November 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Presiden Indonesia mengatakan tidak ada sanksi FIFA setelah bencana stadion | berita

Joko Widodo mengatakan Presiden FIFA Gianni Infantino telah menulis surat kepadanya tentang kerja sama dengan sepak bola Indonesia.

Indonesia tidak akan menghadapi sanksi dari badan sepak bola dunia FIFA karena menggunakan gas air mata oleh polisi di dalam stadion sepak bola yang penuh sesak yang menyebabkan penyerbuan dan pertikaian yang menewaskan 131 orang, termasuk 17 anak-anak.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan Presiden FIFA Gianni Infantino telah menulis surat kepadanya tentang kemungkinan kerjasama antara Indonesia dan FIFA, menambahkan bahwa 24 negara dari lima benua akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Berdasarkan surat itu, alhamdulillah, sepak bola Indonesia tidak mendapat sanksi dari FIFA,” kata Jokowi dalam twit dan video yang diunggah di kanal YouTube kantor kepresidenan, Jumat malam.

Widodo pada hari Rabu mengunjungi stadion sepak bola Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, di mana dia mengatakan gerbang terkunci setelah pertandingan 1 Oktober antara saingan berat Arema FC dan Persebaya Surabaya berkontribusi pada kematian 131 orang.

Setelah kekalahan tim tuan rumah Arema, para penggemar menyerbu lapangan dan menembakkan gas air mata untuk mengendalikan apa yang disebut polisi sebagai “kerusuhan”.

Awan gas yang menyebabkan sesak napas memicu desak-desakan ketika para penonton yang panik bergegas ke pintu keluar, yang menurut beberapa saksi mata kepada Al Jazeera dikunci atau dilarang oleh polisi.

Penonton tersentak dalam kebingungan dan yang lainnya diinjak-injak sampai mati. Setidaknya 34 orang tewas di stadion, termasuk dua petugas polisi. Banyak yang kemudian meninggal karena luka-luka mereka.

READ  Inflasi inti Indonesia naik ke level tertinggi tiga tahun karena permintaan melonjak

Dalam protokol keamanannya untuk acara sepak bola, FIFA menyarankan untuk tidak menggunakan gas air mata di dalam atau di sekitar stadion dan merekomendasikan agar pintu keluar tetap terbuka setiap saat selama pertandingan.

Widodo juga mengatakan pemerintah Indonesia telah sepakat untuk mengambil tindakan bersama dengan FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia untuk meningkatkan keamanan stadion untuk mencegah tragedi lain.

Ia mengatakan bahwa Infantino FIFA juga akan datang ke Indonesia di masa depan.

Presiden FIFA Gianni Infantino berbicara pada KTT Inovasi Dunia 2022 untuk Kesehatan di Doha, Qatar pada 6 Oktober 2022. [Sorin Furcoi/Al Jazeera]

Sangat berbahaya

Persatuan sepak bola nasional Indonesia, yang dikenal secara lokal sebagai PSSI, telah lama berjuang untuk mengatur sepak bola domestik, dan Indonesia dikenal sebagai salah satu negara paling berbahaya untuk bersaing dalam sepak bola.

Memenangkan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan merupakan tonggak penting dalam perkembangan sepak bola Indonesia, meningkatkan harapan bahwa turnamen yang sukses dapat membalikkan masalah lama yang telah mengganggu permainan di negara berpenduduk lebih dari 277 juta orang itu.

Liga domestik telah ditangguhkan sejak tragedi akhir pekan lalu.

Widodo telah memerintahkan menteri olahraga, kapolri dan federasi sepak bola untuk melakukan penyelidikan penuh atas runtuhnya stadion yang mematikan itu.

Kapolri mengatakan pada hari Kamis bahwa stadion tidak memiliki sertifikat operasi yang sah dan enam orang, termasuk tiga petugas polisi, akan menghadapi tuntutan pidana.