Juli 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Raja Charles menunjuk Keir Starmer sebagai Perdana Menteri Inggris setelah Rishi Sunak meminta maaf

Raja Charles menunjuk Keir Starmer sebagai Perdana Menteri Inggris setelah Rishi Sunak meminta maaf

Rakyat Inggris menyampaikan pesan yang jelas dan menghancurkan kepada Perdana Menteri Rishi Sunak dalam pemilihan umum hari Kamis, mengakhiri 14 tahun kekuasaan Konservatif dengan hasil pemilu terburuk partai tersebut dalam 200 tahun sejarahnya. Ketika tingkat kekalahan telaknya terhadap pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menjadi jelas, Sunak memulai kepergiannya pada hari Jumat dengan permintaan maaf.

“Saya akan segera bertemu Yang Mulia Raja untuk mengajukan pengunduran diri saya sebagai Perdana Menteri,” kata Sunak di luar kediaman Downing Street di 10 Downing Street pada hari Jumat sebelum menuju ke Istana Buckingham untuk pertemuan pribadi dengan Raja Charles III. Dia melanjutkan: “Saya pertama-tama ingin mengatakan kepada negara ini: Saya minta maaf. Saya telah melakukan yang terbaik dalam pekerjaan ini, tetapi Anda telah mengirimkan sinyal yang jelas bahwa pemerintah Inggris harus berubah, dan bahwa penilaian Anda adalah satu-satunya. penilaian yang penting. Saya telah mendengar kemarahan dan kekecewaan Anda, “Saya bertanggung jawab atas kerugian ini.”

Setelah menghitung sebagian besar daerah pemilihan, Partai Buruh diperkirakan akan memenangkan kekuasaan dengan setidaknya 412 kursi di House of Commons yang memiliki 650 kursi. Namun dalam kondisi seperti ini, Inggris menghadapi serangkaian birokrasi yang harus dilalui sebelum Perdana Menteri baru resmi menjabat.

Secara teknis, raja mempunyai keputusan akhir dalam memutuskan siapa yang menjadi Perdana Menteri pemerintah Inggris – yang secara resmi disebut “Pemerintahan Yang Mulia” – meskipun persetujuannya atas posisi tersebut sebagian besar bersifat seremonial di bawah monarki konstitusional Inggris. Namun, perjalanan Perdana Menteri keluar dan masuk ke istana banyak diliput oleh media Inggris, dengan helikopter TV mengikuti mobil mereka dalam perjalanan ke gerbang istana untuk menyerahkan kekuasaan dalam proses yang sangat simbolis.

READ  Kekuatan besar? Mengapa Tiongkok enggan terlibat dalam krisis Laut Merah dan bergabung dengan serangan pimpinan AS terhadap Houthi?

Jumat adalah pertama kalinya Charles mengukuhkan perdana menteri baru setelah pemilihan umum. Namun, Starmer akan menjadi perdana menteri ketiga Charles sejak pemerintahan raja dimulai kurang dari dua tahun lalu. Liz Truss adalah yang pertama – seorang pemimpin Konservatif yang sangat tidak kompeten dan hanya menjabat kurang dari dua bulan setelah memicu krisis ekonomi. Truss, yang ditunjuk sebagai perdana menteri oleh Ratu Elizabeth II dua hari sebelum kematian ratu, kehilangan kursi parlemennya dalam pemilu hari Kamis – mantan perdana menteri pertama yang mengalami hal serupa dalam hampir 90 tahun.

Tapi hari ini, penghinaan ada pada Sunak. Tak lama setelah meninggalkan istana, Starmer mengadakan audiensi pribadi dengan Charles dalam upacara yang dikenal sebagai “ciuman tangan”. Diragukan apakah ada tangan yang benar-benar dicium selama wawancara tertutup tersebut, namun foto tersebut menunjukkan Ratu dan Perdana Menteri baru berdampingan, menegaskan status Starmer. Perdana Menteri baru Starmer kemudian melakukan perjalanan ke Downing Street.

Ini adalah saat pertama Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengakui kekalahannya, saat ia memenangkan kursinya di Parlemen. Kandidat independen Niko Omelana telah menyiapkan tanda “L” untuk acara tersebut.

Timilade Adelaja

Setelah menyapa kerumunan pendukung yang mengibarkan bendera di luar Gedung Pemerintah, Starmer menyampaikan pidato pertamanya sebagai perdana menteri di luar pintu hitam yang terkenal di rumah barunya. Dia berkata: “Saya baru saja kembali dari Istana Buckingham, di mana saya menerima undangan dari Yang Mulia Raja untuk membentuk pemerintahan berikutnya di negara besar ini.”

Starmer menggunakan pidatonya untuk memuji Sunak atas “prestasinya sebagai perdana menteri pertama Inggris keturunan Asia” sebelum mengatakan “kelelahan” telah terjadi di jantung bangsa. “Luka ini, kurangnya kepercayaan, hanya bisa disembuhkan dengan tindakan, bukan kata-kata,” kata Starmer. Dia kemudian menambahkan: “Saya menyerukan kepada Anda semua untuk bergabung dengan pemerintah yang melayani ini dalam misi pembaruan nasional,” kata Starmer. “Pekerjaan kami sangat mendesak, dan kami memulainya hari ini.”

