Maret 3, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Hamas menunjukkan tanda-tanda kembalinya aktivitas di beberapa bagian Gaza di mana sebagian besar pasukan Israel mundur beberapa minggu lalu

Hamas menunjukkan tanda-tanda kembalinya aktivitas di beberapa bagian Gaza di mana sebagian besar pasukan Israel mundur beberapa minggu lalu

Rafah, Jalur Gaza (AFP) – Hamas mulai muncul kembali di daerah yang sering terjadi bentrokan. Israel menarik sebagian besar pasukannya Sebulan yang lalu, Hamas mengerahkan petugas polisi dan membayar sebagian gaji kepada beberapa pegawai negeri di Kota Gaza dalam beberapa hari terakhir, kata empat warga dan seorang pejabat senior Hamas pada hari Sabtu.

Indikasi kebangkitan kembali Hamas di kota terbesar di Gaza menegaskan ketabahan gerakan tersebut meskipun demikian. Kampanye udara dan darat Israel yang mematikan Selama empat bulan terakhir. Israel mengatakan pihaknya bertekad untuk menghancurkan Hamas dan mencegahnya kembali berkuasa di Gaza, daerah kantong yang dikuasainya sejak tahun 2007.

Dalam beberapa hari terakhir, pasukan Israel kembali melancarkan serangan mereka di bagian barat dan barat laut Kota Gaza, termasuk wilayah di mana sejumlah gaji dilaporkan didistribusikan.

Empat warga Kota Gaza mengatakan kepada Associated Press bahwa dalam beberapa hari terakhir, petugas polisi berseragam dan berpakaian preman telah ditempatkan di dekat markas polisi dan kantor pemerintah lainnya, termasuk di dekat Rumah Sakit Shifa, yang terbesar di Jalur Gaza. Warga mengatakan mereka melihat kembalinya pegawai negeri sipil dan serangan udara Israel berikutnya di dekat kantor sementara.

Kembalinya polisi merupakan upaya untuk memulihkan ketertiban di kota yang hancur tersebut setelah Israel menarik sejumlah besar pasukannya dari Gaza utara bulan lalu, kata seorang pejabat Hamas kepada AP, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada AP. media.

Pejabat itu mengatakan para pemimpin kelompok tersebut memberikan arahan untuk menegakkan kembali ketertiban di wilayah utara tempat pasukan Israel telah mundur, termasuk dengan membantu mencegah penjarahan toko dan rumah yang ditinggalkan oleh penduduk yang berulang kali menanggapi perintah evakuasi Israel dan menuju ke wilayah selatan. setengah dari kota. Gaza.

Demonstran memblokir jalur bantuan kemanusiaan menuju Jalur Gaza di perbatasan Nitzana dengan Mesir di Israel selatan, Jumat, 2 Februari 2024. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Selama serangan darat Israel. Banyak rumah dan bangunan yang dibiarkan setengah berdiri atau hanya tinggal tumpukan sampahDan puing-puing dan debu.

READ  Sekilas Tentang Perang Rusia-Ukraina: Yang Kita Ketahui di Hari 336 Invasi | Ukraina

Saeed Abdel-Barr, seorang warga Kota Gaza, mengatakan sepupunya menerima uang dari kantor sementara Hamas di dekat rumah sakit yang didirikan untuk mendistribusikan $200 kepada pegawai pemerintah, termasuk petugas polisi dan pegawai kota.

Sejak menguasai Gaza hampir 17 tahun lalu, Hamas terus aktif Birokrasi pemerintahan Dengan puluhan ribu pegawai negeri, termasuk guru, polisi lalu lintas, dan polisi sipil yang bekerja secara terpisah dari sayap militer rahasia kelompok tersebut.

Tentara Israel melambai dari mobil mereka dalam perjalanan kembali dari Jalur Gaza, di Israel selatan, dekat perbatasan Gaza, Kamis, 1 Februari 2024. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel melambai dari mobil mereka dalam perjalanan kembali dari Jalur Gaza, di Israel selatan, dekat perbatasan Gaza, Kamis, 1 Februari 2024. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Membayar sebagian gaji sebesar $200 kepada setidaknya beberapa pegawai pemerintah menunjukkan bahwa Israel tidak memberikan pukulan fatal terhadap Hamas, meskipun mereka mengklaim telah membunuh lebih banyak orang. Lebih dari 9.000 pejuang Hamas.

Ahmed Abu Hadros, seorang warga Kota Gaza, mengatakan pesawat tempur Israel mengebom area tempat kantor sementara berada beberapa kali awal pekan ini, termasuk pada Sabtu pagi.

Serangan-serangan ini terjadi sekitar sebulan setelah para pemimpin militer Israel mengumumkan bahwa mereka telah membongkar struktur komando brigade Hamas di utara, namun para pejuang terus melakukan serangan bergaya gerilya.

Sementara itu, pertempuran berlanjut di Gaza selatan pada hari Sabtu.

