Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Boris Johnson kembali ke Inggris dalam upaya untuk kembalinya politik dengan cepat

Boris Johnson kembali ke Inggris dalam upaya untuk kembalinya politik dengan cepat

  • Johnson dipaksa keluar dari kantor tahun ini
  • Calon perdana menteri membutuhkan 100 nominasi untuk anggota parlemen
  • Sunak adalah favorit bandar taruhan, lalu Johnson
  • Truss mengundurkan diri setelah kebijakan memicu gejolak pasar

LONDON (Reuters) – Boris Johnson kembali ke Inggris setelah liburan pada Sabtu untuk mempertimbangkan tawaran berani untuk masa jabatan kedua sebagai perdana menteri dalam perlombaan yang dapat mengadu dia dengan mantan menteri keuangannya yang pengunduran dirinya pada Juli membantu mengusirnya. Meja.

Kandidat potensial untuk menggantikan Perdana Menteri Liz Truss, yang mengundurkan diri Kamis setelah enam minggu menjabat, memulai akhir pekan yang penuh tekanan untuk mengamankan nominasi yang cukup untuk memasuki kontes kepemimpinan sebelum batas waktu Senin.

Johnson, yang sedang berlibur di Karibia ketika Truss berhenti, belum berkomentar secara terbuka tentang tawaran pekerjaan lamanya. Dia mendapat dukungan dari lusinan anggota parlemen konservatif, tetapi perlu 100 nominasi untuk dipertimbangkan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Menteri Perdagangan James Dodridge mengatakan pada hari Jumat bahwa Johnson mengatakan kepadanya bahwa dia “siap untuk itu”. Pada hari Sabtu, dia mengatakan Johnson telah mendapatkan 100 nominasi, meskipun penghitungan Reuters menempatkan dia tepat di atas 40 dan Rishi Sunak, mantan menteri keuangan yang keputusannya untuk mengundurkan diri membantu menggulingkan Johnson di lebih dari 110.

Perdana menteri baru, posisi yang akan berubah tiga kali dalam empat tahun, menghadapi surat masuk yang sangat besar setelah rencana ekonomi Truss yang bergejolak di pasar obligasi, menaikkan biaya pinjaman pemerintah dan menambahkan lebih banyak tekanan kepada keluarga dan bisnis yang sudah bergulat dengan biaya-biaya. krisis hidup. .

READ  Sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin dimarahi atas Ukraina di KTT CSTO

Dan Sunday Times melaporkan bahwa Sunak, favorit di antara para bandar saat ini, mungkin akan bertemu Johnson paling lambat Sabtu. Tidak ada rincian yang diberikan dari setiap diskusi yang dijadwalkan.

Mantan Menteri Pertahanan Penny Mordaunt adalah satu-satunya yang secara resmi mengumumkan dia akan mencalonkan diri, meskipun penghitungan Reuters menunjukkan dia hanya mendapatkan 22 nominasi sejauh ini sebelum batas waktu 1300 GMT pada hari Senin.

Seorang koresponden Sky News dalam penerbangan tersebut melaporkan bahwa Johnson dicemooh oleh beberapa penumpang dalam penerbangan ke Inggris. Mengenakan jaket gelap dan ransel, Johnson melambai kepada fotografer setelah mendarat di Bandara Gatwick London dan sebelum pergi.

polarisasi

Ini akan menjadi pengembalian yang menakjubkan bagi mantan jurnalis dan mantan walikota London, yang meninggalkan Downing Street dikelilingi oleh skandal, dengan mengatakan rekan-rekan anggota parlemen partainya telah “mengubah aturan di tengah jalan” untuk mencegahnya menjabat untuk masa jabatan penuh.

Dalam dorongan untuk Sunak, penantang potensial lainnya, Menteri Perdagangan Kimi Badenouche yang memimpin perlombaan kepemimpinan awal tahun ini, mendukung mantan menteri keuangan dan mengecualikan dirinya dari tawaran lain untuk jabatan puncak.

Prospek Johnson menjadi perdana menteri lagi adalah masalah polarisasi bagi banyak orang di Partai Konservatif, yang sangat terpecah setelah kematian empat perdana menteri dalam enam tahun.

Untuk beberapa anggota parlemen Konservatif, Johnson adalah pemenang suara, mampu merayu di seluruh negeri dengan citra selebriti dan merek optimisme yang hidup. Bagi yang lain, dia adalah sosok beracun yang akan berjuang untuk menyatukan partai dan dengan demikian dapat merusak upaya untuk membangun kepemimpinan yang stabil untuk menenangkan pasar keuangan yang bergejolak.

READ  UE berencana untuk membekukan aset Putin, Lavrov

Mantan Menteri Dalam Negeri Priti Patel mengatakan bos lamanya memiliki “mandat untuk menyampaikan manifesto terpilih kami dan rekam jejak untuk membuat keputusan besar dengan benar”.

Andrew Bridgen, anggota parlemen Konservatif lainnya, mengatakan dia bisa mengundurkan diri dari kelompok parlemen jika Johnson kembali dan meminta Konservatif untuk tidak membuat “pemujaan pribadi” untuk Johnson.

Mantan pemimpin Konservatif William Hague mengatakan kembalinya Johnson akan mengarah pada “spiral kematian” bagi partai tersebut.

Johnson saat ini sedang diselidiki oleh Komite Konsesi Parlemen untuk menentukan apakah dia berbohong kepada House of Commons tentang partai-partai yang melanggar kuncian. Para menteri yang terbukti sengaja menyesatkan Parlemen diharapkan mengundurkan diri.

Kompetisi dipercepat menjadi hanya satu minggu. Di bawah aturan, hanya tiga kandidat yang dapat mencapai pemungutan suara pertama anggota parlemen pada Senin sore, dengan dua kandidat terakhir datang untuk pemungutan suara pada hari Jumat yang dibatasi untuk sekitar 170.000 anggota Partai Konservatif yang terdaftar.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilaporkan oleh Andrew McCaskill. Pelaporan tambahan oleh Henry Nichols. Diedit oleh Edmund Blair dan Jason Neely

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.