Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penjualan ritel di China mengalami kontraksi lebih dari yang diperkirakan, sementara produksi industri mengecewakan

Penjualan ritel di China mengalami kontraksi lebih dari yang diperkirakan, sementara produksi industri mengecewakan

Beberapa “lengan robot” bekerja di jalur perakitan otomatis untuk poros roda terakhir di bengkel produksi di Kota Anqing, Provinsi Anhui, Tiongkok, 9 Desember 2022.

Penerbitan di masa depan | Penerbitan di masa depan | Gambar Getty

BEIJING – China pada hari Kamis melaporkan data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan secara keseluruhan selama sebulan karena pengendalian COVID-19 yang meluas membebani pertumbuhan.

Biro Statistik Nasional mengatakan penjualan ritel turun 5,9% pada November dari tahun lalu.

Itu lebih buruk dari ekspektasi untuk penurunan 3,7%, menurut analis yang disurvei oleh Reuters, dan penurunan yang lebih besar dari yang diharapkan. 0,5% turun tahun-ke-tahun di bulan Oktober.

Produksi industri tumbuh 2,2 persen pada November dibandingkan dengan tahun lalu, meleset dari ekspektasi Reuters untuk kenaikan 3,6 persen. Kecepatan yang dilaporkan juga lebih lambat dari kenaikan 5% di bulan Oktober.

Investasi aset tetap untuk tahun yang berakhir November melambat menjadi 5,3% tahun-ke-tahun, meleset dari ekspektasi Reuters untuk kenaikan 5,6%. Versi resmi juga turun dari pertumbuhan 5,8% dalam 10 bulan pertama tahun ini.

Investasi infrastruktur meningkat di bulan November dari bulan Oktober dari tahun ke tahun, sementara investasi manufaktur sedikit melambat. Investasi dalam real estat telah menurun dengan kecepatan yang lebih tajam di tengah stagnasi industri yang sedang berlangsung.

Tingkat pengangguran perkotaan naik menjadi 5,7% pada bulan November. Tingkat pengangguran untuk kaum muda usia 16-24 tetap jauh di atas 17,1%.

Penurunan penjualan ritel mengakibatkan total year-to-date turun 0,1% dibandingkan sebelas bulan pertama tahun lalu.

Makanan dan obat-obatan adalah satu-satunya dua subkategori yang melihat penjualan tumbuh pada November lebih dari setahun yang lalu, menurut Biro Sensus. Penjualan pakaian jadi dan alas kaki turun 15,6%.

READ  Harapan muncul untuk solusi untuk Rusia dan Ukraina

Penjualan online barang dagangan fisik naik hanya 4% dari tahun ke tahun di bulan November, turun tajam dari bulan sebelumnya, menurut perhitungan CNBC dari data yang diakses oleh Wind Information.

Perubahan menyapu Covid

Dalam dua minggu terakhir, China telah secara dramatis menghapus serangkaian pembatasan terkait Covid yang menghambat perjalanan domestik dan aktivitas bisnis. Pihak berwenang memperketat vaksinasi untuk lansia, dan mendorong pasien Covid untuk pulih di rumah.

Secara anekdot, setidaknya di Beijing, sebagian besar penduduk telah jatuh sakit, jika tidak dinyatakan positif Covid, di tengah cuaca di bawah titik beku.

Sehari sebelum data dirilis, Biro Statistik Nasional China membatalkan konferensi pers tatap muka yang dijadwalkan Kamis tanpa penjelasan.

Baca lebih lanjut tentang China dari CNBC Pro