Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Mantan Presiden China Hu Jintao dikawal keluar dari Konferensi Partai

Mantan Presiden China Hu Jintao dikawal keluar dari Konferensi Partai

BEIJING (Reuters) – Mantan Presiden China Hu Jintao tiba-tiba dikawal di luar upacara penutupan kongres Partai Komunis yang berkuasa pada Sabtu.

Hu, 79, pendahulu langsung Xi Jinping, duduk di sebelah kiri Xi. Seorang saksi Reuters di konferensi itu mengatakan dia dibawa oleh dua pembawa acara dari panggung aula utama Aula Besar Rakyat di Beijing.

Rekaman video yang dirilis oleh AFP menunjukkan tuan rumah berulang kali mencoba mengangkat Hu dari tempat duduknya, membuat khawatir para pejabat yang duduk di dekatnya. Kemudian dia meletakkan tangannya di arsip Shi, lalu Shi meletakkan tangannya di arsip itu.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Legislator top China Li Zhanshu, yang duduk di sebelah kanan Huo, memberikan arsip mantan presiden itu kepada seorang tuan rumah, menyeka kepalanya dengan kain setelah dia akhirnya berdiri.

Hu Jintao tampak sedih saat dia menolak pergi saat tuan rumah mengantarnya keluar dan kembali ke tempat duduknya pada satu titik. Dalam perjalanan keluar, dia bertukar kata dengan Xi dan menepuk pundak Perdana Menteri Li Keqiang, yang duduk di sebelah kanan Xi.

Sebuah video dari insiden tersebut, yang sangat tidak biasa mengingat manajemen yang cermat dari sebagian besar peristiwa semacam itu, dibagikan secara luas di Twitter tetapi tidak ditemukan di platform media sosial China yang sangat disensor.

Liputan media resmi dari upacara tersebut tidak termasuk adegan yang terjadi saat para wartawan memasuki aula.

Dia tampak sedikit gelisah hari Minggu lalu ketika dia dibantu di panggung yang sama untuk menghadiri upacara pembukaan konferensi.

Kongres, yang diadakan setiap lima tahun sekali, diakhiri dengan amandemen konstitusi Partai, memperkuat posisi utama Xi dan peran pemandu pemikiran politiknya di dalam Partai.

READ  Pembaruan Langsung Covid: Sembunyikan otorisasi, buka kembali berita, dan banyak lagi

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Eduardo Baptista dan Ryan Wu) Penyuntingan oleh Robert Purcell, Lincoln Fest dan William Mallard

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.