Warga Palestina berbaris untuk membagikan makanan gratis selama serangan udara dan darat Israel yang sedang berlangsung di Khan Yunis, Jalur Gaza, Jumat, 2 Februari 2024. (AP Photo/Hatem Ali)

Warga Palestina berbaris untuk membagikan makanan gratis selama serangan udara dan darat Israel yang sedang berlangsung di Khan Yunis, Jalur Gaza, Jumat, 2 Februari 2024. (AP Photo/Hatem Ali)

Organisasi tersebut mengatakan bahwa setidaknya 11 orang terluka ketika tentara Israel menembakkan bom asap ke pengungsi yang berlindung di markas besar Bulan Sabit Merah Palestina di kota Khan Yunis, di selatan negara itu. Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian, dan tentara Israel belum memberikan komentar.

READ  Tiga tentara Suriah tewas dalam serangan rudal Israel | berita perang Suriah

Organisasi tersebut mengatakan bahwa cedera tersebut terjadi setelah pengepungan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap fasilitas Bulan Sabit Merah selama 12 hari.

Badan amal tersebut juga mengatakan pihaknya mendokumentasikan pembunuhan 43 orang, termasuk tiga karyawan, di dalam gedung akibat tembakan Israel selama 12 hari tersebut, dan 153 lainnya terluka.

Setidaknya 17 orang, termasuk wanita dan anak-anak, tewas dalam dua serangan udara terpisah semalam di kota Rafah di ujung selatan Jalur Gaza, di perbatasan dengan Mesir, menurut kantor pendaftaran di rumah sakit tempat jenazah tersebut berada. diambil.

Serangan pertama menghantam sebuah bangunan tempat tinggal di sebelah timur Rafah, menewaskan sedikitnya 13 anggota keluarga Hijazi. Pejabat rumah sakit mengatakan di antara korban tewas terdapat empat wanita dan tiga anak. Serangan kedua menghantam sebuah rumah di kawasan El Geneina di Rafah, menewaskan sedikitnya dua pria dan dua wanita dari keluarga Homs.

Salah satu kerabatnya, Ahmed Hegazy, mengatakan: “Masih ada dua anak di bawah reruntuhan, dan kami tidak tahu apa-apa tentang mereka.”

Ke-17 jenazah tersebut dibawa ke Rumah Sakit Abu Youssef al-Najjar, fasilitas kesehatan utama Rafah, dan diperiksa oleh seorang jurnalis AP.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada hari Sabtu bahwa 107 orang tewas dalam periode 24 jam terakhir, sehingga total korban tewas di masa perang menjadi 27.238 orang. Lebih dari 66 ribu orang terluka.

Lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi di Rafah dan sekitarnya. Seorang pejabat PBB mengatakan pada hari Jumat bahwa Rafah telah menjadi “penyebab keputusasaan.”

Menteri Pertahanan Israel memperingatkan awal pekan ini bahwa Israel mungkin memperluas cakupan pertempurannya dengan memasukkan Rafah setelah fokus selama beberapa minggu terakhir di Khan Yunis, kota terbesar di Jalur Gaza selatan. Meskipun pernyataan ini membuat khawatir para pejabat bantuan internasional dan diplomat, Israel akan melakukan hal yang sama Berisiko gangguan signifikan terhadap hubungan strategis Dengan Amerika Serikat dan Mesir jika mengirimkan pasukan ke Rafah.

READ  Seorang wanita berusia 90-an diselamatkan hidup-hidup 5 hari setelah gempa bumi dahsyat di Jepang

Mediator internasional terus berupaya menjembatani kesenjangan besar antara Israel dan Hamas terkait proposal tersebut Perjanjian gencatan senjata Aturan ini diperkenalkan minggu ini, hampir empat bulan sejak Hamas dan militan lainnya menyandera sekitar 250 orang selama operasi mereka. Serangan mematikan 7 Oktober Di Israel selatan, yang memicu perang.

Hamas terus menahan puluhan tahanan, setelah membebaskan lebih dari 100 dari mereka selama gencatan senjata selama seminggu pada bulan November. Mereka dibebaskan dengan imbalan 240 tahanan Palestina.

Konflik telah selesai Ruang luas Dari daerah kantong pesisir kecil, 85% penduduknya terpaksa mengungsi dan Seperempat penduduknya mengalami kelaparan.

Sementara itu, Amerika Serikat – yang merundingkan perjanjian tersebut bersama Israel, Mesir dan Qatar – melancarkan serangan udara ke puluhan lokasi di Irak dan Suriah yang digunakan oleh kelompok tersebut. Milisi yang didukung Iran Dan Garda Revolusi Iran pada Jumat malam, dalam operasi pembalasan pertama Serangan drone menewaskan tiga tentara Amerika Di Yordania akhir pekan lalu.

___

Magdy melaporkan dari Kairo. Penulis Associated Press Jamie Keaton di Jenewa berkontribusi untuk laporan ini.

___

Ikuti liputan AP tentang perang antara Israel dan Hamas di https://apnews.com/hub/israel-hamas-war