Juni 18, 2024

Semarak News

Temukan semua artikel terbaru dan tonton acara TV, laporan, dan podcast terkait Indonesia di

Nelson Peltz merobek berita Disney, menyebutnya 'spaghetti menempel di dinding'

Nelson Peltz merobek berita Disney, menyebutnya 'spaghetti menempel di dinding'

Diperbarui dengan surat Disney kepada pemegang saham. Dalam sebuah surat kepada pemegang saham pada hari Rabu, The Walt Disney Co. mengatakan lebih baik “dengan Bob Iger sebagai pemimpin” dan tanpa perwakilan dewan dari perusahaan aktivis seperti Trian Fund Management milik Nelson Peltz.

“Mewujudkan rencana pertumbuhan yang ambisius memerlukan kepemimpinan dengan pemahaman mendalam tentang kekuatan dan aset perusahaan saat ini,” kata surat itu. “Dewan Direksi Disney memiliki beragam talenta, keahlian, pengalaman, dan latar belakang profesional yang sangat relevan dengan tujuan bisnis dan strategis perusahaan.”

Surat tersebut merupakan serangan terbaru dalam pertarungan proksi menjelang rapat pemegang saham tahunan Disney pada 3 April. Peltz pada hari sebelumnya mengejek langkah perusahaan baru-baru ini sebagai “spageti di dinding” dan mengkritik Iger, yang merupakan anggota dewan dan CEO. , dalam sebuah wawancara dengan CNBC.

“Dengan Bob Iger sebagai pemimpin, bersama dengan Dewan Direksi dan para pemimpin senior, perusahaan sangat fokus dalam membangun masa depan,” kata surat Disney. Diilustrasikan dengan kombinasi foto berwarna dan grafik serta statistik keuangan utama, surat itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa rencana strategis perusahaan “sudah membuahkan hasil.”

sebelumnya:

Aktivis investor Disney Nelson Peltz, yang Trian Fund Management-nya berselisih dengan CEO Bob Iger, mengkritik kesibukan perusahaan dalam mengumumkan pendapatannya minggu lalu sebagai “spageti yang tidak bisa ditawar-tawar”. Ia pun memastikan kemenangan dalam pertarungan proksi.

“Dengan jatuhnya saham dan Disney menghadapi kontes proksi lainnya, nampaknya Disney sekali lagi mencoba mengalihkan perhatian pemegang saham dengan apa yang kami anggap sebagai dongeng, mengklaim bahwa mereka telah 'berbalik dan memasuki era baru,'” tulis Trian dalam sebuah surat. Kepada pemegang saham pada hari Rabu. “Namun, Disney mengumumkan sejumlah janji dan ide baru – yang sebagian besar masih dalam pengembangan – dengan harapan pemegang saham akan percaya bahwa semuanya baik-baik saja dan menjadi lebih baik.”

READ  Vice akan berhenti menerbitkan di Vice.com dan memberhentikan ratusan karyawan

Mungkin bukan suatu kebetulan, ketika pesan Trian sampai ke media, Disney mengumumkan Empat Fantastis Berita pemeran dan tanggal rilis, properti Marvel langsung menjadi trending topik di media sosial. Awal pekan ini, perusahaan mengirimkan pernyataannya sendiri kepada pemegang saham, menggembar-gemborkan pendapatan dan aktivitas lainnya.

Trian berusaha untuk memilih Peltz dan mantan CFO Disney Jay Rasulo menjadi dewan direksi perusahaan. Disney telah secara resmi menolak permintaan mereka untuk diajukan sebagai nominasi yang disetujui secara resmi, sehingga masalah tersebut akan dilakukan pemungutan suara pada rapat pemegang saham pada 3 April. Dua perusahaan investasi lain juga mempertimbangkan pendapatnya menjelang pertemuan tersebut, namun Trian, yang telah berhasil melakukan pertarungan proksi melawan Procter & Gamble dan perusahaan lain, merupakan perusahaan yang paling vokal. Mantan presiden Marvel Ike Perlmutter mendukung upaya Trian dan memungkinkan dia memanfaatkan sahamnya dalam pertarungan.

Surat tersebut menyoroti satu langkah dalam apa yang disebutnya sebagai “rencana spageti di dinding”: investasi sebesar $1,5 miliar di… fortnite Pembuat game epik. Menurut Trian, inisiatif ini “tidak memiliki peta jalan produk atau target keuntungan yang diharapkan.” Demikian pula, dikonfirmasi bahwa Disney sedang membentuk usaha streaming olahraga langsung dengan Fox Corp. dan Warner Bros. Discovery “kemungkinan akan membingungkan konsumen, mengejutkan mitra konten penting, dan bersaing dengan layanan perusahaan itu sendiri.”

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC pada saat surat itu diterbitkan, Peltz ditanya apakah dia akan menjual sahamnya dan melipatgandakannya jika dia akhirnya kalah dalam pertarungan proksi. “Oh, ayolah. Kita tidak akan rugi, oke?” “Mari kita luruskan,” jawabnya. “Orang-orang yang memiliki saham ini menginginkan bisnis ini. Mereka tidak menginginkan janji, oke? Ini bukan yang mereka inginkan. kita akan menang. Kita tidak pernah merencanakan dan mengingat apa yang akan kita lakukan jika kalah karena kita tidak pernah kalah.

READ  Administrasi Penerbangan Federal sedang menyelidiki bagaimana titanium yang dipertanyakan bisa masuk ke pesawat Boeing dan Airbus

Selain Epic dan usaha patungan olahraga, perusahaan mengumumkan bahwa film konser Eras Tour Taylor Swift akan ditayangkan secara eksklusif di Disney+ bulan depan; Tanggal peluncuran layanan streaming mandiri ESPN; Dan sekuel animasinya Moana. Semua berita ini, ditambah sejumlah data keuangan yang kuat, meningkatkan saham Disney lebih dari 10% pada hari berikutnya. Naik 22% sejak awal tahun, meskipun masih lebih dari 40% di bawah puncaknya pada tahun 2021.

“Perusahaan ini menjual sejumlah pernyataannya,” kata Peltz kepada CNBC. “Tiba-tiba, mereka terbangun dan ingin membuat semua iklan ini. Dan omong-omong, hanya ada sedikit daging dalam iklan mereka,” tambahnya, memperluas metafora kuliner tersebut.

“Aktivitas yang hingar-bingar, dalam menghadapi persaingan proksi, bukanlah pengganti strategi perusahaan yang dipikirkan dengan matang. Membuang spageti ke dinding tidak akan menyehatkan pemegang saham yang sudah terlalu lama kehilangan keuntungan,” tulis Trian, menambahkan kartun menggambarkan anggota dewan saat ini melemparkan Spaghetti ke dinding.” Pemegang saham Disney membutuhkan perusahaan untuk terus beroperasi di bawah pengawasan dewan direksi yang penuh perhatian. “Ini resep makan enak.”

Trian Capital, yang terlibat dalam pertarungan proksi dengan Disney, menggambarkan apa yang mereka sebut sebagai pendekatan “spageti di dinding” perusahaan media tersebut dalam sebuah kartun yang menyertai surat baru-baru ini kepada pemegang saham.

kesopanan