Juni 22, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Pasukan Ukraina menuntut kembalinya desa Robotyn: berita perang antara Rusia dan Ukraina

Pasukan Ukraina menuntut kembalinya desa Robotyn: berita perang antara Rusia dan Ukraina

Israel bukan anggota NATO dan tidak memiliki perjanjian pertahanan formal dengan Amerika Serikat. Namun Amerika Serikat selama beberapa dekade telah memasukkan Israel ke dalam daftar sanksi Sekutu utama non-NATO Mereka menandatangani beberapa perjanjian kerja sama pertahanan dengannya, dan memberinya senjata canggih serta bantuan militer senilai miliaran dolar.

Ketika Ukraina menunggu batas waktu yang pasti untuk keanggotaan NATO, Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan dalam sebuah wawancara pada akhir pekan: Dia pikir Amerika Serikat akan mengikutinya Sementara itu, “model Israel” dengan negaranya.

Apa yang dimaksud dengan “model Israel”?

Sejak tahun 1960-an, presiden-presiden Amerika menggambarkan hubungan AS-Israel sebagai dukungan yang kuat dan kerja sama yang mendalam, seperti “hubungan khusus” antara Inggris dan Amerika Serikat. Hal ini menyebabkan koordinasi yang erat antara agen mata-mata AS dan Israel dan membantu Israel mengembangkan salah satu militer paling maju secara teknologi di dunia.

Meskipun bantuan militer AS biasanya memerlukan pembelian senjata buatan Amerika, Israel diizinkan menggunakan sebagian dari uang tersebut untuk membeli senjata buatan Israel, yang berkontribusi pada pertumbuhan industri pertahanannya menjadi kekuatan besar. (Tunjangan khusus ini sekarang sedang dihapuskan secara bertahap.)

Brigade Nahal Israel dalam latihan militer di Israel utara bulan ini.kredit…Galaa Merhi/AFP – Getty Images

Amerika Serikat telah memberi Israel sejumlah besar uang selama bertahun-tahun. Pada tahun 2016, misalnya, Kongres meloloskan perjanjian bantuan keamanan berdurasi 10 tahun yang menjanjikan $38 miliar hingga tahun 2028. Pemerintahan Biden telah mengirimkan lebih dari $41 miliar bantuan militer ke Ukraina sejak dimulainya perang, jauh melebihi jumlah tersebut.

Bagaimana penerapannya di Ukraina?

Bantuan militer Washington ke Ukraina sejauh ini dialokasikan secara ad hoc. Berdasarkan pengaturan gaya Israel, Kongres dapat meloloskan perjanjian bantuan militer jangka panjang yang akan membantu Ukraina membangun militer mereka selama beberapa tahun.

READ  Presiden Peru Castillo digugat dan ditangkap setelah dia mencoba membubarkan Kongres

Hal ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan industri pertahanan Ukraina dengan mengizinkan pembelian senjata dari produsen Ukraina, kata Grant Rumley, peneliti di Washington Institute for Near East Policy, sebuah kelompok penelitian.

Dia menambahkan bahwa hubungan seperti itu akan mengirimkan pesan yang kuat kepada Rusia tanpa melibatkan Amerika Serikat dalam perjanjian formal. Ketentuan ini harus menghindari ketentuan seperti Pasal 5 Pakta Pertahanan Atlantik Utara, yang menyatakan bahwa serangan terhadap satu negara anggota berarti serangan terhadap seluruh negara anggota.

Akankah hal ini menjadi efek jera bagi Rusia?

Beberapa kritikus berpendapat bahwa hal ini tidak akan terjadi, dan satu-satunya pencegahan yang efektif adalah keanggotaan Ukraina di NATO.

“Jika komunitas transatlantik menyerahkan Kiev kepada model Israel, Ukraina akan selamanya berada dalam wilayah abu-abu ketidakamanan yang telah berulang kali menjadi katalis ambisi hegemonik kekerasan Putin,” tulis Ian Brzezinski, peneliti senior di Dewan Atlantik, dalam sebuah pernyataan. artikel.”. artikel baru saja.

Para pemimpin Barat, termasuk Presiden Biden, dalam upaya menghindari konflik habis-habisan dengan Rusia, mengatakan bahwa keanggotaan Kiev di NATO harus menunggu hingga pertempuran berakhir.

Tentara Ukraina dari Brigade Tank ke-3 melakukan pekerjaan pemeliharaan di wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina bulan ini.kredit…Mauricio Lima untuk The New York Times

Apa perbedaan hubungan AS dengan Israel dan Ukraina?

Meskipun hubungan AS dengan Israel mendapat manfaat dari dukungan bipartisan yang kuat di Kongres selama beberapa dekade, tidak jelas berapa lama anggota parlemen AS akan menyetujui pendanaan untuk upaya perang di Ukraina.

Meskipun sebagian besar anggota Partai Demokrat bersatu mendukung kelanjutan bantuan militer ke Ukraina, kandidat presiden dari Partai Republik berbeda pendapat mengenai masalah ini dalam debat minggu lalu. Di Kongres, beberapa anggota Partai Republik telah menyatakan kemarahannya atas dana untuk Ukraina, dan tidak jelas bagaimana sorotan terhadap tahun pemilu, ditambah dengan konflik yang menunjukkan sedikit tanda-tanda akan segera berakhir, dapat mengubah harapan akan berlanjutnya dukungan.

READ  Kiev, Ukraina: Pembangkit listrik terbesar di kawasan ini hancur akibat serangan Rusia

Israel dan Ukraina juga menghadapi ancaman yang sangat berbeda dengan kekuatan militer yang sangat berbeda.

Israel memiliki tentara yang kuat, senjata canggih, dan persenjataan nuklir. Ukraina, yang menyerahkan senjata nuklirnya pada tahun 1990an, membangun kembali pasukannya dari persediaan Soviet saat melawan invasi.

Musuh-musuh Israel – mulai dari warga Palestina yang militan hingga Iran yang lebih canggih – tidak termasuk negara adidaya global yang mempunyai senjata nuklir.