Februari 7, 2023

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Penjelajah NASA menangkap suara setan debu pertama di Mars: 'Tentu beruntung'

Penjelajah NASA menangkap suara setan debu pertama di Mars: ‘Tentu beruntung’

Seperti apa suara setan debu di Mars? Itu adalah penjelajah NASA secara tidak sengaja mikropon Saat melewati menara debu merah tepat di atas kepala, memukul kelelawar.

Dibutuhkan sekitar 10 detik tidak hanya untuk hembusan 25 mph, tetapi ratusan partikel debu melesat melawan keuletan rover. Para ilmuwan dibebaskan Pemungutan suara pertama dari jenisnya pada hari Selasa.

Kedengarannya sangat mirip dengan setan debu di Bumi, meskipun lebih tenang karena atmosfer Mars yang tipis membuat suara lebih teredam dan angin tidak terlalu kencang, menurut para peneliti.

kata Naomi Murdoch dari University of Toulouse, penulis utama studi yang muncul di Komunikasi Alam. Pada saat yang sama, kamera navigasi penjelajah yang diparkir mengambil gambar, sementara alat observasi cuaca mengumpulkan data.

“Itu sepenuhnya disetel oleh Percy,” kata rekan penulis German Martinez dari Lunar and Planetary Institute di Houston.

Setan debu telah difoto di Mars selama beberapa dekade dan belum pernah terdengar, dan mereka umum di Planet Merah. Ini berada di kisaran menengah: tingginya tidak kurang dari 400 kaki dan lebar 80 kaki, melaju dengan kecepatan 16 kaki per detik.

Murdoch, yang membantu membuatnya, mengatakan mikrofon menangkap 308 suara debu saat setan debu mencambuk.

“Menangkap iblis debu yang lewat membutuhkan sedikit keberuntungan,” NASA menulis Selasa. “Para ilmuwan tidak dapat memprediksi kapan mereka akan lewat, jadi penjelajah seperti Ketekunan dan Keingintahuan secara rutin mengawasi mereka ke segala arah. Ketika para ilmuwan melihat mereka berulang kali pada waktu tertentu, atau mendekati dari arah tertentu, mereka menggunakan informasi itu untuk fokus.” pengamatan mereka dalam upaya untuk menangkap setan “debu”.

Dengan mikrofon SuperCam rover diputar kurang dari tiga menit setiap beberapa hari, Murdoch mengatakan dia “pasti beruntung” karena setan debu muncul ketika muncul pada 27 September 2021. Dia memperkirakan hanya ada 1-in- 200 kemungkinan terkena suara debu jahat.

READ  Teleskop Luar Angkasa Webb menangkap fitur protobintang yang dulunya tersembunyi

Dari 84 menit yang terkumpul di tahun pertama, dia menulis dalam email dari Prancis, “hanya ada satu rekaman Setan Debu.”

Mikrofon yang sama di tiang Ketekunan memberikan suara pertama dari Mars — yaitu, angin Mars — tak lama setelah penjelajah mendarat pada Februari 2021. Ini diikuti oleh suara penjelajah yang bersenandung dan helikopter pendampingnya, sedikit inventif, terbang di dekatnya juga, seperti derak laser Detonator bajak, yang merupakan penyebab utama mikrofon.

Murdoch mengatakan rekaman ini memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari angin Mars, turbulensi atmosfer, dan pergerakan debu sekarang yang belum pernah ada sebelumnya. Hasilnya “menggambarkan nilai data akustik dalam eksplorasi ruang angkasa.”

Di cekungan batu yang mungkin berisi tanda-tanda kehidupan mikroba purba, Ketekunan telah mengumpulkan 18 sampel sejauh ini di Kawah Jezero, yang pernah menjadi lanskap delta sungai. NASA berencana mengembalikan sampel ini ke Bumi satu dekade dari sekarang. Helikopter mencatat 36 penerbangan kreatif, yang terpanjang memakan waktu hampir tiga menit.

NASA mengambil gambar Tingginya 12 mil Setan Debu kembali pada tahun 2012.