Juli 21, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pengujian berpindah dari ledakan ke pendaratan

Pengujian berpindah dari ledakan ke pendaratan

Ia memainkan

Starship SpaceX, pesawat ruang angkasa terbesar dan terkuat yang pernah dikirim ke luar angkasa, menyelesaikan uji terbang keempatnya pada hari Kamis, berhasil mendarat di Samudera Hindia untuk pertama kalinya sejak mulai melakukan uji penerbangan tahun lalu. Tiga uji coba pertama rudal tersebut berakhir dengan ledakan.

Kendaraan tak berawak ini diklasifikasikan sebagai kendaraan peluncuran super berat dan memiliki tujuan akhir untuk mengangkut astronot bolak-balik antara Bumi, Bulan, dan bahkan Mars.

Keberhasilan uji coba pada hari Kamis ini merupakan kabar baik bagi NASA, yang memberi SpaceX kontrak senilai $2,9 miliar pada tahun 2021 untuk mengembangkan pendarat manusia komersial pertama untuk misi Artemis III ke bulan yang dijadwalkan pada tahun 2026.

Inilah yang terjadi dalam keempat uji peluncuran Starship sejauh ini, yang menggambarkan peningkatan bertahap yang dilakukan SpaceX sejak uji perdananya pada April 2023.

6 Juni 2024: Pesawat ruang angkasa menyelesaikan pendaratan pertamanya yang berhasil pada uji terbang keempat

Pesawat ruang angkasa Starship melakukan tes tersuksesnya untuk keempat kalinya, lepas landas dari Starbase SpaceX di Boca Chica, Texas, pada Kamis pagi pukul 8:50 ET.

Kendaraan tersebut berhasil dipisahkan dari roket pendorongnya, sehingga 32 dari 33 mesin menyala dengan baik selama peluncuran, sekitar tujuh menit setelah penerbangan.

Booster tersebut berhasil kembali ke Bumi dan dijatuhkan ke Teluk Meksiko sesuai rencana, dan keenam mesin pesawat ruang angkasa tersebut menggerakkannya hingga berhasil memasuki orbit.

Perisai panas yang melindungi bagian luar kendaraan terkena dampak, dengan setidaknya satu orang melemparkan puing-puing ke salah satu kamera eksternal siaran langsung, tetapi kendaraan tersebut berhasil masuk kembali ke atmosfer bumi.

READ  Deteksi reptil raksasa yang berkeliaran di langit Australia 107 juta tahun lalu | fosil

Setelah sekitar satu jam enam menit penerbangan, Starship menyelesaikan pendaratan pertamanya dan terjun ke Samudera Hindia dan disambut tepuk tangan meriah.

14 Maret 2024: Pesawat luar angkasa mencapai luar angkasa sebelum tersesat di atmosfer dalam uji penerbangan ketiga

Pada pengujian ketiga, pesawat ruang angkasa tersebut berhasil memisahkan diri dari boosternya dan memasuki orbit dalam beberapa menit setelah peluncuran, setelah melakukan serangkaian pengujian dalam penerbangan saat terbang melintasi luar angkasa.

Video perjalanannya kembali ke Bumi disiarkan menggunakan jaringan satelit Starlink SpaceX, dan mampu menangkap awal masuknya kembali pesawat ruang angkasa tersebut ke atmosfer Bumi. Namun, sinyal tersebut hilang sekitar satu jam setelah misi dijalankan sebelum SpaceX menyimpulkan bahwa kendaraan tersebut kemungkinan akan meledak.

Meskipun Starship gagal melakukan pendaratan yang direncanakan di Samudera Hindia, SpaceX mengatakan roket tersebut masih mencapai beberapa tonggak penting, termasuk keberhasilan penembakan 33 mesin Raptor di booster dan pembukaan pintu muatan.

Administrator NASA Tes dipuji Sebagai perkembangan yang optimis. “Saya benar-benar terpesona,” kata Dan Huett, direktur komunikasi SpaceX, yang membantu menjadi tuan rumah webcast langsung tersebut. “Kita sudah lebih maju dibandingkan sebelumnya.”

18 November 2023: Pesawat luar angkasa melakukan perjalanan lebih jauh pada uji terbang kedua, tetapi masih meledak

Selama uji peluncuran kedua pesawat ruang angkasa tersebut, roket tersebut bertahan lebih lama dan mencapai beberapa pencapaian, namun akhirnya meledak.

Booster tersebut berhasil memisahkan diri dari rudal yang mencapai luar angkasa sebelum awak darat kehilangan kontak dengannya sembilan menit kemudian. Tiga menit kemudian, SpaceX kehilangan roket dan pesawat ruang angkasanya dalam dua ledakan.

Alih-alih melihat ini sebagai sebuah kemunduran, SpaceX menyatakan optimismenya mengenai pemisahan tahapan dan mengatakan bahwa sisanya hanya akan menjadi data berharga untuk membantu mereka mengatasi kesalahan apa pun.

READ  NASA menerima komunikasi laser dari jarak lebih dari 140 juta mil

“Pencapaian nyata hari ini adalah peluncuran yang sukses,” kata komentator SpaceX John Innsbrucker setelah tes pada bulan November. Seperti dilansir Associated Press. Untuk pertama kalinya, ke-33 mesin booster ditembakkan sesuai rancangan dan booster tersebut terpisah dengan mulus dari pesawat luar angkasa saat mencapai ketinggian 92 mil, kata Innsbrucker.

20 April 2023: Pesawat ruang angkasa meledak beberapa menit setelah diluncurkan pada uji penerbangan perdananya

Pesawat luar angkasa ini memulai dengan awal yang sulit ketika meledak hanya empat menit setelah uji terbang perdananya pada tanggal 20 April.

Kendaraan tersebut dapat diluncurkan dari Starbase SpaceX, tetapi data telemetri mengungkapkan bahwa beberapa mesin pesawat ruang angkasa tersebut rusak, menyebabkan ledakan sebelum booster dan pesawat ruang angkasa tersebut dapat terpisah.

Ia memainkan

SpaceX Starship meledak pada upaya peluncuran pertama setelah kerusakan mesin

Roket SpaceX Starship meledak sekitar empat menit setelah peluncuran setelah lima dari 33 mesin Raptornya mati dan pesawat ruang angkasa mulai berputar.

Connor Laing, AS Hari Ini

SpaceX kemudian mengkonfirmasi sistem penghentian penerbangan roket tersebut Ini telah diaktifkan Untuk menghancurkan kendaraan yang tersandung sebelum mencapai akhir yang membara.

Eric Lagata meliput berita terkini dan tren untuk USA TODAY. Hubungi dia di [email protected]