April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Prancis mencintai Brasil, kata Macron setelah bertemu dengan Lula

Prancis mencintai Brasil, kata Macron setelah bertemu dengan Lula

  • Ditulis oleh Katherine Armstrong
  • berita BBC

Komentari foto tersebut,

Orang-orang membandingkan foto kedua presiden yang diambil saat kunjungan Macron ke Brasil dengan foto pernikahan

Kunjungan diplomatik para pemimpin dunia biasanya merupakan acara mewah yang melibatkan jabat tangan formal dan konferensi pers.

Namun foto-foto Presiden Prancis Emmanuel Macron dan timpalannya dari Brasil Inacio Lula da Silva selama kunjungannya baru-baru ini lebih mengingatkan pada liburan romantis.

Pengguna media sosial membandingkan foto tersebut dengan foto pernikahan.

“Itu adalah pernikahan,” Macron bercanda. “Prancis mencintai Brasil dan Brasil menyukai Prancis!”

Macron menghabiskan tiga hari yang menyenangkan di negara itu minggu ini, mengunjungi Amazon, Sao Paulo, Rio de Janeiro, dan Brasilia.

Selama perjalanan ke hutan hujan Amazon, Macron dan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva difoto berpegangan tangan dan tertawa.

“Mereka akan menikah di Amazon dan menghabiskan bulan madu mereka di Paris,” ejek seseorang di dunia maya ketika foto-foto itu berubah menjadi meme yang menyenangkan.

Dalam salah satu gambar yang diedit, ditambahkan balon berbentuk hati berwarna merah di tangan pria tersebut.

Dalam klip lain yang dibagikan oleh Macron, kedua pria itu terlihat berjalan berdampingan di depan poster film musikal romantis La La Land tahun 2016.

Pemimpin Perancis tersebut menggunakan tanggapannya terhadap kontaknya dengan Presiden Lula untuk menyoroti kekuatan hubungan negaranya dengan Brasil.

“Kami baru saja membuka babak baru dalam hubungan kami!” Dia berkata.

Komentari foto tersebut,

Macron melakukan kunjungan tiga hari ke Brasil, di mana ia mengunjungi beberapa tempat, termasuk hutan hujan Amazon

Di antara pengumuman politik yang dibuat selama perjalanan tersebut adalah rencana investasi baru senilai €1 miliar (£854 juta; $1 miliar) untuk membantu melindungi hutan hujan Amazon.

Lula juga sangat antusias dengan pertemuan tersebut, dan menulis di situs X bahwa “di antara negara-negara tradisional, tidak ada yang lebih dekat dengan Brasil selain Prancis.”

Dia mengumumkan bahwa dia telah menghadiahkan “lima keju Brasil terbaik dan paling banyak mendapat penghargaan” kepada mitranya dari Prancis, serta beberapa anggur bersoda.

“Menurutku dia akan menyukainya,” tulis Lola di huruf X disertai emoji keju.

Lula juga menguraikan poin-poin utama diskusi antara dirinya dan Macron, termasuk peluang investasi baru di sektor hotel, energi, pertahanan, dan teknologi di Brasil.

Namun, ada beberapa masalah yang tidak sepenuhnya disetujui oleh pasangan ini, termasuk Ukraina.

Meskipun Perancis dan negara-negara Barat lainnya mendukung Kiev dalam konfliknya dengan Rusia, Presiden Lula menolak untuk mengutuk Rusia, dan mengatakan bahwa kedua belah pihak sama-sama bertanggung jawab atas perang tersebut.

Komentari foto tersebut,

Kedua pemimpin ingin menekankan kekuatan hubungan Perancis dan Brazil

Namun, ini bukan pertama kalinya gelar ini diberikan kepada pemimpin Prancis yang menjalin hubungan dengan salah satu rekannya.

Ini juga bukan pertama kalinya foto Macron memicu kontroversi.

READ  Konferensi Berlin memaparkan visi untuk Ukraina pascaperang