November 30, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pembaruan langsung: perang Rusia di Ukraina

Pembaruan Langsung: Perang Rusia di Ukraina

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa AS memiliki informasi bahwa Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia “telah menerima perintah untuk secara efektif memblokir pelabuhan Ukraina Odessa dan Oshakov,” mengutip apa yang digambarkan sebagai intelijen yang baru-baru ini dideklasifikasi.

Menurut pejabat ini, intelijen itu juga mengungkapkan indikasi bahwa pasukan Rusia menyebarkan ranjau di Laut Hitam dan sebelumnya menambang Sungai Dnipro.

Para pejabat Barat menuduh Moskow “mempersenjatai” pasokan makanan ketika para pemimpin dan ahli memperingatkan krisis pangan yang mengancam dengan jutaan ton biji-bijian Ukraina tidak dapat mencapai pasar global karena perang.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa meskipun Rusia mengklaim bahwa mereka tidak menambang di Laut Hitam barat laut, Rusia sebenarnya mengerahkan ranjau di Laut Hitam dekat Ochakiv,” kata pejabat AS itu kepada CNN, Kamis.

Penjaga Saya pertama kali melaporkan hasil intelijen yang baru saja dideklasifikasi.

Moskow mengklaim bahwa itu tidak menghalangi pengiriman pertanian dari Ukraina dan mengatakan bahwa Kyiv harus memindahkan ranjau dari perairan agar kapal dapat lewat.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada awal Juni: “Federasi Rusia tidak menghalangi jalannya kapal atau kapal. Kami tidak mencegah apa pun.”

Dalam sebuah panggilan dengan wartawan pada hari Kamis, Dipandu oleh Pusat Informasi Regional Departemen Luar Negeri AS untuk Afrika, Dmytro Kuleba, Menteri Luar Negeri Ukraina mengatakan, “Kita tidak boleh dibujuk oleh argumen bahwa Ukrainalah yang menutup laut dengan ranjaunya agar tidak membiarkan kargo atau kapal masuk. dan keluar.”

“Rusia mengebor di laut. Kami mengebor di laut untuk mempertahankan diri. Rusia mengebor di dalamnya – untuk tidak membiarkan – kapal kami dihancurkan,” katanya. “Masalah sebenarnya adalah apa yang terjadi ketika pelabuhan diranjau. Siapa yang akan memastikan dan bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Rusia tidak akan menyalahgunakan pelabuhan terbuka dan menyerang Odessa dari laut? Ini adalah pertanyaan yang dikhawatirkan semua orang: Bagaimana Anda memastikan bahwa Rusia tidak menyerang Odessa dari laut? “.