Februari 26, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Presiden Ukraina Zelensky mengunjungi Argentina dalam upaya untuk mendapatkan dukungan dari negara-negara berkembang

Presiden Ukraina Zelensky mengunjungi Argentina dalam upaya untuk mendapatkan dukungan dari negara-negara berkembang

Kyiv (Ukraina) – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Ia pergi ke Buenos Aires untuk memberikan kesaksian bersumpah Pada hari Minggu, presiden baru Argentina. Javier Miley.

Ini adalah perjalanan pertama pemimpin Ukraina ke Amerika Latin ketika Kiev terus menggalang dukungan dari negara-negara berkembang untuk perjuangannya selama 21 bulan melawan invasi pasukan Rusia.

Miley menerima Zelensky di istana presiden setelah pelantikannya. Keduanya berpelukan lama dan bertukar kata, lalu Miley, yang mengatakan dia bermaksud masuk Yudaisme, menghadiahkan menorah kepada rekannya dari Ukraina. Mereka diperkirakan akan mengadakan pertemuan individu yang lebih lama pada Minggu malam.

Miley, seorang politikus luar yang mengkritik apa yang ia gambarkan sebagai korupsi pejabat yang mengakar di Argentina dan berjanji untuk membasmi para penguasa politik, menggunakan platform kebijakan luar negeri yang pro-Barat dan berulang kali menyatakan ketidakpercayaannya terhadap Moskow dan Beijing.

Zelensky menelepon Miley tak lama setelah orang Argentina itu memenangkan pemilu, dan mengucapkan terima kasih atas “dukungannya yang jelas untuk Ukraina,” yang ia gambarkan dalam postingan media sosialnya sebagai “sangat diperhatikan dan diapresiasi oleh masyarakat Ukraina.”

Dalam pernyataan seruan yang diterbitkan tak lama setelah itu, kantor Miley mengatakan dia telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak antara Ukraina dan negara-negara Amerika Latin, sebuah potensi keuntungan bagi upaya Kiev selama berbulan-bulan untuk memperkuat hubungannya dengan negara-negara Selatan.

Zelensky dan pejabat senior Ukraina lainnya telah berulang kali menggambarkan perang Ukraina melawan Rusia sebagai perlawanan terhadap agresi kolonial, dan mengharapkan dukungan dari negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin yang di masa lalu telah berjuang untuk membebaskan diri dari dominasi asing, dan terkadang meminta bantuan Moskow. dukungan menentangnya. . kekuatan Barat.

READ  PBB mengatakan pemotongan emisi 'tidak sebanyak' diperlukan untuk mencegah bencana iklim

Zelensky memanfaatkan perjalanan ke Argentina untuk bertemu dengan para pemimpin banyak negara berkembang. Dia bertemu dengan Perdana Menteri negara Afrika Barat kepala hijau, Ulises Correa e Silva, dalam perjalanan ke Buenos Aires. Sesampainya di Argentina, Zelensky bertemu secara terpisah dengan presiden Paraguay, Ekuador dan Uruguay, kata kantornya.

“Dukungan dan suara persatuan yang kuat dari negara-negara Amerika Latin yang mendukung rakyat Ukraina dalam perjuangan kebebasan dan demokrasi sangat penting bagi kami,” kata Zelensky dalam sebuah pernyataan.

Kantor Zelensky mengatakan dia juga melakukan percakapan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, di mana mereka membahas “rincian paket pertahanan mendatang dari Republik Prancis, yang secara signifikan akan memperkuat daya tembak Ukraina, dan kebutuhan senjata negara kita saat ini.”

Dalam perkembangan lainnya:

– Pengeboman Rusia selama 24 jam terakhir menyebabkan kematian dua wanita lanjut usia dan melukai warga sipil lainnya di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina, kata gubernur setempat Oleh Sinyhopov pada Minggu pagi. Dalam pembaruan di aplikasi Telegram, Sinyhopov mengatakan bahwa kedua wanita tersebut tewas dalam serangan yang sama di timur provinsi tersebut, yang sebagian wilayahnya terletak di dekat garis depan dan menjadi saksi pertempuran sengit dalam beberapa pekan terakhir.

Di wilayah Kherson di selatan negara itu, pemboman Rusia pada hari Sabtu dan semalam menewaskan satu warga sipil dan melukai empat lainnya, kata gubernur setempat Oleksandr Prokudin melalui Telegram pada hari Minggu.

___

Ikuti liputan AP tentang perang di Ukraina: https://apnews.com/hub/russia-ukraine

___

Penulis Associated Press Deborah Ray di Buenos Aires berkontribusi.