September 27, 2022

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Kepulauan Solomon menangguhkan semua kunjungan angkatan laut: Kedutaan Besar AS |  berita militer

Kepulauan Solomon menangguhkan semua kunjungan angkatan laut: Kedutaan Besar AS | berita militer

Langkah itu dilakukan seminggu setelah kapal Penjaga Pantai AS dilarang mengisi bahan bakar di ibu kota Solomon Honiara.

Kepulauan Solomon memberi tahu Amerika Serikat bahwa mereka akan menangguhkan semua kapal Angkatan Laut memasuki pelabuhannya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa, Kedutaan Besar AS di ibu kota Australia, Canberra, mengatakan telah “menerima pemberitahuan resmi dari pemerintah Kepulauan Solomon mengenai penghentian semua kunjungan maritim, sambil menunggu pembaruan dalam prosedur protokol”.

Tidak ada komentar langsung dari pemerintah Kepulauan Solomon.

Langkah itu dilakukan seminggu setelah kapal Penjaga Pantai AS dilarang mengisi bahan bakar di Honiara, ibu kota Kepulauan Solomon.

Penjaga Pantai AS mengatakan USCGC Oliver Henry sedang berpatroli di Pasifik Selatan untuk Badan Perikanan Regional ketika gagal mendapatkan entri pengisian bahan bakar di Honiara. Sebaliknya, kapal dialihkan ke Papua Nugini.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris belum mengomentari langsung laporan bahwa HMS Spey, yang juga terlibat dalam Operasi Kepala Pulau, juga telah ditolak aksesnya ke pelabuhan di Kepulauan Solomon.

“Program kapal terus ditinjau dan merupakan praktik rutin untuk mengubahnya,” kata Angkatan Laut Kerajaan dalam sebuah pernyataan. Untuk alasan keamanan operasional, kami tidak membahas detailnya. Angkatan Laut Kerajaan berharap untuk mengunjungi Kepulauan Solomon di kemudian hari.”

Selama Operasi Island Head, Amerika Serikat, Australia, Inggris dan Selandia Baru memberikan dukungan dengan pengawasan udara dan permukaan negara-negara kepulauan Pasifik yang terlibat dalam operasi, termasuk Kepulauan Solomon.

Hubungan Kepulauan Solomon dengan Washington dan sekutunya telah tegang sejak penandatanganan pakta keamanan dengan China pada Mei.

Baik Kepulauan Solomon dan China membantah bahwa kesepakatan mereka akan mengarah pada pijakan militer China di Pasifik Selatan, meskipun draf kesepakatan yang bocor menunjukkan bahwa pakta keamanan akan memungkinkan angkatan laut China berlabuh dan mengisi kembali sumber dayanya.

READ  Orang Swedia menuju ke tempat pemungutan suara dalam pemilihan yang ketat