Maret 1, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para skater Amerika membawa pulang emas Olimpiade, dan Kanada menolak perunggu setelah skater Rusia itu didiskualifikasi

Para skater Amerika membawa pulang emas Olimpiade, dan Kanada menolak perunggu setelah skater Rusia itu didiskualifikasi



CNN

Tim skating Amerika akan membawa pulang medali emas untuk penampilan Olimpiade Musim Dingin mereka di Beijing pada tahun 2022, setelah skater Rusia Kamila Valeeva dilarang bermain selama empat tahun karena kontroversi doping yang berkepanjangan, tetapi Kanada “sangat kecewa” setelah tidak melakukannya. mengambil perunggu.

Valeeva, sekarang berusia 17 tahun, memimpin Komite Olimpiade Rusia (ROC) untuk menempati posisi pertama dalam acara beregu di depan Amerika Serikat dan Jepang – sebelum tes dopingnya kembali dilakukan. Positif untuk zat peningkat kinerja trimetazidine.

Larangan tersebut dimulai pada 25 Desember 2021, tanggal pengumpulan sampel. Valeeva saat itu baru berusia 15 tahun.

Tidak ada medali yang diberikan akibat kontroversi doping sampai Pengadilan Arbitrase Olahraga memutuskan demikian Valeeva dikeluarkan dari “semua hasil kompetitif” yang dia raih sejak hasil tes positifnya.

di dalam Sebuah pernyataan diposting di situsnya Pada hari Selasa, International Skating Union (ISU) mengonfirmasi bahwa hasil Valeeva telah didiskualifikasi baik di nomor individu – di mana remaja tersebut finis keempat – dan acara beregu.

Diskualifikasi hasil tersebut dibarengi dengan penataan ulang posisi medali di nomor beregu karena Republik Tiongkok turun ke posisi ketiga, dengan Amerika Serikat dan Jepang masing-masing naik ke posisi pertama dan kedua. Kanada tetap berada di posisi keempat, satu poin di belakang hasil perhitungan ulang ROC.

di dalam penyataan Skate Canada mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka “sangat menentang” keputusan ISU untuk meninggalkan timnya di posisi keempat dan mengatakan “akan mempertimbangkan semua opsi untuk mengajukan banding atas keputusan ini.”

ISU tidak menerapkan Aturan 353 dalam keputusan terbarunya, yang menyatakan bahwa “pesaing yang menyelesaikan kompetisi dan yang awalnya berperingkat lebih rendah dari pesaing yang didiskualifikasi akan maju ke posisi mereka,” tambah pernyataan itu.

READ  Pemegang rekor dunia maraton Kelvin Kiptum dan pelatihnya tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Kenya

CNN telah menghubungi ISU untuk mengklarifikasi metode yang digunakan untuk menyelaraskan kembali tim.

Diskualifikasi Valeeva dari menempati posisi pertama kompetisi tunggal putri Kejuaraan Figure Skating Eropa 2022 juga membuat medali emasnya diserahkan kepada rekan senegaranya Anna Shcherbakova.

Dalam sebuah pernyataan Senin malam, Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS (USOPC) mengatakan CEO-nya Sarah Hirshland “mengkonfirmasi bahwa dia berbicara dengan IOC malam ini dan menerima kabar baik bahwa para atlet di acara Tim Seluncur Indah AS 2022 telah meraih medali emas di Kolektif. kompetisi.”

“Mari perayaannya dimulai,” katanya dalam pernyataan itu. “Selamat kepada Evan Bates, Karen Chen, Nathan Chen, Madison Schock, Zachary Donohue, Brandon Frazier, Madison Hubbell, Alexa Knierim, dan Vincent Chu.”

Keputusan yang telah lama ditunggu-tunggu ini disambut baik oleh badan-badan anti-doping di seluruh dunia, termasuk Komite Olimpiade Internasional, yang menyatakan akan memberikan medali sesuai dengan klasifikasi ISU.

Belum ada tanggal atau lokasi yang ditetapkan untuk upacara penyerahan medali, meskipun IOC telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menyelenggarakan “upacara medali Olimpiade yang besar” untuk Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara yang menempati posisi keempat di masa depan.

CNN Sport telah menghubungi Komite Olimpiade Internasional (IOC), Komite Olimpiade Jepang, dan ROC untuk memberikan komentar lebih lanjut.

Atlet Rusia berkompetisi di bawah bendera apa pun sebagai netral di Olimpiade Musim Dingin di Beijing karena Larangan sebelumnya karena ketidakpatuhan terhadap doping.

Bahkan dengan berita terbaru tentang larangan Valeeva, Alexander Kogan, direktur umum Federasi Skating Gambar Rusia, mengatakan dia masih melihat atletnya sebagai juara di nomor beregu.

Pada hari Selasa, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan ketidaksetujuannya dengan keputusan untuk mengecualikan Valeeva.

READ  Kartu Liar MLB: Phillies mengalahkan Braves di belakang Nick Castellanos dan David Robertson

“Ketika kami kembali dari Tiongkok – dari Olimpiade – kami menghormati para atlet ini sebagai juara Olimpiade,” katanya kepada wartawan melalui panggilan konferensi.

“Kami yakin, bagi kami, mereka akan selalu menjadi juara Olimpiade. Apapun keputusan yang diambil dalam masalah ini, meskipun keputusan tersebut tidak adil.”

Peskov menambahkan, tidak boleh ada revisi atau pengurangan pembayaran yang dilakukan negara kepada peraih medali Rusia di Olimpiade Beijing.

Pengadilan Arbitrase Olahraga mengatakan dalam pengumumannya pada hari Senin bahwa larangan empat tahun terhadap Valeeva bersifat “final dan mengikat,” menjelaskan bahwa para pihak dapat mengajukan banding ke Pengadilan Federal Swiss “dalam waktu 30 hari karena alasan terbatas.”

Jill Martin dan Anna Chernova dari CNN berkontribusi dalam pelaporan.