Desember 2, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Glenn Greenwald: What is the reason to risk a possible nuclear exchange?

Pembangkit nuklir Ukraina di Zaporizhia kehilangan daya eksternal: ‘sangat mengkhawatirkan’

Pembangkit nuklir yang berlokasi di Zaporizhia, Ukraina Dikendalikan dan dikelilingi oleh pasukan Rusia, ia telah kehilangan kekuatan eksternalnya, menurut kepala Badan Energi Atom Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional Rafael Grossi mengatakan semua daya eksternal yang diperlukan untuk sistem keselamatan vital dimatikan untuk kedua kalinya dalam lima hari.

boikot di Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia Ini adalah “perkembangan yang sangat mengganggu,” katanya.

Foto yang diambil pada 11 September 2022 ini menunjukkan pemandangan umum Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhya.
(STRINGER/AFP melalui Getty Images)

Peralatan keselamatan dan keamanan nuklir tetap dioperasikan oleh generator diesel siaga.

Rudal Rusia mengguncang Zaporizhia saat pasukan Ukraina bergerak maju di daerah yang ‘dicaplok’

Rusia telah mempertahankan kehadirannya di Zaporizhia selama beberapa bulan dan mengatakan pihaknya bermaksud untuk mempertahankan pijakan di kawasan itu – dan di pembangkit nuklir – setelah referendum lokal yang didukung separatis memilih untuk bergabung dengan Rusia.

“Pabrik nuklir Zaporizhzhia sekarang ada di wilayah itu Federasi Rusia Ini harus bekerja di bawah pengawasan lembaga terkait kami,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Vershinin melalui media Rusia (RIA).

Para pejabat Ukraina mengatakan bahwa penyitaan pembangkit nuklir menimbulkan bahaya besar bagi wilayah sekitarnya dan dunia.

Putin memerintahkan pemerintah Rusia untuk merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia di Ukraina setelah pencaplokan

Pekan lalu, Rusia secara resmi mencaplok wilayah Ukraina Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhia.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terlihat dengan kehadiran Rusia yang berkelanjutan di pembangkit listrik tenaga nuklir.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terlihat dengan kehadiran Rusia yang berkelanjutan di pembangkit listrik tenaga nuklir.
(Metin Aktas / Anadolu Agency)

KLIK DI SINI UNTUK APLIKASI BERITA FOX

READ  Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa sebuah pesawat tak berawak Ukraina menghancurkan kapal patroli Rusia di lepas Pulau Ular

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia adalah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Ini adalah di antara sepuluh besar di dunia.

Associated Press berkontribusi pada laporan ini.