Juni 28, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pemilik Archegos Bill Hwang ditangkap oleh agen federal

Pemilik Archegos Bill Hwang ditangkap oleh agen federal

Agen federal telah menangkap Bill Huang, pemilik Archegos Capital Management, perusahaan investasi swasta senilai $10 miliar. meledak tahun lalu Dalam bencana bisnis, mantan kepala keuangan Rabu pagi.

Hwang dan mantan asistennya Patrick Halligan telah ditangkap di rumah mereka dan diperkirakan akan muncul di Pengadilan Federal Manhattan hari ini. Jaksa federal di Manhattan mengumumkan penangkapan tersebut saat mereka mengungkap dakwaan setebal 59 halaman terhadap kedua pria tersebut.

Jaksa federal mengatakan orang-orang itu dituduh melakukan konspirasi pemerasan, penipuan sekuritas dan penipuan elektronik sehubungan dengan skema untuk memanipulasi harga saham yang diperdagangkan secara publik untuk meningkatkan pendapatan. Mereka mengatakan rencana tersebut, yang sangat bergantung pada leverage, membantu meningkatkan portofolio perusahaan menjadi $35 miliar dari $1,5 miliar dalam satu tahun.

Kecelakaan Archegos mengejutkan Wall Street, menyebabkan kerugian besar bagi bank-bank besar, dan menyebabkan penyelidikan oleh jaksa federal, Komisi Sekuritas dan Bursa dan regulator lainnya. Komisi Sekuritas dan Bursa mengajukan pengaduan perdata pada hari Rabu terhadap Tuan Huang, Tuan Halligan dan dua mantan pedagang Archegos.

Larry Lustberg, pengacara Huang, membenarkan penangkapan dini hari itu tetapi menolak berkomentar segera. Pengacara Nyonya Halligan, Mary Mulligan, mengatakan kliennya “tidak bersalah dan akan dibebaskan”.

Penangkapan tersebut akan menjadi salah satu pengadilan kerah putih terbesar di Wall Street dalam beberapa tahun. Keruntuhan Archegos telah menyoroti kantor keluarga besar, yang beroperasi dengan pengawasan peraturan yang lebih sedikit daripada dana lindung nilai tetapi terkadang melakukan perdagangan yang sama banyaknya.

Kerugian Archegos diperparah dengan penggunaan derivatif yang disebut total return swap, yang merupakan keamanan kompleks yang dijual bank dan memungkinkan perusahaan menggunakan uang pinjaman untuk membeli saham. Derivatif memungkinkan Archegos untuk mengambil posisi yang lebih besar di saham lebih cepat daripada yang biasanya dilakukan jika hanya membeli saham dengan uang tunai. Pertukaran juga memungkinkan Archegos dan Mr. Hwang untuk menghindari pengungkapan posisi besar mereka di beberapa saham kepada regulator dan investor lainnya.

READ  Saham berjangka AS menunjukkan kerugian yang lebih besar

Dakwaan terhadap Tuan Huang dan Tuan Halligan mengatakan bahwa mereka dan orang lain di perusahaan itu telah memberikan “pernyataan yang salah dan menyesatkan secara material” kepada bank-bank besar yang mengatur perdagangan derivatif dan memungkinkan mereka untuk secara efektif mengumpulkan posisi ekuitas besar menggunakan miliaran uang pinjaman.

Skema ini awalnya berhasil karena memompa ukuran sebenarnya dari posisi ekuitas yang dipegang oleh kantor keluarga Hwang menjadi $160 miliar dari $10 miliar – menyaingi beberapa hedge fund terbesar di dunia. Tetapi segalanya dengan cepat terurai pada Maret 2021, ketika penurunan tajam dalam beberapa saham dalam portofolio Archegos membuat bank mengeluarkan perintah perlindungan. Bank-bank ini terpaksa menjual surat berharga dan mengendalikan jaminan yang diberikan perusahaan sebagai imbalan atas pinjamannya yang besar.

Investigasi keruntuhan Archegos dimulai tak lama setelah keruntuhan perusahaan. Keruntuhan tersebut menyebabkan kerugian miliaran bagi sejumlah bank termasuk Credit Suisse, Nomura, Morgan Stanley dan UBS. Credit Suisse paling menderita, kehilangan lebih dari $5 miliar, dan bencana perdagangan menyebabkan sejumlah perubahan manajemen tingkat tinggi di bank.

Selama beberapa bulan terakhir, otoritas federal telah meminta dokumen dari perusahaan dan bank dan mengadakan pertemuan dan wawancara dengan sejumlah mantan karyawan Archegos.

Dakwaan mengacu pada dua mantan pedagang yang bekerja di Archegos sebagai bagian dari skema. Tetapi tidak jelas apakah mantan pedagang ini akan didakwa atau bekerja sama dalam penyelidikan.

Runtuhnya Archegos telah memicu seruan untuk pengungkapan lebih banyak oleh kantor keluarga besar ke S.EC.