November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pusat Penelitian Militer: Rusia menarik perwiranya dari Kherson

Pusat Penelitian Militer: Rusia menarik perwiranya dari Kherson

Kyiv, Ukraina (AFP) – Komando militer Rusia telah menarik perwiranya di kota Kherson yang dicaplok Rusia di seberang Sungai Dnieper untuk mengantisipasi kemajuan pasukan Ukraina, Institute for the Studies of War, sebuah think tank, mengatakan Minggu.

Dia menambahkan bahwa untuk menunda serangan balik Ukraina ketika Rusia menyelesaikan penarikan mereka, Moskow meninggalkan pasukan yang baru dimobilisasi dan tidak berpengalaman di sisi lain sungai yang lebar.

Pergerakan pasukan terjadi pada saat tentara Ukraina mengatakan bahwa pasukannya melanjutkan serangan balik mereka di wilayah Kherson dan Zaporizhzhya.

Pada hari Sabtu, pihak berwenang Rusia di Ukraina meminta semua penduduk Kherson untuk segera pergi sebelum tindakan yang diharapkan oleh pasukan Ukraina untuk merebut kembali kota tersebut. Lebih dari 20.000 warga sipil telah dievakuasi ke tepi kiri Sungai Dnieper, kata Kirill Strimosov, wakil kepala pemerintahan regional yang didukung Rusia di Kherson, Minggu.

Dia mengatakan bahwa sementara pasukan Ukraina mencoba untuk meluncurkan serangan mereka di Tepi Kanan, garis pertahanan Rusia diperkuat dan situasi tetap stabil.

Kherson berada di tangan Rusia sejak awal perang delapan bulan di Ukraina. Kota ini adalah ibu kota wilayah dengan nama yang sama, salah satu dari empat wilayah yang dicaplok secara ilegal oleh Presiden Rusia Vladimir Putin bulan lalu dan dibawa di bawah darurat militer Rusia pada hari Kamis.

Pada hari Jumat, pasukan Ukraina membom posisi Rusia di seluruh provinsi, menargetkan rute pasokan pasukan pro-Kremlin di seberang sungai dan mempersiapkan langkah terakhir untuk merebut kembali kota.

Think tank ISW juga mengatakan hari Minggu bahwa strategi perang terbaru Rusia untuk menargetkan pembangkit listrik dalam beberapa hari terakhir tampaknya ditujukan untuk mengurangi keinginan Ukraina untuk berperang dan memaksa pemerintah Ukraina untuk menghabiskan sumber daya tambahan untuk melindungi warga sipil dan infrastruktur energi. Dia mengatakan upaya ini tidak mungkin merusak moral Ukraina tetapi akan memiliki dampak ekonomi yang signifikan.

READ  Biden di Polandia untuk pertemuan tentang krisis pengungsi di Ukraina - Politik AS langsung | berita AS

Serangan Rusia terhadap pasokan energi menyebabkan penghentian darurat produksi pupuk di pabrik kimia utama, Revnezot, di barat laut Ukraina. Pada hari Minggu, perusahaan mengatakan penangguhan itu tidak menimbulkan risiko lingkungan.

Walikota Enerhodar, rumah dari pembangkit nuklir Zaporizhzhya, melaporkan serangan terhadap sebuah hotel yang digunakan oleh pasukan pendudukan Rusia dan mereka yang bekerja sama dengan mereka. Tidak jelas apakah ada yang terluka.

Pada hari Minggu, militer Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia sekarang sebagian besar dalam posisi bertahan, tetapi melanjutkan serangan ofensif terhadap infrastruktur energi Ukraina dan di beberapa kota di wilayah Donbass timur.

Staf Umum Ukraina mengatakan bahwa sembilan wilayah di seluruh Ukraina, dari Odessa di barat daya hingga Kharkiv di timur laut, kembali mengalami serangan yang menargetkan energi dan infrastruktur vital lainnya selama beberapa hari terakhir. Laporan tersebut melaporkan 25 serangan udara Rusia dan lebih dari 100 serangan rudal dan artileri di sekitar Ukraina.

Sementara itu, pasukan serangan balik Ukraina di wilayah Kherson dan Zaporizhzhya menargetkan fasilitas yang dikendalikan Rusia, khususnya di kota Nova Kakhovka, dan melakukan 17 serangan udara dalam keseluruhan kampanye, menurut Staf Umum Ukraina.

Dan tentara Ukraina mengklaim di Telegram Post hari Minggu, bahwa mereka menghancurkan 14 drone buatan Rusia-Iran selama satu hari terakhir.

Semalam, serangan rudal S-300 Rusia menghantam lingkungan perumahan di kota Mykolaiv, melukai tiga orang, menurut Komando Selatan Angkatan Darat Ukraina. Dikatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa dua gedung apartemen, stadion dan gudang rusak atau hancur. Gambar yang dibagikan oleh media lokal dan pejabat di Telegram menunjukkan bangunan apartemen sepihak terputus, dan tumpukan puing di tengah genangan air di tanah yang berdekatan.

READ  Boris Johnson keluar dari perlombaan untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif Inggris dan perdana menteri berikutnya

Penguasa dua wilayah Rusia di perbatasan timur laut Ukraina mengatakan garis pertahanan sedang dibangun, tampaknya untuk mengantisipasi serangan lintas perbatasan saat pasukan Ukraina maju.

Gubernur Kursk Roman Starovit mengatakan pada hari Minggu bahwa dua garis pertahanan telah dibangun di wilayah tersebut dan garis ketiga akan selesai pada 5 November.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan bahwa garis pertahanan juga telah dibangun di wilayahnya. Pada hari Sabtu, ia menerbitkan gambar garis balok beton berbentuk piramida yang bertujuan menghalangi pergerakan kendaraan lapis baja.

Di sisi lain, dinas keamanan Ukraina mengatakan, pada hari Minggu, bahwa mereka telah menahan kepala sebuah pabrik mesin pesawat besar untuk waktu yang lama, menuduhnya bekerja sama dengan Rusia dengan memasok pesawat serang Rusia dengan peralatan militer.

Vyacheslav Bohuslaev, kepala pabrik Motor Sich di Zaporizhzhia, dan pejabat senior pabrik lainnya ditugaskan untuk bekerja sama dan “membantu negara agresor”.

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keduanya dituduh berkolusi dengan pembuat senjata Rusia yang dekat dengan Kremlin untuk memasok pasukan Rusia dengan mesin dan suku cadang buatan Ukraina. SBU menggambarkan skema kompleks yang menggunakan perantara di tiga negara untuk menghindari sanksi terhadap Rusia.

Motor Sich adalah salah satu produsen terkemuka di Ukraina dan merupakan produsen utama mesin pesawat sejak era Soviet. Fasilitasnya berulang kali menjadi sasaran serangan Rusia selama perang.

___

Ikuti liputan AP tentang perang di Ukraina: https://apnews.com/hub/russia-ukraine