Juni 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Presiden Ukraina mengatakan bahwa pemimpin Indonesia telah mengundang dirinya sendiri ke KTT G20

Presiden Indonesia Joko Widodo berpidato pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) pada 2 November 2021 di Glasgow, Skotlandia. REUTERS / Yves Herman / File Foto

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

JAKARTA, 27 April (Reuters) – Presiden Indonesia Volodymyr Jலlensky mengatakan di Twitter pada hari Rabu bahwa ia telah diundang oleh presiden Indonesia untuk menghadiri KTT ekonomi-ekonomi utama Grup 20 (G20) yang akan diadakan di Asia Tenggara akhir tahun ini.

“Berbicara dengan Presiden jokowi … g20org Selamat mengundang saya ke KTT,” katanya dalam tweet yang merujuk pada pemimpin G20 saat ini, Presiden Indonesia Joko Widodo.

Zelenskiy tidak mengkonfirmasi apakah dia akan menerima undangan untuk menghadiri pertemuan puncak di pulau Bali pada bulan November. Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan hadir.

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Istana Kepresidenan dan Kantor Sekretariat Negara tidak segera menanggapi permintaan konfirmasi.

Ukraina bukan anggota G20, tetapi para pemimpin kelompok sebelumnya telah mengundang negara-negara tamu. Menteri keuangan Ukraina menghadiri pertemuan pejabat keuangan G20 di Washington pekan lalu.

G20 mengutuk pendudukan Rusia atas Ukraina, yang sekarang memasuki minggu kesembilan, meningkatkan ketegangan geopolitik, mengirimkan gelombang kejut ke seluruh ekonomi dunia dan memicu krisis kemanusiaan. Baca selengkapnya

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai operasi khusus.

Beberapa anggota G20 telah meminta Rusia dan Putin untuk dikeluarkan dari KTT, tetapi Indonesia menolak, dengan mengatakan itu akan berakhir terlalu cepat.

Diminta untuk mengkonfirmasi panggilan Presiden Indonesia Zhelensky, juru bicara Kementerian Luar Negeri Duke Fizasia mengatakan bahwa menteri luar negeri sedang “berkonsultasi” dan telah memberi tahu Djokovic tentang hasilnya.

READ  Gunung berapi Sinapung Indonesia meletus, tidak ada perintah evakuasi yang dikeluarkan

Dia tidak merinci dengan siapa konsultasi itu diadakan.

Di Washington pekan lalu, pejabat keuangan G20, perwakilan Amerika Serikat, Inggris dan Kanada meninggalkan Rusia.

Rizal Sukma, mantan diplomat Indonesia dan analis politik di Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan panggilan itu mencerminkan niat Indonesia untuk mengamankan partisipasi semua anggota G20 dalam KTT di Bali, dan menciptakan peluang bagi Rusia dan Ukraina. Kita harus berusaha mencari cara untuk mencapai perdamaian.”

Daftar sekarang untuk akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Dilaporkan oleh Zahra Matarani dan Stanley Widianto; Ditulis oleh Kanupriya Kapoor; Mengedit Kotak Martin

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.