Oktober 7, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Rayfield Wright, Hall of Famer, dan legenda Dallas Cowboys, telah meninggal pada usia 76 tahun

Rayfield Wright, Hall of Famer, dan legenda Dallas Cowboys, telah meninggal pada usia 76 tahun

Rayfield Wright, penyerang Football Hall of Fame profesional yang dijuluki “Kucing Besar” yang pergi ke lima Super Bowl dalam 13 musimnya di NFL bersama Dallas Cowboys, meninggal Kamis. Dia berusia 76 tahun.

Keluarga Wright mengkonfirmasi kematiannya Kamis ke Professional Football Hall of Fame, yang mengatakan Wright dibawa ke rumah sakit selama beberapa hari setelah menderita kejang parah. Cowboys juga mengkonfirmasi kematian itu.

“Rayfield Wright adalah contoh dari apa yang diperlukan untuk menjadi Hall of Fame,” kata manajer umum dan pemilik Cowboys Jerry Jones dalam sebuah pernyataan. “Keberanian, kelincahan, semangat, karisma, dan kecintaannya pada sepak bola, komunitas, dan keluarganya selalu bersinar. ‘Kucing Besar’ yang asli membantu membentuk masa depan Dallas Cowboys melalui 13 tahun karirnya yang termasyhur. Rayfield adalah pahlawan di dan di luar lapangan. Dia tetap menjadi bagian penting dari keluarga Cowboys untuk waktu yang lama. Setelah hari-harinya bermain berakhir, dia akan sangat dirindukan. Cinta dan dukungan kami untuk istrinya, Dee, dan seluruh keluarga Wright.”

Seorang pemain besar di zamannya dengan tinggi 6-kaki-6 dan lebih dari 250 pon, Wright sudah menjadi cadangan yang ketat selama beberapa musim ketika pelatih Tom Landry bertanya kepadanya tentang gangguan bermain. Wright yang terkejut mengatakan bahwa dia tidak pernah ikut campur dalam hidupnya, tetapi Landry mengatakan kepadanya bahwa dia akan melakukan sesuatu yang baik.

Wright melakukan tekel pertamanya pada pertandingan 1969 melawan Deacon Jones, pengumpan paling dominan di era itu. Wright bertahan dan menempati tempatnya sebagai starter penuh waktu dalam tekel yang tepat pada tahun 1970, ketika Dallas membuat Super Bowl pertamanya. The Cowboys kemudian memenangkan gelar Super Bowl pertama mereka pada tahun 1971, dan Wright adalah yang pertama dari enam musim berturut-turut. Dia sudah menjadi profesional tiga kali.

READ  Antoine Davis dari Detroit Mercy, pencetak gol terbanyak ke-22 dalam sejarah bola basket perguruan tinggi, untuk memasuki portal transfer

“Dia yang terbaik yang pernah ada,” kata quarterback Hall of Fame Roger Staubach di depan Wright’s Hall pada tahun 2006. Rayfield adalah pria besar dan kuat yang mampu mentransfer ukuran dan kekuatannya dari ujung sempit ke intervensi. Dia asalkan dia mampu menangani beberapa akhir defensif yang lebih cepat dan bahkan detak jantung full-back. Jika dia dipukul, saya tidak mengingatnya. “

Julukannya adalah “Kucing Besar” karena kecerdasannya yang ekstrem dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Dallas memenangkan Super Bowl lain pada tahun 1977, tetapi Wright hanya memainkan dua pertandingan musim itu karena operasi lutut. Dia bermain di 95 dari 98 pertandingan musim reguler tim, dimulai dengan 94 di antaranya, dalam tujuh musim sebelumnya.

Setelah Wright memulai hanya 16 dari 31 pertandingan pada tahun 1978 dan 1979, ia dibebaskan oleh Cowboys pada musim semi berikutnya. Dia menandatangani kontrak dengan saingan NFC East Philadelphia, tetapi secara resmi pensiun karena cedera terus-menerus di awal kamp pelatihan tanpa bermain game dengan Eagles.

Wright didiagnosis menderita demensia pada tahap awal pada 2012, tetapi telah lama berjuang dengan kejang sejak pensiun. Diyakini bahwa itu adalah efek pukulan terus-menerus di kepala saat bermain sepak bola. Dia sudah lama bersembunyi karena sakit kepala, pusing, dan, kadang-kadang, lekas marah dan pelupa yang tidak dapat dijelaskan.

