Mei 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Powell menaikkan setengah poin persentase

Powell menaikkan setengah poin persentase

Indeks saham utama ditutup secara signifikan lebih tinggi setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bank sentral tidak “secara serius mempertimbangkan” menaikkan suku bunga dalam kenaikan tiga perempat poin persentase.

S&P 500 melonjak sekitar 3% pada hari Rabu pukul 4 sore ET, Dow Jones Industrial Average naik 933 poin, atau 2,8%, dan Nasdaq Composite naik 3,2%. Ketiga indikator tersebut telah jatuh pada hari sebelumnya.

Saham sedikit berubah pada awalnya setelah pengumuman Fed Itu akan menaikkan suku bunga dengan setengah poin persentase dan mulai menyusutkan portofolio aset $9 triliun bulan depan. Investor secara luas mengantisipasi kedua keputusan menjelang kesimpulan dari pertemuan kebijakan bank sentral.

Yang mengejutkan beberapa orang adalah bahwa Powell mengakhiri anggapan bahwa The Fed mungkin menaikkan suku bunga sebesar 0,75 poin persentase pada pertemuan Fed mendatang tahun ini. Kontrak berjangka dana federal, yang digunakan pedagang untuk melacak perubahan ekspektasi suku bunga, sebelumnya telah menunjukkan harga pasar dengan peluang 95% bahwa Fed akan membuat langkah seperti itu pada bulan Juni.

“Ada perasaan lega,” kata Christopher Smart, kepala strategi global dan presiden Barings Investment Institute.

Presiden Fed Louis James Bullard baru-baru ini mengindikasikan bahwa bank sentral menaikkan target suku bunga sebesar 75 basis poin sebagai bagian dari upaya pengetatan yang kuat pada tahun 1994, meskipun dia mengatakan dia mungkin tidak akan memilih peningkatan sebesar itu.

Dengan saham dan obligasi yang bergejolak baru-baru ini, banyak investor khawatir bahwa laju pengetatan kebijakan moneter The Fed akan menyebabkan pasar goyah. Yang lain bergulat dengan ketakutan bahwa bank sentral, yang menaikkan suku bunga dengan cepat dalam upaya untuk de-inflasimungkin secara tidak sengaja mendorong ekonomi ke dalam resesi.

READ  Layanan siaran CNN+ akan ditutup beberapa minggu setelah diluncurkan

Namun, pesan Fed membantu meredakan kecemasan investor, menurut Mr Smart.