Juni 14, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Sedikitnya 64 orang tewas akibat kebakaran hutan yang berkobar di Chile, dan ada kekhawatiran jumlah korban jiwa akan bertambah.

Sedikitnya 64 orang tewas akibat kebakaran hutan yang berkobar di Chile, dan ada kekhawatiran jumlah korban jiwa akan bertambah.



CNN

Sedikitnya 99 orang tewas di Chile ketika kebakaran hutan berkobar di seluruh negeri, CNN Chile melaporkan Minggu sore, mengutip layanan medico-legal service (SML) negara bagian, dan pihak berwenang memperingatkan jumlah korban tewas bisa bertambah.

Keadaan darurat diumumkan ketika kota-kota pesisir seperti Viña del Mar dan Valparaiso dipenuhi asap dan orang-orang yang tinggal di daerah pusat terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Terdapat 161 kebakaran aktif di seluruh negeri, menurut Alvaro Hormazábal, direktur Layanan Pencegahan dan Tanggap Bencana Nasional. Berbicara kepada CNN Chile, Hormazabal mengatakan petugas pemadam kebakaran telah mengendalikan 102 kebakaran tersebut dan saat ini sedang memadamkan 40 kebakaran, sementara 19 lainnya sedang dalam pengawasan.

Presiden Gabriel Buric mengatakan, dalam konferensi pers yang diadakan pada hari Minggu setelah kunjungannya ke daerah yang terkena dampak, bahwa jumlah korban tewas “akan meningkat secara signifikan” dan menyatakan hari berkabung nasional pada hari Senin dan Selasa bagi para korban kebakaran. Sejauh ini, 32 orang telah diidentifikasi oleh SML, lapor CNN Chile.

Rodrigo Mundaka, gubernur wilayah Valparaíso, mengatakan pada hari Minggu bahwa pihak berwenang mematuhi jam malam di kota Viña del Mar, Quilpué, Villa Alemana dan Limache untuk memungkinkan pihak berwenang fokus pada pemadaman kebakaran.

Walikota Quilboy Valeria Melipilan mengatakan kepada CNN Chile bahwa kebakaran tersebut “mungkin yang terbesar yang pernah terjadi” di wilayah tersebut, dan hampir 1.400 rumah di kota tersebut telah rusak. Pihak berwenang di Melipilan menambahkan meskipun upaya evakuasi efektif, beberapa orang di daerah yang terkena dampak tidak mau meninggalkan rumah mereka.

Dalam postingannya di X, Paus Fransiskus menyerukan kepada masyarakat untuk “berdoa bagi para korban yang meninggal dan terluka akibat kebakaran dahsyat yang melanda Chile tengah.”

READ  Mengapa Swiss membangun kereta sepanjang 2 kilometer

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Sabtu, Buric mengatakan Kementerian Pertahanan akan mengerahkan lebih banyak unit militer ke daerah yang terkena dampak, sambil menyediakan semua sumber daya yang diperlukan.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Chile Mario Marcel mengatakan kepada wartawan bahwa perkiraan awal kerusakan di wilayah Valparaiso akan mencapai “ratusan juta dolar”.

Kebakaran terjadi ketika negara tersebut mengalami gelombang panas musim panas, dengan ibu kota Chili, Santiago, mengalami suhu panas dan kering selama berhari-hari berturut-turut melebihi 33 derajat Celcius (91,4 derajat Fahrenheit).

Pemandangan udara dari kendaraan yang terbakar di kotamadya Olivar.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim dan fenomena cuaca El Niño adalah faktor pendorong meningkatnya suhu bumi yang semakin memanas, sehingga kejadian seperti gelombang panas dan kebakaran lebih mungkin terjadi.

Setidaknya satu orang telah ditangkap sejauh ini sehubungan dengan kebakaran hutan, CNN Chile melaporkan.

Menurut polisi, pria tersebut sedang berada di rumahnya di kota Talca, Chili tengah, sedang melakukan pekerjaan pengelasan ketika kebakaran secara tidak sengaja terjadi dan menyebar ke padang rumput di dekatnya, CNN Chile melaporkan. Tersangka akan didakwa pada hari Minggu di Talca, menurut kantor kejaksaan Maule.

Kru darurat memprioritaskan kebakaran di kota pesisir Valparaíso di pesisir Chili karena kedekatannya dengan daerah perkotaan, dan sekitar 372 penduduk dilaporkan hilang, menurut walikota kota tersebut.