READ  Mempelajari perang Ukraina, pikiran militer China mengkhawatirkan rudal Amerika, Starlink

Selain mobilnya sebagai Perdana Menteri, Starmer juga akan menerima kunci flat yang menjadi rumah Sunak selama dua tahun terakhir. Telah di laporkan Ratusan orang berkumpul di luar Nomor 10 pada hari Jumat pagi, di mana harta benda Tory akan dipindahkan agar penerusnya dari Partai Buruh dapat segera pindah, sebuah proses yang cepat dan brutal yang menjadi ciri kecepatan menakjubkan Inggris dalam mengganti penguasanya.

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer bereaksi, di Downing Street No. 10, setelah hasil pemilu.

Inggris-Pemilu/

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer bereaksi, di Downing Street No. 10, setelah hasil pemilu.

Kevin Combs/Reuters

Kini kaum konservatif dapat memulai pencarian yang menyakitkan tentang bagaimana mereka sampai pada titik ini. Meskipun Partai Buruh meraih kemenangan telak hampir sama besarnya dengan kemenangan besar Tony Blair pada tahun 1997, hasil-hasilnya menunjukkan bahwa masyarakat Inggris menjadi lebih bersemangat untuk menyingkirkan Partai Konservatif daripada mengangkat Partai Buruh, khususnya. Partai Konservatif mengalami penurunan dukungan sebesar 20 poin sejak pemilu terakhir pada tahun 2019 – dengan Partai Buruh menikmati sedikit peningkatan dukungan.

Sebaliknya, kemenangan Partai Buruh tampaknya didorong oleh meningkatnya dukungan terhadap Partai Reformasi sayap kanan Nigel Farage, yang telah mengikis perolehan suara Konservatif di seluruh Inggris (Donald Trump telah secara terbuka menyatakan bahwa dia akan memenangkan pemilu). Di Sini Tujuan ini juga terbantu oleh runtuhnya dukungan terhadap Partai Nasional Skotlandia yang dilanda skandal di Skotlandia, serta melonjaknya dukungan terhadap Partai Demokrat Liberal yang berhaluan tengah, yang tampaknya siap untuk memperoleh jumlah kursi tertinggi dalam lebih dari satu abad. .

Posisi Partai Buruh juga diperkuat dengan buruknya kampanye Sunak. Ini dimulai dengan buruk, menjadi basah ketika dia mengumumkan pemilu di tengah hujan lebat tanpa payung, dan terus menjadi lebih buruk dari sana. Sunak terpaksa meminta maaf bulan lalu setelah meninggalkan acara peringatan D-Day lebih awal untuk syuting wawancara TV, bahkan ketika dia mendapati dirinya berurusan dengan skandal baru mengenai taruhan pemilu hanya beberapa hari sebelum pemungutan suara nasional.

READ  Penindasan Putin menjadi bumerang saat Finlandia dan Swedia semakin dekat untuk bergabung dengan NATO

Sunak juga menegaskan dalam pidatonya pada hari Jumat bahwa ia juga akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin Konservatif. Dia berkata: “Tidak segera. Tapi segera setelah pengaturan formal dibuat untuk memilih pengganti saya.” Istri Sunak, Akshata Murty – putri seorang pria yang ikut mendirikan perusahaan teknologi yang kini bernilai $81 miliar – berdiri dengan setia di belakang suaminya saat dia menyampaikan pidato singkat tentang masa jabatannya sebagai perdana menteri. Dia membawa payung, jika terjadi keadaan darurat.

Perdana Menteri Inggris yang akan keluar, Rishi Sunak, memegang tangan istrinya Akshata Murty saat mereka meninggalkan kediaman Downing Street.

Berakhirnya kekuasaan Perdana Menteri Inggris secara cepat dan brutal terlihat jelas pada hari Jumat ketika Rishi Sunak dan istrinya Akshata Murty meninggalkan kediaman resminya bergandengan tangan.

Toby Melville/Reuters

Serangan Tory juga mengakibatkan delapan menteri kehilangan kursi mereka, termasuk pemimpin DPR Penny Mordaunt dan Grant Shapps, Menteri Pertahanan. Jeremy Hunt, menteri keuangan, berhasil mempertahankan kursinya dengan kurang dari 900 suara. Tapi Hunt dan keluarganya –Dan anjing merekaKeberangkatan dimulai dari Downing Street pada Jumat pagi, berangkat dari Terminal 11 untuk terakhir kalinya pada pagi London yang hujan lagi.

“Kita bisa melihat ke depan lagi, dan berjalan menuju pagi hari,” kata Starmer dalam pidatonya setelah kemenangan bersejarahnya dikonfirmasi pada dini hari tadi. “Cahaya harapan – awalnya memudar – semakin kuat seiring berjalannya waktu , sekali lagi menyinari negara yang memiliki… “Kesempatan, setelah 14 tahun, untuk mendapatkan kembali masa depannya.”