Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Presiden Namibia Hage Geingob meninggal pada usia 82 tahun |  Berita politik

Presiden Namibia Hage Geingob meninggal pada usia 82 tahun | Berita politik

Pemimpin Afrika itu mengumumkan bulan lalu bahwa ia telah memulai pengobatan kanker.

Presiden Namibia Hage Geingob meninggal dunia pada usia 82 tahun, kantornya mengumumkan, kurang dari tiga minggu setelah mengumumkan bahwa ia sedang menjalani perawatan kanker.

Penjabat Presiden Nangolo Mbumba mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di halaman Facebook resmi Geingob bahwa Geingob meninggal pada hari Minggu di Rumah Sakit Lady Pohamba di ibu kota, Windhoek, bersama istri dan anak-anaknya.

“Bangsa Namibia telah kehilangan seorang pelayan rakyat yang terhormat, ikon perjuangan pembebasan, arsitek utama Konstitusi kita, dan pilar DPR Namibia,” kata Mbumba.

“Pada saat kesedihan yang mendalam ini, saya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tenang sementara pemerintah membuat semua pengaturan, persiapan, dan protokol lainnya yang diperlukan. Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan terkait hal ini.”

Kantor Geingob mengumumkan bulan lalu bahwa ia telah memulai pengobatan setelah “sel kanker” ditemukan selama kolonoskopi rutin dan gastroskopi.

Pengumuman tersebut tidak memberikan rincian mengenai diagnosis atau prognosis pemimpin Afrika tersebut, namun menyatakan bahwa ia akan terus menjalankan tugas kepresidenannya.

Kantor Geingob kemudian mengumumkan bahwa dia akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk menerima perawatan medis dan akan kembali ke Namibia pada 2 Februari.

Geingob, yang juga menjabat perdana menteri selama 12 tahun, memiliki riwayat masalah kesehatan sebelum terpilih sebagai presiden ketiga Namibia pada tahun 2014.

Pada tahun 2013, aktivis anti-apartheid yang berubah menjadi politisi ini menjalani operasi otak, dan pada tahun berikutnya terungkap bahwa ia selamat dari kanker prostat.

Tahun lalu, Geingob mengumumkan bahwa dia telah menjalani operasi bypass aorta di negara tetangga, Afrika Selatan.

READ  Schulze menelepon Putin setelah tawaran diplomatik dari Biden dan Macron

Namibia, bekas jajahan Jerman yang memperoleh kemerdekaan dari Afrika Selatan pada tahun 1990, dijadwalkan mengadakan pemilihan presiden dan parlemen pada bulan November.

Geingob tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri kembali karena konstitusi Namibia membatasi presiden hanya boleh menjabat maksimal dua kali masa jabatan.

Kandidat presiden dari partai SWAPO yang berkuasa, Nandi Ndayetwah, akan menjadi kepala negara perempuan pertama di negara itu jika terpilih.