Juli 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Dermaga Amerika yang dibangun di Gaza telah runtuh

Dermaga Amerika yang dibangun di Gaza telah runtuh

Teknologi Maxar 2024

Citra satelit Maxar Technologies yang diambil Selasa sore, kanan, menunjukkan sebagian besar dermaga apung hilang. Citra satelit yang diambil pada tanggal 18 Mei, juga dari Maxar Technologies, menunjukkan, di sebelah kiri, seperti apa seharusnya dermaga tersebut.



CNN

itu Dermaga sementara yang dibuat oleh Angkatan Darat AS Operasi pengangkutan bantuan ke Gaza gagal dan rusak akibat gelombang laut yang ganas pada hari Selasa, kata Pentagon, ini merupakan pukulan besar terhadap upaya pimpinan AS untuk membangun koridor laut untuk pasokan kemanusiaan ke wilayah kantong yang dilanda perang tersebut.

Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh mengatakan pada hari Selasa bahwa dermaga tersebut “mengalami kerusakan dan beberapa bagiannya perlu dibangun kembali dan diperbaiki.” Singh mengatakan dermaga itu akan dipindahkan dari lokasinya di pantai Gaza dalam waktu 48 jam ke depan dan diangkut ke pelabuhan Ashdod di Israel, tempat Komando Pusat AS akan melakukan perbaikan. Perbaikan akan memakan waktu lebih dari seminggu, sehingga semakin menunda upaya untuk menjadikan jalur laut beroperasi penuh.

Sebelumnya, empat pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa dermaga tersebut runtuh akibat gelombang kuat.

Para pejabat mengatakan sebagian dari dermaga, yang terdiri dari jembatan sempit untuk mengangkut bantuan ke Gaza dan area parkir yang lebih luas untuk menurunkan pasokan yang diangkut dengan kapal, terputus pada hari Minggu. Area parkir harus disambungkan kembali ke jembatan sebelum dermaga dapat digunakan kembali.

Menyakiti, Pertama kali dilaporkan oleh NBC NewsHal ini terjadi tiga hari setelah gelombang besar memaksa dua kapal kecil Angkatan Darat AS mendarat di Israel, menurut Komando Pusat AS, sementara dua kapal lainnya melepaskan diri dari tambatannya dan berlabuh di dekat dermaga.

READ  Para menteri pertahanan AS dan China berdiri teguh di Taiwan dalam pertemuan pertama

“Saya pikir sebagian besar tentara kami dapat tetap berada di kapal dan saat ini berada di sana,” kata Singh dalam konferensi pers Pentagon pada hari Selasa. “Dan… dalam 24 atau 48 jam ke depan, Angkatan Laut Israel akan membantu mendorong kapal-kapal itu kembali, dan mudah-mudahan kapal-kapal itu akan beroperasi penuh pada saat itu.”

Teknologi Maxar

Citra satelit Maxar Technologies, yang diambil Selasa sore, menunjukkan sebagian besar dermaga apung hilang.

Dermaga senilai $320 juta ini baru mulai beroperasi pada tanggal 17 Mei ketika gelombang besar memaksa pengiriman laut terhenti satu minggu kemudian pada tanggal 24 Mei, dua hari sebelum sebagian dermaga terputus. Tidak jelas kapan pengiriman akan dilanjutkan.

Dermaga sementara yang diberi nama Joint Logistics Overshore (JLOTS) ini membutuhkan kondisi laut yang sangat baik untuk pengoperasiannya. CNN sebelumnya melaporkan bahwa JLOTS hanya dapat dioperasikan dengan aman dalam gelombang maksimum 3 kaki dan kecepatan angin kurang dari sekitar 15 mph.

Kondisi laut yang buruk menunda penempatan dermaga selama beberapa minggu, dan sistem tersebut berlabuh di pelabuhan Ashdod di Israel menunggu kondisi yang menguntungkan.

Amerika Serikat menekankan bahwa dermaga sementara tersebut hanya bertujuan untuk meningkatkan pengiriman kemanusiaan yang melewati perlintasan darat antara Israel dan Gaza.

Wakil Laksamana Brad Cooper, wakil komandan Komando Pusat AS, mengatakan pada hari Kamis bahwa 820 metrik ton bantuan telah dikirim melalui dermaga ke pantai Gaza, tempat PBB bertanggung jawab untuk mendistribusikannya kepada penduduk Palestina. Pentagon mengatakan pada hari Kamis bahwa lebih dari 1.000 metrik ton bantuan telah dikirimkan sebelum dermaga sementara harus menghentikan operasinya.

Ada “ribuan ton” bantuan yang menunggu di Siprus untuk disalurkan melalui jalur laut, kata Daniel Dyckhaus, direktur Tim Manajemen Respons Levant USAID, kepada wartawan pada hari Kamis. Namun pengiriman tersebut kini dihentikan sementara karena dermaga sementara tidak beroperasi.

READ  Zebra yang lepas memberi kesempatan kepada penjaga kebun binatang untuk berkeliaran di Seoul

Paul Murphy dari CNN berkontribusi dalam pelaporan.

Cerita ini telah diperbarui dengan detail tambahan.

revisi: Cerita ini telah diperbarui untuk mencerminkan pembongkaran dermaga pada hari Selasa.