Februari 5, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Perbedaan utama antara Spotify dan Apple atau Youtube Music

Sekarang ada begitu banyak layanan streaming musik yang dapat dipilih, dan sekilas semuanya terlihat hampir sama — puluhan juta trek untuk streaming, aplikasi seluler dan desktop, opsi caching offline, dan banyak lagi. Namun, tidak selalu jelas di mana letak perbedaannya Di sini kami akan menyoroti salah satu yang terpenting dari tiga layanan terbesar di luar sana. Kami telah berbicara tentang Perbedaan bitratetetapi ini berkaitan dengan cara Anda menggunakan setiap layanan.

Spotify, Apple Music, dan YouTube Music tentu saja terkenal dan berperingkat tinggi, dan semuanya menawarkan perpustakaan musik streaming yang lengkap serta banyak fitur berguna. Namun, cara kerja pemutaran musik di Spotify dan cara kerja pemutaran musik di Apple Music dan YouTube Music pada dasarnya berbeda — dan jika Anda hanya menggunakan salah satu dari layanan ini, Anda mungkin tidak mengetahuinya.

Putar musik di Spotify

Tangkapan layar Spotify

Anda dapat mengontrol musik Spotify Anda dari beberapa perangkat.
tangkapan layar: Spotify

Anda dapat mengunggah daftar putar Spotify ke berbagai perangkat: ponsel, tablet, jam tangan pintar, laptop, speaker pintar, stereo mobil, TV, dan banyak lagi. Ada juga pemutar web selain aplikasi desktop, jadi Anda memiliki pilihan opsi saat mendengarkan musik di Windows atau macOS. Sebagian besar fungsi Spotify juga tersedia di semua perangkat yang berbeda ini.

Namun, terlepas dari semua opsi perangkat ini, Anda hanya dapat memutar satu daftar putar Spotify dalam satu waktu. Mainkan daftar putar di PC Windows Anda, dan daftar putar yang sama akan muncul di Android; Mulailah mendengarkan serangkaian lagu di aplikasi TV dan lagu yang sama dimuat ke pemutar web. Mengubah daftar putar di satu perangkat adalah prosedur yang sama di semua tempat.

You can even control playback on one device from a different device, thanks to Spotify Connect: Memulai di Mac Anda dan Anda dapat memulai dan menghentikannya dari iPhone, misalnya. Ini berfungsi dengan baik dalam situasi tertentu, seperti saat Anda keluar dengan mobil dan ingin terus mendengarkan lagu yang sama seperti yang Anda nikmati di ponsel cerdas.

Yang tidak berfungsi dengan baik adalah jika, misalnya, Anda ingin meletakkan satu daftar putar di dapur dan daftar putar lain di ruang kerja. Meskipun hanya perlu beberapa ketukan atau ketukan untuk berpindah daftar putar saat Anda berpindah lokasi, Spotify tidak akan mengingat di mana Anda berada di setiap daftar putar saat Anda membaliknya — tidak nyaman memiliki dua sambil membalik secara bersamaan di dua perangkat yang berbeda.

Ada beberapa solusi: Anda dapat membuat salah satu perangkat Anda offline dan menggunakan trek yang di-cache, yang akan memungkinkan mendengarkan terpisah yang tidak disinkronkan dengan perangkat Anda yang lain, tetapi membuat Anda tanpa koneksi web di perangkat tersebut. Anda juga dapat mengatur akun keluarga, yang memberi Anda profil terpisah untuk individu dan aktivitas mendengarkan yang terpisah. Dengan satu akun, mendengarkan disinkronkan di setiap perangkat yang memasang Spotify, baik atau buruk.

Putar musik di Apple Music dan YouTube Music

Tangkapan layar musik Youtube

YouTube Music memungkinkan Anda memutar daftar putar yang berbeda di tab yang berbeda secara bersamaan.
tangkapan layar: musik youtube

Seperti Spotify, Apple Music dan YouTube Music tersedia di banyak perangkat — Apple bahkan membuat aplikasi Apple Music untuk Android. Ada banyak dukungan di speaker pintar, platform TV, dan dasbor mobil, dan masing-masing layanan streaming musik ini dapat diputar di tab browser web. juga. Musik Apple Ini juga memiliki perangkat lunak desktop komprehensif yang dapat Anda manfaatkan.

Perbedaan mendasar antara kedua layanan ini dan Spotify adalah mendengarkan Anda terpisah di semua perangkat Anda. Anda dapat mengantri satu seri album di Mac Anda, Misalnya, dan rangkaian album berbeda di iPhone Anda. Anda bahkan dapat membuka beberapa tab browser untuk YouTube Music secara bersamaan, dan semuanya memainkan lagu yang berbeda.

Ini bekerja sangat baik jika Anda secara teratur beralih di antara genre musik yang berbeda: jika Anda beralih di antara daftar putar pop upbeat dan instrumental panjang di tempat kerja, misalnya, Anda dapat membuka setiap daftar putar di tab browser terpisah. Lokasi Anda diingat di setiap tab browser, jadi Anda tidak perlu memulai dari awal lagi.

Kapan tidak sebaik kapan Anda berpindah di antara ruangan yang berbeda atau perangkat yang berbeda: Pemutaran tidak disinkronkan secara otomatis di seluruh aplikasi, seperti halnya dengan Spotify. Ada opsi lain untuk mengalihkan musik yang sama antar perangkat dengan cepat, termasuk AirPlay dan protokol Chromecast, tetapi jika Anda membuka aplikasi di ponsel, Anda tidak akan langsung melihat apa yang baru saja Anda dengarkan di laptop Anda.

Ini adalah dua cara yang sangat berbeda untuk mengelola aliran musik Anda – dan setiap orang akan memiliki preferensinya sendiri, karena keduanya bisa menguntungkan. Namun, itu adalah sesuatu yang tidak sering disebutkan saat membandingkan layanan streaming ini, dan ini menunjukkan bahwa keduanya tidak persis sama dan dapat dipertukarkan seperti yang mungkin Anda pikirkan.

READ  Kebocoran Pixel 7 menunjukkan bahwa Google akhirnya memiliki bisnis telepon yang stabil