Dalam sebuah wawancara tahun 2014 dengan The New York Times, Wright mengatakan dia mengalami begitu banyak gegar otak selama karir NFL-nya sehingga dia bahkan tidak bisa menghitungnya.

Ketika dia akhirnya bergabung dengan Hall of Fame lebih dari seperempat abad setelah pertandingan terakhirnya, Wright diperkenalkan di Canton, Ohio, oleh pelatih sepak bola Fort Valley State, Stan Lomax.

READ  Ujung sempit mantan koboi Gavin Escobar, pemanjat tebing lain ditemukan tewas di California, kata para pejabat

Wright tidak masuk tim sepak bola sekolah menengah selama tiga tahun di Griffin, Georgia, sebelum pergi ke Fort Valley State di negara bagian asalnya untuk bermain basket. Musim panas berikutnya, Lomax memaksanya untuk berhenti dari pekerjaan musim panasnya di sebuah pabrik untuk bersiap bergabung dengan tim sepak bola.

Coba Lomax Wright dengan keamanan gratis, lalu gunakan sebagai penjudi, akhir defensif, dan penyelesaian lapangan. Pelatih juga menjadi sosok ayah bagi Wright, yang dipilih oleh Cowboys di babak ketujuh NFL Draft 1967.

Wright masih lebih suka bola basket, meskipun dia menolak tawaran setelah musim juniornya untuk menandatangani kontrak dengan Cincinnati Royals dari NBA, waralaba yang sekarang menjadi Sacramento Kings, sehingga dia bisa menyelesaikan sekolah.

Matanya masih tertuju pada NBA ketika manajer urusan pemain Cowboys Gil Brandt menelepon dan mengatakan bahwa tim tertarik untuk merekrutnya.

“Saya menyadari bahwa bisa bermain dengan Cowboys, adalah kesempatan yang diberikan Tuhan, dan saya tidak bisa mengabaikannya. Saya memutuskan untuk menghadiri kamp pelatihan Cowboys yang pada bulan Juli. Royals tidak mulai sampai Agustus, “Wright katanya dalam pidato Hall of Fame-nya. “Saya kira jika saya tidak memasukkan Cowboys, saya bisa langsung ke NBA.”

Wright mengatakan Brandt “menandatangani semua orang yang bisa berjalan” dan bahwa dia termasuk di antara 137 pemula di kamp pelatihan Cowboys pada tahun 1967. Dia adalah salah satu dari lima yang membentuk tim.

Wright melakukan tekel cadangan untuk dua bulan pertama musim 1969, kemudian melepas awalnya ketika Ralph Neely cedera. Start pertamanya datang ketika dia bermain melawan Dallas, 8-1, dalam pertandingan 9-0 Los Angeles Rams dengan pertahanan empat arahnya yang mengintimidasi.

READ  Petinggi New York Jets mengurangi pujian yang tidak biasa untuk kelas perekrutan NFL

“Kami naik ke garis scrimmage dan saya menatap tepat ke mata Deacon Jones, matanya tampak merah seperti api, menendang kaki belakangnya seperti banteng,” kenang Wright kemudian. “Aku berkata pada diriku sendiri, Ya Tuhan, apa yang telah aku buat sendiri?”

Bahkan sebelum bola dipotong, Jones berteriak, “Wah, apakah ibumu tahu kamu di sini?” Wright sangat terkejut sehingga Jones menabraknya.

“Saya berguling, saya melihat ke pinggir lapangan dan berpikir bahwa pelatih Landry akan mengeluarkan saya dari permainan,” kata Wright. Saat itu Deacon Jones mengulurkan tangan besarnya dan berkata, ‘Hei pemula, selamat datang di NFL.’ …Saya berkata, ‘Nah, Tuan Jones, Anda tidak mengenal ibu saya, jadi jangan membicarakannya. Anda ingin memainkan permainan dengan cara ini, dan kami akan memainkannya.”

Rams menang 24-23, tapi Wright mendapat bola bermain untuk pekerjaan yang berakhir melawan Jones. Duel mereka selama bertahun-tahun telah berjalan jauh untuk membangun reputasi Wright.

Dallas tidak memiliki rekor kekalahan dalam 13 musim Wright, periode yang mencakup delapan pertandingan Kejuaraan NFC dan lima penampilan Super Bowl. Dia adalah bagian dari tim NFL sepanjang dekade di tahun 1970-an.

Informasi dari Associated Press digunakan dalam laporan ini.