Twitter awal pekan ini setelah mengungkapkan sahamnya di perusahaan itu, sebuah langkah yang menurut para analis mengindikasikan niatnya untuk mengambil alih perusahaan karena kursi di dewan akan membatasi kepemilikannya menjadi kurang dari 15%. Baca lebih banyak

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

“Sejak saya melakukan investasi, saya sekarang menyadari bahwa perusahaan tidak akan berkembang dan tidak akan melayani kebutuhan masyarakat ini dalam bentuknya saat ini. Twitter perlu berubah menjadi perusahaan swasta,” kata Musk dalam surat kepada Ketua Twitter Brett Taylor.

Musk, yang menyebut dirinya sebagai kebebasan berekspresi mutlak, telah mengkritik platform media sosial dan kebijakannya, dan baru-baru ini melakukan survei di Twitter yang menanyakan kepada pengguna apakah menurut mereka platform tersebut mematuhi prinsip kebebasan berbicara.

“Penawaran saya adalah penawaran terbaik terakhir saya, dan jika tidak diterima, saya perlu mempertimbangkan kembali posisi saya sebagai pemegang saham,” tambah Musk.

READ  Minyak jatuh karena dolar stabil, dan ekonomi China menolak reli 7 minggu

Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Twitter akan meninjau tawaran Musk dengan saran dari Goldman Sachs & Co., Wilson Soncini Goodrich & Rosati.

Saham perusahaan melonjak 12% dalam perdagangan pra-pasar, sementara saham Tesla turun sekitar 1%. Menurut data Refinitiv, total nilai transaksi dihitung berdasarkan 763,58 juta saham yang beredar.

Musk telah mengumpulkan lebih dari 80 juta pengikut sejak bergabung dengan situs tersebut pada tahun 2009 dan telah menggunakan platform tersebut untuk membuat beberapa pengumuman, termasuk menggoda kesepakatan khusus untuk Tesla yang membuatnya bermasalah dengan regulator.

Dia juga telah digugat oleh mantan pemegang saham Twitter yang mengklaim mereka melewatkan lonjakan harga sahamnya baru-baru ini karena dia menunggu terlalu lama untuk mengungkapkan sahamnya. Baca lebih banyak

Penambahan pengguna Twitter yang kurang dari perkiraan dalam beberapa bulan terakhir telah menimbulkan keraguan pada prospek pertumbuhannya, bahkan ketika mengejar proyek-proyek besar seperti ruang obrolan suara dan buletin untuk mengakhiri resesi yang telah berlangsung lama.

“Akan sulit bagi penawar/konsorsium lain untuk muncul, dan kemungkinan akan memaksa dewan Twitter untuk menerima tawaran ini dan/atau mengoperasikan penjualan Twitter aktif,” Daniel Ives, seorang analis di Wedbush Securities, menulis dalam kliennya. catatan.

“Akan ada sejumlah pertanyaan tentang pembiayaan, regulasi, dan keseimbangan waktu Musk (Tesla dan SpaceX) dalam beberapa hari mendatang, tetapi berdasarkan pengajuan itu, sekarang ada tawaran untuk Twitter atau tidak pernah menerimanya,” kata Ives.

Musk mengatakan Morgan Stanley adalah penasihat keuangan acara tersebut.

“Twitter memiliki potensi luar biasa. Saya akan membukanya,” kata Musk dalam pesannya.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

READ  Penjualan mobil listrik naik tajam meski kekurangan

(Laporan) Disampaikan oleh Shafi Mehta, Uday Sampath dan Greg Rumiliotis; Diedit oleh Anil de Silva

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.