April 17, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Afrika Selatan: Seorang anak perempuan, berusia 8 tahun, adalah satu-satunya yang selamat dari 45 orang yang tewas dalam kecelakaan bus

Afrika Selatan: Seorang anak perempuan, berusia 8 tahun, adalah satu-satunya yang selamat dari 45 orang yang tewas dalam kecelakaan bus

  • Ditulis oleh Velan Chatterjee
  • berita BBC

Sumber gambar, Heidi Yahudi

Empat puluh lima orang tewas di Afrika Selatan setelah bus yang mereka tumpangi jatuh 50 meter (165 kaki) dari jembatan ke jurang, kata pihak berwenang.

Seorang gadis berusia delapan tahun, satu-satunya yang selamat, dibawa ke rumah sakit karena luka serius.

Bus tersebut bertabrakan dengan penghalang dan terbakar ketika menghantam tanah di provinsi timur laut Limpopo.

Para penumpang tersebut adalah peziarah yang melakukan perjalanan dari ibu kota Botswana, Gaborone, untuk menghadiri Misa Paskah di kota Moria.

Mobil tersebut kehilangan kendali dan jatuh ke jembatan di jalur pegunungan Mamamatlakala antara Mokopane dan Marken, sekitar 300 kilometer utara Johannesburg, menurut lembaga penyiaran publik Afrika Selatan.

Operasi penyelamatan berlanjut hingga Kamis malam, dengan beberapa korban tewas dilaporkan sulit dijangkau di tengah reruntuhan.

Sumber gambar, Departemen Transportasi Limpopo

Menteri Perhubungan Sindisio Chikunga, yang datang ke lokasi kejadian, menyampaikan “belasungkawa yang tulus kepada keluarga yang terkena dampak kecelakaan bus tragis itu.”

Dia mengatakan pemerintah Afrika Selatan akan membantu memulangkan jenazah tersebut dan melakukan penyelidikan penuh mengenai penyebab kecelakaan itu.

“Pikiran dan doa kami menyertai Anda selama masa sulit ini,” tambahnya. “Kami terus mengimbau pengemudi yang bertanggung jawab setiap saat dengan meningkatkan kewaspadaan seiring dengan semakin banyaknya orang di jalan selama akhir pekan Paskah.”

Afrika Selatan memiliki catatan keselamatan jalan yang buruk.

Dalam pesan Paskah yang dikeluarkan hari ini, Presiden Cyril Ramaphosa mendesak warga untuk “melakukan segala yang mereka bisa untuk membuat Paskah aman.”