Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Playdate adalah e-reader yang sangat bagus

Playdate adalah e-reader yang sangat bagus

Dari Boox Palma hingga Light Phone 2, tampaknya semua orang mencari bacaan bebas gangguan, jika mereka memiliki perangkat yang tepat. Saya tidak menyalahkan mereka: Setiap kali saya mengeluarkan ponsel untuk menggulir tanpa berpikir panjang, saya tahu waktu saya dapat dimanfaatkan dengan lebih baik. Namun sebagai pemilik begitu banyak gadget hebat, saya juga tidak terlalu menginginkan perangkat lain dalam hidup saya, jadi saya sangat bersemangat untuk menemukan solusi parsial dengan alat yang sudah saya miliki: Playdate.

Ya, yang saya maksud adalah Game Boy kuning kecil dari Panic and Teenage Engineering, yang memiliki fitur engkol yang mencuat di sisinya. Sejak peluncuran Catalog Device Store, perangkat seluler telah menjadi rumah bagi berbagai pengalaman. Saya telah memainkan permainan-permainan kecil Pembangun kota Dan Penjelajah penjara bawah tanah Dan Sentuh telurnyaNamun, saya terkejut saat mengetahuinya Panduan bermainIni adalah aplikasi e-reading yang lengkap. Mungkin yang paling mengejutkan, ini benar-benar berfungsi dengan baik.

Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak buku klasik yang sudah diinstal sebelumnya, dan saya awalnya mengujinya dengan membaca sebagian besar buku tersebut FrankensteinLayar LCD hitam-putih Playdate sangat bagus untuk melihat teks, yang tampak jernih dan tajam. Kekurangannya tidak ada backlight untuk membaca di malam hari, dan layarnya kecil. Pada satu titik, salah satu kalimat Mary Shelley memenuhi seluruh layar.

Kalimat yang panjang mungkin memenuhi seluruh layar.
Fotografi oleh Andrew Webster/The Verge

Namun, seperti perangkatnya sendiri, aplikasinya juga cukup menawan. Anda dapat menelusuri buku menggunakan pegangannya, yang terasa janggal namun nyaman untuk disentuh (Anda juga dapat menggunakan d-pad). Alih-alih memberi tahu Anda berapa persentase buku yang telah Anda baca atau berapa banyak waktu yang tersisa, Playbook memiliki lilin yang bertindak sebagai bilah kemajuan, yang perlahan menyala saat Anda membaca. Ini kurang ilmiah, tetapi lebih nyaman, karena nyala api menyala dari waktu ke waktu.

READ  Google mengaku video demo Gemini AI sudah disiapkan

Ada fitur yang hilang — misalnya, tidak ada cara untuk menavigasi buku tanpa menggulir, dan Anda tidak dapat menyorot bagian — tetapi rintangan terbesar mungkin hanya menambahkan buku ke Playdate. Ini tidak sesederhana menyinkronkan perpustakaan Kindle Anda. Sebagai gantinya, Anda harus menghubungkan perangkat seluler Anda ke komputer, memasukkannya ke mode USB, lalu menarik dan melepas file ke folder yang benar. Sebelumnya, Anda harus mengonversi file .epub ke .txt, yang relatif tidak menimbulkan kesulitan.

Untuk mengujinya, saya mengambil banyak e-book dari Proyek Gutenbergtermasuk Drakula, Jatuhnya Keluarga UsherDan Pindahkan sekrupnya(Kalau dipikir-pikir, pilihan saya mungkin dipengaruhi oleh ide membaca dengan cahaya lilin virtual.) Semua yang saya tambahkan ke aplikasi berfungsi dengan baik, kecuali Karya Lengkap William Shakespearemenyebabkan aplikasi Playdate saya mogok setiap kali saya mencoba membukanya, mungkin karena ukurannya yang besar.

Sekarang mari kita jujur: aplikasi Playdate seharga $5 tidak akan menjadi satu-satunya solusi Anda untuk membaca lebih lanjut. Bagi saya tidak seperti itu. Saya masih menyimpan Kindle saya di meja samping tempat tidur dan menggunakannya. Saya membawa buku kertas kemanapun saya pergiNamun sama seperti Playdate yang berperan saling melengkapi, dengan menawarkan game unik yang tidak dimaksudkan untuk menggantikan Switch atau PlayStation, Playbook juga melakukan hal yang sama.

Aplikasi ini bukan alat membaca utama saya. Namun alat ini bekerja dengan cukup baik dan – yang lebih penting – cukup nyaman sehingga nyaman untuk dibawa saat keadaan sedang sulit. Memiliki perpustakaan novel klasik di perangkat seukuran kartu kredit sangatlah berguna – dan jika tidak ada yang lain, ini membantu saya untuk tidak pernah membeli gadget lain.

READ  Apple baru saja membocorkan pengisi daya USB-C port ganda 35W yang dapat memecahkan teka-teki GaN