Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Putin mengumumkan darurat militer di Ukraina yang dianeksasi saat warga sipil mulai dievakuasi

Putin mengumumkan darurat militer di Ukraina yang dianeksasi saat warga sipil mulai dievakuasi

diatribusikan padanya…Alexander Ermoshenko/Reuters

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan darurat militer pada hari Rabu di empat wilayah Ukraina yang dicaplok secara ilegal oleh Moskow tetapi tidak sepenuhnya dikendalikan, sebuah langkah yang akan memungkinkan pihak berwenang pro-Rusia untuk memberlakukan pembatasan yang lebih ketat saat Moskow berjuang. Kemajuan militer Ukraina.

Secara terpisah, Putin mengatakan dia memberi lebih banyak kekuatan kepada penguasa regional di Rusia, menerapkan langkah-langkah masa perang yang akan memungkinkan lebih banyak pembatasan, yang tampaknya bertujuan untuk mengendalikan oposisi di dalam negeri.

Sebuah keputusan presiden telah menyatakan darurat militer di wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhya – yang pencaplokannya oleh Rusia bulan lalu dikutuk secara internasional sebagai ilegal. Rusia mengalami kemunduran selama berminggu-minggu di medan perang, dan proksinya di wilayah Kherson selatan mulai memukimkan kembali warga sipil di Harapan yang jelas dari pertarungan besar untuk ibu kota daerah.

Moskow memerintahkan penduduk daerah yang tinggal di sebelah barat Sungai Dnipro untuk mengungsi sebelum kemungkinan serangan balik Ukraina, sebuah langkah oleh Kyiv. menolak Seperti menakutkan. Tepat sebelum pidato Putin, video yang diedarkan ke media Rusia menunjukkan antrian warga sipil yang tampaknya naik feri di pelabuhan sungai untuk evakuasi.

“Saya telah menandatangani dekrit tentang penerapan darurat militer di empat entitas konstituen Federasi Rusia ini,” kata Putin di awal pertemuan Dewan Keamanan melalui tautan video, merujuk pada empat wilayah Ukraina yang dideklarasikan secara sepihak oleh Kremlin. . menjadi bagian dari Rusia. Selain itu, dalam situasi saat ini, saya menganggap perlu untuk memberikan kekuatan tambahan kepada komandan semua wilayah Rusia.

READ  Perang terakhir antara Ukraina dan Rusia: Apa yang kita ketahui pada hari invasi 201 | Rusia

Dalam beberapa jam setelah dekrit dikeluarkan, Dewan Federasi, majelis tinggi Parlemen, menyetujuinya dengan suara bulat.

Pada akhir bulan lalu, tentara Rusia menguasai sebagian besar wilayah Luhansk dan Kherson dan sekitar setengah dari wilayah Zaporizhzhya dan Donetsk. Darurat militer di empat wilayah yang dicaplok akan memungkinkan pihak berwenang untuk memberlakukan jam malam, menyita properti, memenjarakan imigran ilegal, membuat pos pemeriksaan, menahan orang hingga 30 hari, dan secara paksa memukimkan kembali penduduk di daerah lain.

Presiden juga memerintahkan pembentukan Pasukan Pertahanan Regional, sejenis milisi sipil, di empat wilayah yang dicaplok, meningkatkan kemungkinan bahwa pasukan Moskow akan mencoba merekrut orang Ukraina untuk melawan pasukan negara mereka, sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk memobilisasi ratusan orang. ini. Ribuan pejuang baru dan pasukannya menderita kerugian besar.

Putin bergulat dengan kemarahan yang meningkat di dalam negeri atas penarikan kembali sekitar 300.000 tentara cadangan untuk berperang dalam perang. protes telah meletus Di kota-kota terpencil, pusat perekrutan menjadi sasaran pembakaran dan ribuan pria berusia wajib militer Pesawat dan kendaraan yang dikemas melarikan diri melintasi perbatasan Rusia.

Beberapa analis mengatakan pemimpin Rusia terpaksa memberi tahu bangsanya bahwa mungkin ada lebih banyak rasa sakit di depan.

“Putin harus mempersiapkan negara untuk masa-masa yang jauh lebih sulit, dan dia perlu memobilisasi sumber daya,” Tatiana Stanovaya, seorang analis politik Rusia, mengatakan dalam sebuah wawancara telepon.

Analis mengatakan luar biasa bahwa Putin mengumumkan darurat militer, karena ia terus menghindari menyebut invasi ke Ukraina sebagai “perang” dan malah menggunakan istilah “operasi militer khusus”.

“Ketika Anda menyebutnya perang, itu berarti operasi militer Anda sendiri gagal,” kata Stanovaya.

READ  Tantrum oleh seorang musafir: Seorang wanita ditampilkan dalam video menyerang agen check-in maskapai di Bandara Mexico City

Abbas Galiamov, mantan penulis pidato Kremlin yang menjadi penasihat politik, mengatakan keputusan untuk mengumumkan darurat militer di Ukraina yang diduduki dan memberlakukan pembatasan lain di Rusia tampaknya lebih fokus pada menekan perbedaan pendapat domestik daripada meningkatkan upaya perang yang gagal.

“Secara umum, semua ini kurang terlihat seperti perjuangan dengan musuh eksternal, melainkan sebagai upaya untuk mencegah revolusi yang matang di dalam negeri,” tulis Galiamov di Telegram.

Dekrit terpisah memungkinkan langkah-langkah yang jauh lebih ketat untuk diperkenalkan di 26 wilayah di seluruh Rusia, yang paling dekat dengan Ukraina, termasuk Moskow, untuk memperketat kontrol atas fasilitas infrastruktur penting, transportasi umum, dan komunikasi. Menurut Putin, para pemimpin kawasan akan diberikan kekuatan tambahan untuk “memastikan keamanan”.

Seperti banyak undang-undang Rusia, ada ketentuan terbuka yang memungkinkan interpretasi luas dan penguasa regional dapat memilih apa yang akan mereka terapkan. Misalnya, undang-undang mengizinkan penangguhan kegiatan partai politik, organisasi publik dan kelompok agama, atau kegiatan apa pun yang dianggap merusak pertahanan dan keamanan Federasi Rusia. Hal ini juga memungkinkan gubernur untuk menempatkan pembatasan masuk dan keluar dari daerah mereka.

Berkontribusi pada pelaporan Oleg MatsnevDan Valeria SafronovaDan Ivan Nikiburnko Dan Neil MacFarquhar.