Maret 1, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pedagang barang antik yang mendapat untung $4,6 juta dari topeng Afrika memenangkan pertarungan hukum

Pedagang barang antik yang mendapat untung $4,6 juta dari topeng Afrika memenangkan pertarungan hukum

sebuah pekerjaan

Seorang pedagang barang antik yang menjual topeng Afrika langka seharga $4,6 juta telah memenangkan pertarungan hukum dengan pasangan lansia yang menjual topeng itu kepadanya seharga $165 tanpa menyadari nilai sebenarnya dari harta karun tersebut.

Sepasang suami istri Perancis berusia delapan puluhan memperoleh topeng kayu tersebut dari kakek mereka, yang merupakan seorang penguasa di Afrika, menurut situs Mirror. CNNMereka menyimpan pusaka keluarga di rumah kedua mereka di selatan Perancis, bersama dengan barang antik Afrika lainnya.

Ketika pria berusia 88 tahun dan istrinya yang berusia 81 tahun – yang hanya diidentifikasi berdasarkan inisial mereka di dokumen pengadilan – hendak menjual rumah tersebut, mereka mengadakan garage sale.

Di antara barang-barang yang akan disita adalah topeng Nagel yang pernah dimiliki oleh René Victor Edouard Maurice Fournier, yang menjabat sebagai gubernur kolonial di Afrika Tengah pada awal abad ke-20, ketika sebagian besar benua itu berada di bawah kekuasaan kolonial Prancis. Menurut CNN.

Seorang pedagang barang antik bekas memperoleh barang tersebut hanya dengan $165, bersama dengan beberapa barang kecil lainnya seperti tombak, pisau sunat, alat tiup, dan alat musik. Pasangan itu percaya pada saat itu bahwa harga tersebut wajar, menurut apa yang dilaporkan oleh situs “The Sun”. Dokumen pengadilan.

Sepasang suami istri lansia menjual topeng “rumput” Afrika ini ke pedagang barang antik hanya dengan $165, tanpa menyadari bahwa topeng itu sebenarnya bisa bernilai jutaan. AFP melalui Getty Images

Namun enam bulan kemudian, pasangan tersebut mengetahui nilai sebenarnya dari topeng tersebut setelah membaca artikel surat kabar.

Saat dilelang di Montpellier, Prancis, juru lelang menggambarkan topeng tersebut sebagai “topeng yang sangat langka dari abad ke-19, yang merupakan milik perkumpulan rahasia masyarakat Fang di Gabon” di Afrika tengah, menurut laporan tersebut. Surat kabar Inggris “Daily Mail”. surat harian.

READ  Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan lucu membungkam bangsawan muda selama Trooping the Color

Itu diakuisisi oleh pembeli anonim dengan harga $4,6 juta.

Pasangan tersebut mengajukan perintah untuk membatalkan penjualan pusaka awal mereka, namun pengadilan menolak banding mereka dan mengatakan mereka gagal mengevaluasi masker tersebut sebelum menjualnya. AFP melalui Getty Images

Pasangan Perancis tersebut segera mengajukan perintah untuk membatalkan penjualan asli karya tersebut, yang merupakan satu dari 10 karya serupa yang masih ada oleh kelompok etnis Bantu.

Pasangan tersebut berpendapat bahwa telah terjadi “kesalahan autentikasi” pada saat penjualan, dan bersikeras bahwa pedagang tersebut telah menipu mereka karena dia “mengetahui nilai sebenarnya dari topeng tersebut” pada saat pembelian, menurut Daily Mail.

Hakim menolak permintaan pasangan tersebut, dengan mengatakan bahwa “kelalaian dan kecerobohan mereka yang tidak dapat dibenarkan” itulah yang menyebabkan masalah mereka, karena mereka telah gagal dalam upaya apa pun untuk menilai masker tersebut sebelum menjualnya, dan karena itu tidak mempunyai uang.

Juru lelang Jean-Christophe Giuseppe dari Montpellier Auctions menjadi tuan rumah penjualan masker, yang dimulai dengan harga sekitar $330.000. AFP melalui Getty Images

Daily Mail melaporkan bahwa pengadilan memutuskan bahwa pasangan tersebut juga tidak boleh dieksploitasi dalam kesepakatan tersebut, karena pedagang tersebut sendiri bukanlah ahli seni Afrika.

Dealer bahkan menawarkan pasangan itu sekitar $330.000 – harga awal lelang – tetapi anak-anak mereka menolak tawaran tersebut, dan memilih untuk membawa masalah tersebut ke pengadilan.

The Washington Post meminta komentar dari Frederick Mansat Jaffrey, pengacara pasangan tersebut.

Muat lebih banyak…




https://nypost.com/2023/12/19/business/antiques-dealer-who-made-4-6m-profit-on-african-mask-wins-legal-battle/?utm_source=url_sitebuttons&utm_medium=site%20buttons&utm_campaign =lokasi%20tombol

Salin URL berbagi