Mei 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Para pemimpin Asia Tengah bertemu di China saat Xi mempromosikan persahabatan yang ‘langgeng’

Para pemimpin Asia Tengah bertemu di China saat Xi mempromosikan persahabatan yang ‘langgeng’

Xi’an, China (Reuters) – Para kepala negara Asia Tengah di kota bersejarah Xi’an di China pada Kamis bertemu langsung dengan pemimpin China Xi Jinping untuk mencapai janji persahabatan “langgeng”, membuka jalan bagi sebuah KTT. . Hal ini diharapkan dapat mengarah pada kesepakatan regional dengan Beijing.

Pembicaraan bilateral membuka jalan untuk pertemuan massal pada hari Jumat, pertemuan tatap muka pertama dari enam pemimpin, di mana Xi akan menyampaikan pidato “penting”, menurut kementerian luar negeri China. Dokumen politik “penting” juga akan ditandatangani.

Di seluruh Xi’an, di mana Jalur Sutra kuno menghubungkan Cina kekaisaran dengan peradaban di baratnya lebih dari satu milenium yang lalu, spanduk, baliho, dan bahkan tanda taksi telah didirikan untuk mempromosikan KTT, dengan banyak di Cina dan Rusia.

China mengintensifkan keterlibatan ekonomi dan politiknya dengan negara-negara bekas Uni Soviet di tanah China karena sekutunya, Rusia, mengarahkan sumber daya yang tersisa untuk perang di Ukraina.

Kepala negara pertama yang tiba di Xi’an adalah Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev – mitra dagang terbesar China di Asia Tengah – dan pertemuan tatap mukanya dengan Xi pada hari Rabu diakhiri dengan kesepakatan untuk membangun “keberlanjutan”. persahabatan” dan pertunangan. “Kemakmuran dan kesengsaraan”.

“Kami memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengintensifkan hubungan bilateral,” kata Tokayev kepada Xi.

“Kami juga dipersatukan oleh keinginan untuk meningkatkan keamanan dan kerja sama regional dan internasional,” tambahnya.

Kedua belah pihak sepakat untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan operasi yang aman dan stabil dari jalur pipa gas alam China-Asia Tengah bagian Kazakh, serta memperdalam kerja sama di bidang minyak dan uranium.

READ  Gempa bumi yang kuat melanda Tajikistan di dekat perbatasan dengan Cina

Menetapkan nada kerja sama untuk pertemuan bilateral lainnya—di mana China akan mencari kerja sama yang lebih dalam dengan negara-negara Asia Tengah lainnya dalam mengejar pangan, energi, dan keamanan nasional yang lebih besar—Presiden Kyrgyz Sadir Japarov mengatakan kepada Xi bahwa dia ingin memperdalam perdagangan, ekonomi, dan investasi. link.

“Tidak ada perbedaan politik atau masalah yang tertunda antara kedua negara kita,” kata Japarov.

“Kami saling memberi dukungan pada isu-isu topikal dan vital untuk masing-masing negara kami.”

Perdagangan bilateral antara China dan Asia Tengah mencapai rekor $70 miliar tahun lalu, dengan Kazakhstan memimpin dengan $31 miliar. Disusul Kyrgyzstan dengan 15,5 miliar dolar, Turkmenistan dengan 11,2 miliar dolar, Uzbekistan dengan 9,8 miliar dolar, dan Tajikistan dengan 2 miliar dolar.

Pertunjukan solidaritas Xi dengan Asia Tengah di KTT jelas bertepatan dengan pertemuan para pemimpin Kelompok Tujuh di Jepang, di mana penggunaan “paksaan ekonomi” Beijing dalam urusan luar negerinya diharapkan menjadi agenda.

(Laporan oleh Andrew Haley) Ditulis oleh Ryan Wu. Diedit oleh Raju Gopalakrishnan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.