Juni 13, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Produk Heidelberg memperkuat kehadirannya di Indonesia

Produk Heidelberg memperkuat kehadirannya di Indonesia

Akuisisi pabrik semen terintegrasi di Jawa Tengah dari produsen semen lokal PT Seman Kurobokan

HEIDELBERG Materials melalui anak perusahaannya Indocement telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 100% saham pabrik semen terintegrasi PT Semen Grobogan yang berlokasi di Jawa Tengah, Indonesia, yang akan mulai berproduksi komersial pada tahun 2022.

Dengan investasi ini, Heidelberg Materials akan semakin memperkuat kehadirannya di Indonesia, salah satu pasar utama di kawasan Asia-Pasifik. Pabrik semen Seman Grobokan berkapasitas 1,8 juta ton klinker dan 2,5 juta ton semen, serta memiliki cadangan kapur yang cukup untuk bertahan lebih dari 50 tahun. Kedua belah pihak sepakat untuk tidak mengungkapkan harga pembeliannya.

Dr Dominik van Ogden, Ketua Dewan Manajemen Material Heidelberg, mengatakan: ‘Sebagai bagian dari optimalisasi portofolio kami yang berkelanjutan, kami mengambil langkah menarik menuju pasar pertumbuhan Indonesia, di mana Heidelberg Materials telah aktif selama lebih dari 20 tahun.

Dengan investasi ini, kami kini memperkuat kehadiran kami di wilayah berpenduduk padat di Indonesia, di mana kami mengharapkan pertumbuhan pasar lebih lanjut yang didorong oleh pertumbuhan pasar ritel, pengembangan kawasan industri, dan proyek infrastruktur besar. Sebagai pionir dekarbonisasi di pasar negara berkembang, kami terus mendorong target pengurangan karbon yang ambisius di seluruh lokasi kami di Indonesia, termasuk pabrik semen baru.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Dengan jumlah penduduk sekitar 41 juta jiwa, Jawa Tengah merupakan wilayah terpadat ketiga di Indonesia dan memiliki pasar semen yang kuat. Proyek infrastruktur penting yang tergolong proyek strategis nasional direncanakan di kawasan ini, seperti jalan tol Solo-Yogyakarta, Yogyakarta-Pawen dan Semarang-Temak, serta Kawasan Industri Batang dan Kawasan Ekonomi Khusus Kendal.

READ  Trimega Bangun Persada berencana memperluas pengolahan nikel setelah IPO

Investasi di Seman Krobokan akan memungkinkan Heidelberg Materials menjalin sinergi yang signifikan dengan bisnis yang ada di Indonesia dalam hal logistik, penggunaan bahan bakar alternatif, dan transfer pengetahuan teknis dan keberlanjutan.

Sebagai bagian dari strategi iklim global perusahaan, pabrik baru ini akan memproduksi CO2 yang disesuaikan2 Peta jalan dengan langkah nyata untuk mengurangi emisi karbon. Selain itu, cadangan batu kapur di pabrik tersebut melengkapi cadangan indorsement di Jawa Tengah.

Heidelberg Materials telah mengoperasikan empat kompleks pabrik semen dengan 14 lini di Indonesia melalui anak perusahaan pendukungnya, termasuk pabrik Citeureup di Jawa Barat, salah satu pabrik semen terbesar di dunia, dan pabrik Maros yang baru saja disewa di Sulawesi Selatan.